Sebagai makhluk hidup, memang kita membutuhkan manusia lain dalam kehidupan kita karena memang manusia adalah makhluk sosial. Namun bersosialisasi dalam pertemanan hendaklah kita tidak boleh pilih-pilih. 

Lain halnya dengan pertemanan, kelompok pertemanan yang akan kita ikuti haruslah selektif pada saat memilih. Hal ini dikarenakan circle pertemanan bisa mempengaruhi berbagai hal dalam hidupmu, baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Dalam bahasa gaul, circle artinya kelompok atau kumpulan pertemanan yang khusus serta terbatas. Selain itu, circle dapat diartikan sebagai komunitas yang memiliki kesamaan hobi atau sefrekuensi. 

Bisa berupa kesukaan mengoleksi sesuatu, kelompok pecinta olahraga, tanaman, maupun kelompok karena keseringan bertemu seperti di tempat perkuliahan maupun di tempat kerja.

Hal paling penting dari kehadiran circle pertemanan adalah teman-teman menerima kita dengan apa adanya bukan karena maksud tertentu. Circle pertemanan haruslah dapat menerima banyak kekurangan yang kita miliki dan tidak memanfaatkan kelebihan yang ada pada diri kita. 

Di dalam circle pertemanan hendaknya juga dapat memiliki batasan-batasan tertentu tanpa mengurusi urusan masing-masing individu, karena kita pun juga memiliki privasi

Kita pasti seneng banget kan saat memiliki circle pertemanan yang positif?. Rasanya kita memiliki support system yang berharga bagi hidup kita. Akan sangat berpengaruh baik juga bagi kita apabila masuk dalam circle pertemanan yang positif vibes

Namun, pada kenyataannya sering kali juga masih ada lho circle pertemanan toxic yang dapat berpengaruh negatif pada diri kita. Baik buruknya circle pertemanan yang kita ikuti akan mempengaruhi kehidupan kita. Oleh karena itu, kita harus selektif dalam memilih circle pertemanan.

Kalian pasti sangat merasakan, semakin bertambah dewasanya kita maka circle pertemanan yang kita miliki akan semakin mengecil dan satu persatu akan menjauh. Nah keuntungan atau manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan saat memiliki circle pertemanan yang positif vibes?

Manfaat Circle Pertemanan

1.     Mendapatkan dukungan emosional

Buat kalian yang memiliki unek-unek, ataupun sering memendam perasaan. Lebih baik jika kalian mengungkapkan isi hati kita atau curhat kepada teman kita. Nah hal ini sangat berpengaruh pada perasaan dan mood kita juga lho. 

Namun kembali lagi, apa yang kita sampaikan harus kita filter terlebih dahulu. Jangan lupa memilih teman bercerita yang bisa menjaga privasi kita.

2.     Meningkatkan kegiatan positif

Circle pertemanan yang positif vibes juga akan berpengaruh baik juga loh pada kita. Bahkan kalian juga dapat ikutan memiliki tabiat baru yang baik bagi kebutuhan hidup. Misalkan, kalian berteman dengan seorang yang gemar berolahraga, kemungkinan besar kegiatan positif ini juga bakal kalian ikuti loh.

3.     Memotivasi untuk produktif

Berada di lingkungan pertemanan yang aktif dan produktif akan dapat membuat kalian terpacu juga seperti teman kalian. Melihat pencapaian teman akan membuat diri kita ingin mencapai sesuatu yang sama dengan pencapaian teman. 

Walaupun kadang terdapat kegagalan, hal ini tidak akan berpengaruh besar, karena dukungan dari teman juga pasti kita dapatkan.

4.     Memberikan Quality Time

Menghabiskan waktu dalam circle pertemanan yang produktif memberikan quality time yang tidak hanya menyenangkan secara emosional, tetapi juga momen di mana kalian dapat memperkuat hubungan satu sama lain. 

Menghabiskan waktu yang memuaskan dengan circle pertemanan, akan dapat menghargai dan mensyukuri setiap waktu yang dijalani dengan melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat sebagai bentuk optimisme terhadap kehidupan.

Memang benar pengaruh circle pertemanan itu sangat kuat. Circle pertemanan yang tepat akan mendorong kalian menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga kalian bisa berada pada circle pertemanan yang tepat, ya.

Setelah mengetahui dan memahami apa manfaat ataupun keuntungan dari circle pertemanan, saatnya kita cari tau gimana sih cara mendapatkan circle pertemanan yang tepat.

Cara Mendapatkan Circle Pertemanan yang Tepat

1.     Tidak egois dan ingin menang sendiri

Tingkat emosi seseorang memang berbeda-beda. Namun, apabila berteman dengan orang yang tidak egois, maka pertahankanlah. Karena akan susah dan tidak nyaman apabila kalian berteman dengan sosok yang egois. 

Apabila apa yang diinginkan tidak terpenuhi, mereka bisa marah dan langsung memusuhi kita. Nah teman seperti ini malah berpotensi besar berdampak buruk pada kesehatan mental kalian lho.

2.     Suka menolong dan berbagi

Sebagai makhluk sosial, pastinya kita tidak bisa melakukan segala hal sendirian. Adakalanya kita membutuhkan teman disaat kita membutuhkan bantuan. 

Teman yang mau menolong kita tanpa pamrih tanpa mengharapkan balasan dari kita sangat berdampak baik. Hal ini sangat berpengaruh baik bagi circle pertemanan kalian.

3.     Tidak berkelakuan menyimpang

Hal yang menyimpang bisa beragam bentuknya, seperti berbohong, menuduh, gampang tersulut emosi, bahkan ada juga yang mencuri. Tindakan ini sangat berpengaruh buruk bagi Kesehatan mental kalian. Sehingga kalian harus pintar memilih teman.

4.     Mengikuti komunitas yang diminati

Salah satu menemukan circle yang tepat adalah mengikuti komunitas. Apalagi komunitas yang sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki. Pada saat mengikuti komunitas, kita akan berkenalan dan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai sifat dan kepribadian.

 Nah, kalian tinggal berteman dengan orang yang sepemikiran dengan kalian.

5.     Bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru

Meskipun sering kali bertemu dengan teman yang sesuai dengan keinginan kita. Mungkin berkenalan dengan orang baru ini dapat membuka pikiran kita terhadap hal baru. Berkenalan dengan orang baru dapat kita lakukan secara online maupun secara langsung. 

Misalnya, berkenalan dengan orang lain melalui media sosial, mengikuti perkumpulan, dan mengikuti seminar.