Awal tahun kemarin kita disuguhkan oleh film MCU terbaik yang pernah ada, Avengers Infinity War. Di Infinity War kita bisa melihat bagaimana kepingan puzzle dari film Iron Man pertama sampai dengan Avengers Infinity War akhirnya terkumpul. Kita melihat crossover superhero terbesar yang pernah ada, dari mulai Avengers, Guardians of the Galaxy dan superhero lainnya.

Sepanjang film Infinity War pasti kita semua dibuat terpukau dengan jalan cerita, sinematografi dan visualisasi yang disajikan, namun endingnya yang tidak terduga membuat beberapa penonton kecewa atau bahkan ada yang puas dengan endingnya. Setelah melihat ending Thanos menjentikkan jarinya sehingga setengah populasi mahluk hidup di dunia lenyap hampir setengahnya. Yang menarik dari jentikan jari Thanos adalah anggota inti dari avengers tidak terhapuskan. Iron Man, Captain America, Thor, Hulk, Black Widow hingga Hawkeye yang sudah dipastikan akan hadir dalam film Avengers 4 nanti.

Ending dari Infinity War menimbulkan banyak pertanyaan akan seperti apa nantinya film Avengers 4, sudah banyak teori yang bertebaran di media-media. Seperti teori quantum realm milik Hank Pym, lalu time travel, hingga Captain Marvel yang akan mampu menyelamatkan dunia dari ancaman Thanos. Jika teori time travel benar adanya, maka Quantum Realm adalah salah satu kunci untuk menggunakan time travel. 

Namun bagaimana kaitan Quantum Realm dengan time travel. Quantum realm merupakan sebuah dimensi yang misterius, berada di luar hukum ruang dan waktu, belum diketahui pasti bagaimana quantum realm dapat membawa para avengers untuk kembali ke masa lalu. Namun satu yang pasti adalah Quantum Realm akan menjadi kunci untuk mengalahkan thanos dan sebagai jalan pembuka untuk film-film MCU di phase 4. 

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Michael Douglas pemeran Hank Pym yang menciptakan Quantum Realm saat sedang meniliti tentang pym particles, Michael mengatakan "Benar, quantum realm akan mengambil peran kunci dalam mengalahkan thanos dan merupakan bagian penting untuk film marvel selanjutnya".


Teori time travel sebenarnya muncul saat foto-foto dari set avengers 4 terungkap, Steve Roger menggunakan kostumnya saat di film Avengers pertama namun disampingnya ada ant-man. Teori ini pun langsung melejit menjadi teori utama untuk film avengers 4 nantinya. Namun bagaimana peran time travel untuk mengalahkan thanos. Tentu banyak hal yang dapat para avengers lakukan ketika kembali ke masa lalu, mereka dapat mencegah Loki sebelum menggunakan teeseract atau space stone pada saat serangan di New York. Atau para avengers dapat menghancurkan space stone dan mind stone di masa itu, namun tentunya ceritanya tidak akan sesederhana itu. Pasti akan banyak hal yang akan ditambahkan pada detailnya nanti.


Di foto-foto set avengers 4 juga dapat dilihat Tony Stark menggunakan seragam milik petugas S.H.I.E.L.D. Ada kemungkinan stark akan menyamar menjadi salah satu petugas, mencuri teeseract dan menghancurkannya. Atau para avengers dapat menggunakan space stone untuk membuka portal ke luar angkasa lalu menemui Thanos yang belum memiliki semua infinity stones dan mengahajarnya langsung ? Semua kemungkinan bisa terjadi.

Kembali ke masa lalu dan mencegah semuanya sebelum terjadi, berarti para avengers juga akan merubah masa depan. Tentu para avengers tahu akan hal tersebut, jika benar terjadi maka tidak akan ada ultron dan vision, tidak akan ada insiden civil war. Namun benarkah semudah itu mengalahkan thanos ? Time travel mungkin hanya salah satu cara, tentu thanos akan melawan balik dengan semua infinity stones di tangannya. Semua teori yang banyak dikemukanan oleh orang-orang hanya dapat terjawab pada filmnya nanti.


Berikut penulis tambahkan beberapa hal yang sudah pasti terjadi pada Avengers 4 :


1. Kemunculan Captain Marvel

Kemunculan Captain Marvel sudah dapat diprediksi, dihadirkannya film solo Captain Marvel sebelum avengers 4 dan post credit scene pada Infinity War yang memperlihatkan lambang dari Captain Marvel. Peran Captain Marvel sepertinya akan sangat penting dalam membantu para anggota avengers mengalahkan thanos. Jika dikaitkan dengan quatum realm, Captain Marvel adalah orang yang tepat karena kemampuannya keluar masuk ke dalam dunia quantum. 


2. Kembalinya Hawkeye / Ronin

Hawkeye atau Clint Barton kembali bergabung dengan avengers setelah dirinya menjadi tahanan rumah saat Civil War. Kembalinya Barton sepertinya untuk mencari tahu dan membalaskan dendamnya atas keluarganya yang menjadi debu setelah jentikan jari Thanos. Namun kabar yang beredar bahwa Barton akan menggunakan nama Ronin, ia tidak akan menggunakan busur panah lagi namun menggunakan pedang. Patut dinantikan apakah Barton kembali sebagai hawkeye atau Ronin.

3. Hulk

Setelah dihajar habis-habisan oleh Thanos pada Infinity War dan enggan keluar saat Bruce Banner meminta bantuan, akhirnya Hulk akan kembali memunculkan dirinya di Avengers 4. Sebagai salah satu yang terkuat, Hulk pasti akan memiliki peranan penting, seperti yang selalu ia lakukan pada film-film avengers "Hulk Smash!"


4. Ant-man 

Baca Juga: Captain Marvel

Yap, jika teori menggunakan quantum realm benar adanya maka Ant-man sudah dipastikan akan ambil bagian. Sebagai salah seorang yang tahu akan teori quantum realm tentunya Scott Lang akan sangat berguna untuk tim Avengers dalam mengalahkan thanos. 


5. Avengers Assemble

Salah satu hal yang dirindukan dari avengers adalah berkumpulnya kembali para anggota inti Avengers setelah terakhir mereka berkumpul bersama sebagai satu tim di Age of Ultron. Dan tentunya para fans mengharapkan Captain America dapat mengucapkan "Avengers Assemble !" seperti yang selalu ia ucapkan di komik maupun serial kartunnya. 

Terlepas dari semua teori yang ada, film Avengers 4 nanti akan menjadi penutup bagi phase 3 MCU  dan semoga akan menjadi akhir yang manis bagi para anggota inti Avengers. Sepuluh tahun mereka berperan sebagai anggota avengers, tentu para fans mengaharapkan sesuatu yang tidak terlupakan untuk sosok Robert Downey Jr, Chris Evans, Chris Hemsworth, Mark Ruffalo, Jeremy Renner, dan Scarlett Johansson. Mari kita harapkan sesuatu yang indah pada ending Avengers 4 nanti.