Mahasiswa
1 bulan lalu · 53 view · 3 menit baca · Tips & Trick 52380_38269.jpg

Bahagia Itu Mudah

5 Tips Bahagia

Siapa yang tidak ingin hidup bahagia? Saya pikir tidak ada karena dari mulai anak kecil hingga dewasa pasti ingin merasakan hidup bahagia.

Tapi ingat, bahagia itu bersifat relatif. Kebahagiaan itu bisa muncul tiba-tiba dan menghilang begitu saja. Bisa sama bisa juga berbeda dengan orang sekitar Anda. Tergantung seperti apa yang ada dalam pikiran Anda saat itu.

Bukan berarti Anda tidak bisa memunculkan rasa bahagia. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar rasa bahagia bisa muncul dan bertahan lama di dalam diri dan pikiran.

Lagi pula, hidup bahagia itu sebenarnya relatif tidak sulit. Hal yang membuat sulit adalah Anda sudah membikin benteng terlebih dahulu, sehingga bahagia sulit untuk datang. Untuk membantu Anda bahagia, berikut  5 tips hidup bahagia yang layak Anda coba mulai dari sekarang.

1. Perbanyak Bersyukur

Meski manusia merupakan ciptaan Tuhan paling sempurna, faktanya tidak ada kehidupan yang sempurna bagi manusia. Pasti ada kekurangan. Justru karena memiliki kekurangan itulah, sebagai manusia Anda perlu memperbanyak rasa bersyukur.


Dengan bersyukur, Anda akan selalu merasa cukup. Tidak akan dibebani rasa ingin yang berlebihan. Akan dijauhkan pula dari keinginan untuk serakah.

Merasa cukup dan selalu bersyukur akan membuat hidup Anda lebih tenang. Dengan hidup yang tenang, maka kebahagiaan bakal ada di sekitar Anda.

2. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan salah satu kiat hidup bahagia yang bisa langsung Anda terapkan dalam keseharian. Dengan selalu berusaha menjaga pikiran tetap positif, Anda akan terhindar dari beban pikiran buruk yang justru menjauhkan diri dari rasa bahagia.

Seberapa besar dan rumit masalah yang Anda hadapi, tetap hadapi dengan pikiran positif. Bahwa tidak ada yang salah dalam kejadian buruk di hidup Anda.

Semuanya selalu menyimpan hikmah. Tinggal bagaimana cara Anda menyikapi makna dan hikmah dari setiap kejadian secara positif.

Ingatlah, orang yang menjaga pikirannya selalu positif akan jauh lebih bahagia dibanding mereka yang sibuk memikirkan keburukan dalam hidup.

3. Banyak Berbagi

Hal yang mudah agar kita dapat merasakan kebahagian adalah dengan banyak berbagi. Berbagi terhadap sesama merupakan tindakan yang sederhana tapi punya dampak besar dalam menciptakan rasa bahagia. Mulailah dari hal-hal kecil di rumah seperti membantu membereskan rumah atau ikut memasak di dapur.

Lihat di sekitar Anda apakah ada yang harus dibantu. Tidak harus berkaitan dengan materil karena berbagi bisa dilakukan dalam banyak hal. Terutama dalam meringankan beban pikiran orang lain.


Percyalah, ketika Anda memberi kebahagian kepada orang lain dan Anda melihat kebahagian orang lain karena Anda maka di situ akan timbul rasa kebahagian berbagi. 

4. Perbanyak Tertawa

Tertawa menjadi obat mujarab yang bisa langsung membuat hidup Anda bahagia. Ini merupakan terapi yang dianjurkan ketika Anda selalu diselimuti kegalauan dan kegelisahan.

Perbanyak bertemu teman-teman yang bisa membuat Anda tertawa. Dengan tertawa secara otomatis keruwetan dalam hidup akan menghilang.

Menurut hasil penelitian, ketika kita tertawa maka tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang memicu rasa bahagia. Tertawa akan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja 87% lebih efektif. Jadi, dengan tertawa, Anda tidak hanya akan bahagia tapi juga hidup yang lebih sehat.

Tertawa memang mampu memberi refleks nyaman kepada otak sehingga kondisi psikologis akan menjadi lebih enjoy. Namun sebaiknya Anda hindari tertawa terbahak-bahak yang berlebihan.

5. Bangun Lebih Pagi

Mungkin banyak orang bertnya apa kaitannya bangun lebih pagi dengan bahagia. Tahukan Anda bahwa Rutin bangun pagi selain akan membuat badan lebih sehat juga pikiran yang lebih segar. Dengan kondisi pikiran segar dan penuh optimis, Anda pun bakal mampu menghadapi semua tantangan kehidupan.

Pasalnya, dengan optimisme yang ada di dalam dada, orang akan lebih tenang dalam menjalani hidup. Mereka selalu yakin bahwa setiap aktivitas yang diliputi aura positif akan menghasilkan hasil yang baik. Salah satunya adalah bisa merasakan hidup bahagia. Dan, itu dimulai dengan rutin bangun pagi.

Dengan demikian bahagia itu mudah, tergantung bagaimana konsep bahagia yang Anda pikirkan oleh akal sehat. Berapa banyak orang yang menganggap bahwa dengan banyak harta adalah suatu kebahagian yang sebenarnya. 


Namun, bagi yang lain kebahagian yang sebenarnya adalah kesucian hati. Menurutnya dengan hati yang suci dapat menyingkap segala rahasia-rahasia di setiap kejadian. Sehingga seseorang memiliki ketenangan batin dan jiwa spritual yang bersih.

Maka langkah awal untuk meraih kebahagian adalah dengan berpikir positif di setiap pekerjaan. Kemudian di barengi dengan 5 tips di atas. Seiring berjalan waktu, kebahagian itu akan Anda dapatkan dengan mudah, karena Anda sudah membiasakan diri untuk mengatur pola hidup yang  sehat dan pola pikir yang sehat.

Artikel Terkait