Apasih yang ada di pikiran kalian jika mendengar kata “Ayah”? 

Ayah adalah panutan bagi anak-anaknya. Ia merupakan sosok superhero yang tidak kenal lelah. Ia selalu berusaha mencukupi segala kebutuhan keluarga bagaimanapun keadaannya. 

Seorang ayah akan menjamin kehidupan anak dan istrinya untuk tetap tercukupi dan bahagia. Segala hal akan dilakukan seorang ayah untuk membahagiakan keluarganya.

Meskipun mungkin tidak seekspresif ibu, ayah adalah sosok yang penuh dengan kasih sayang. Tanpa perlu berbicara banyak dan menunjukkannya, kasih sayang seorang ayah tetap bisa sampai pada anak-anaknya. Oleh sebab itu, saat berada di dekat sang ayah setiap anak bisa merasa ketenangan dan rasa aman.

Apa aja sih peran ayah di dalam keluarga?

Peran ayah di dalam keluarga adalah sebagai kepala keluarga. Ayah merupakan sosok yang memiliki peran penting dalam kehidupan anaknya. Ia memiliki tanggung jawab penuh atas kehidupan anak dan juga istrinya. Peran ayah ini dapat memberikan pembelajaran kepada anak tentang arti dari tanggung jawab dan kerja keras. 

Bagi seorang anak, ayah merupakan guru dalam segala hal dalam kehidupan sehari-hari. Ayah akan mendidik anaknya baik tentang keagamaan, pendidikan, serta  norma-norma yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. 

Ayah akan selalu mempunyai jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan anaknya. Ia selalu mengajari anaknya cara untuk mengatasi berbagai masalah yang sedang dihadapi.

Bagaimana sosok ayah bagi anak perempuan?

Sosok ayah bagi anak perempuan biasanya merupakan cinta pertama dalam hidupnya. Ayah dapat menjadi orang yang sangat berpengaruh dalam kehidupan seorang anak perempuan. 

Ayah akan selalu memberikan kasih sayang, motivasi, dan pelajaran tentang kehidupan. Ia akan selalu membimbing putrinya untuk menjadi perempuan yang baik budi pekerti serta akhlaknya. Seorang ayah juga pasti akan mengajari anaknya untuk menjadi perempuan yang tangguh. 

Anak perempuan biasanya akan sangat dekat dengan ayahnya, hal ini dikarenakan mereka paham bahwa ayah adalah satu-satunya laki-laki yang tidak mungkin pernah menyakiti perasaannya bahkan hingga dewasa. Itulah mengapa anak perempuan biasanya lebih dekat dengan ayahnya.

Sifat seorang ayah ini akan menjadi tolak ukur anak perempuannya dalam memilih pasangan. Apabila seorang ayah memiliki sifat yang lembut, penuh kasih sayang, gagah dan berani, putrinya pasti akan mencari sifat-sifat seperti itu pada laki-laki yang akan menjadi pasangannya kelak.

Bagaimana sosok ayah bagi anak laki-laki?

Berbeda dengan anak perempuan, anak laki-laki akan mengikuti sifat ayahnya untuk diterapkan pada diri mereka sendiri. Mereka membutuhkan seorang ayah untuk meminta arahan dan petunjuk dalam berbagai hal di dalam kehidupan. 

Anak lelaki nantinya akan menjadi seorang ayah juga, sehingga peran ayah sangat diperlukan dalam perkembangan anak laki-laki. Ayah akan mengajarkan bagaimana cara untuk menyelesaikan suatu masalah dengan cara yang benar dan tepat.

Seorang ayah yang memiliki sifat peduli dan menghargai orang lain dengan baik, maka anak laki-lakinya akan meniru sifat seperti itu. Karakter dan cara mendidik seorang ayah kepada anak laki-lakinya akan berpengaruh pula terhadap karakter sang anak nantinya.

Mengapa ayah disebut sebagai superhero bagi anaknya?

Ayah adalah sosok pahlawan yang tidak kenal rasa capek dan lelah. Hujan, badai maupun panas ia lalui untuk mencari nafkah demi keluarganya. Ia akan berusaha sebisanya untuk memberikan rasa aman dan perlindungan bagi anaknya.

Ayah akan menjadi tameng pertama untuk anaknya yang akan selalu melindungi anaknya dari berbagai gangguan dan masalah apapun.  Sehingga banyak anak begitu mengagumi figur ayahnya. Hal inilah yang menjadi alasan dari mengapa seorang ayah layak disebut sebagai superhero bagi anaknya.

Seorang ayah terlihat cuek terhadap anaknya, tetapi di balik sikap cueknya itu memiliki kasih sayang yang begitu besar terhadap anaknya. Ayah tetaplah seorang manusia biasa, ia juga akan merasakan kecewa ketika kepercayaannya dihancurkan oleh anaknya. 

Ayah juga akan merasa sedih ketika harus melepas anaknya merantau, meskipun ia terlihat paling mendukung anaknya untuk pergi merantau. Ia pasti akan selalu merindukan anaknya saat berjauhan, akan tetapi selalu kalah dengan rasa gengsi yang begitu tinggi. 

Ayah akan selalu memastikan anaknya mendapatkan tempat tinggal yang baik dan makan dengan teratur. Ia akan selalu mendukung apapun yang putra putrinya lakukan untuk mengejar cita-citanya.

Seorang ayah juga akan ikut menangis ketika melihatmu menangis, tetapi biasanya ia tidak akan memperlihatkannya melainkan hanya di dalam hati. Ayah akan tetap selalu terlihat bahagia dan kuat di depan anaknya, walaupun hatinya sedang rapuh dan sedih. Sehingga, peran ayah sangatlah penting dalam proses perkembangan dan pertumbuhan seorang anak dalam menjalani kehidupan.

""Mungkin kita tidak akan pernah mendengar tangisan seorang ayah karena seorang ayah selalu ingin terlihat kuat agar anaknya dapat berlindung di tangan dan dadanya tanpa pernah meragukannya, ia dapat memberikan rasa aman kepadanya kala sang anak merasa terancam, itulah ayah". 

- Kang Maman -