Kopi merupakan salah satu kekayaan alam yang patut dijaga dan dikembangkan kelestariannya. Kopi telah menjadi minuman yang memberikan ‘kesegaran’ bagi para penikmatnya. Ada begitu banyak orang yang melihat kopi sebagai bagian dari hidup. Mengapa, karena kopi telah memberikan kenikmatan tersendiri. 

Sebuah anekdot yang sering diungkapkan oleh orangtua kepada anak-anaknya yang suka minum kopi adalah “jangan terlalu banyak minum kopi, karena nantinya kamu akan susah tidur”. Pertanyaannya, apakah benar demikian? Jawabannya, tergantung pada pengalaman pribadi setiap orang. Adalah sesuatu yang kurang tepat jika pengalaman pribadi seseorang yang tidak bisa tidur karena meminum kopi, diterapkan pada pengalaman orang lain yang mungkin saja berbeda.

Pertanyaan ini jika dianalisis secara logis, kemungkinan besar bahwa orangtua tidak ingin agar anak-anaknya minum kopi karena persediaannya sedikit. Tetapi mungkin juga, pengalaman orangtua telah menjadi dasar yang hendak dijadikan referensi bagi anak-anaknya.  Akan tetapi, di sini saya hendak melihat lebih jauh peranan aroma kopi di tengah kegelisahan hidup seseorang di dalam keluarga.

Saya akan mulai dari pengalaman di dalam hidup keluarga. Sebuah keluarga yang merupakan penikmat kopi, akan terlihat harmonis pada saat minum kopi bersama. Untuk meminimalisir budget kopi, keluarga tersebut memutuskan untuk minum kopi pagi dan sore hari saja. Hal ini, tentunya akan menjadi kerinduan tersendiri bagi setiap anggota keluarga. 

Pada petang hari, di saat semua kegiatan dan rutinitas telah usai dilakukan, ada semacam kerinduan yang timbul dari dalam diri untuk menikmati kopi dan berbincang-bincang bersama seluruh anggota keluarga. Ketika aroma kopi itu mengusik indra penciuman, terpancar pula senyuman hangat dari setiap anggota kelurga yang sedang santai dalam kerinduan untuk menikmati kopi saat itu. Saat-saat inilah yang dinanti-nantikan. Orang akan terlihat bahagia ketika kerinduan ini berlabuh.

Persoalan dan pencapaian yang telah dilalui selama sehari akan dikisahkan penjang lebar pada saat duduk bersama seluruh anggota keluarga dan ditemani kopi dengan aroma khasnya. Sharing pengalaman akan terbuka dan terjadi begitu saja. Kegelisahan di dalam hidup seakan tidak lagi tampak untuk saat itu. 

Bukan karena dengan minum kopi orang akan terbebas dari semua persoalan hidup, tetapi kesempatan ini menjadi kesempatan yang baik untuk sekadar mengambil dan menimba semangat baru serta memulai karya yang baru pula. Keceriaan yang terpancar dari seluruh anggota keluarga memiliki nilai dorong yang cukup untuk menimba dan memulai sesuatu yang baru. 

Dengan demikian, aroma kopi yang khas, dalam konteks tertentu memiliki nilai dorong yang cukup kuat untuk mengatasi kegelisahan dalam hidup. Kerinduan akan kehangatan kopi, merupakan kerinduan untuk menimba semangat baru dari dan dalam keluarga serta melepas kepenatan yang dijumpai dalam sehari.

Nikmati kopi-mu, hangatkan hari-mu.