Motivasi ibaratkan amunisi yang dibutuhkan dalam menjalankan kehidupan di dunia terutama untuk manusia yang melakukan berbagai macam kegiatan atau aktivitas lainnya.

Dorongan individu internal maupun eksternal merupakan hal yang positif, perlu kita contohkan baik dari diri sendiri maupun orang lain. Pernah kita mengabaikan tapi kita mengikutinya dan pernah kita cuekin tapi bagus juga untuk ditiru.

Roda penggerak motivasi adalah respon individu dari dalam hati dan pikiran untuk melakukan sesuatu? Sebagai gambaran kita mempunyai cita-cita atau tujuan hidup, tentunya akan diperjuangan melalui proses yang panjang.

Sebagai pondasi bahwa apa yang kita pikirkan itu bagian dari sebuah motivasi. Penuh dengan semangat untuk  berbuat dan bertindak yang lebih terarah dan terukur. Maksudnya adalah fokus terhadap apa yang akan menjadi mimpi kita.

Magnet pemikat motivasi adalah kita mempunyai kata kiasan atau kata mutiara sebagai kata-kata yang bermakna seperti sukses hari ini untuk hari esok, lusa, bulan depan dan tahun depan. Maka dari itu, kita harus sukses dihari ini.

Kata kiasan atau kata mutiara diatas sebagai penghubung untuk kita tetap melakukan hal yang positif dan bermanfaat untuk orang lain. Bisa kita ciptakan sendiri kata-kata yang membuat slogan yang cocok, bisa kutipan dari sang motivator atau memang kita buat sendiri.

Biasanya kita dapatkan bahwa motivasi internal solusi awal dalam mengatasi setiap permasalahan agar beban yang kita pikirkan tidak terlalu berat, serta mendapat ide yang cemerlang dan brilian dari setiap masalah yang kita hadapi.

Ekspektasi motivasi merupakan hal yang tertinggi, untuk bekerja dan menjalankan kegiatan pekerjaan atau sejenisnya. Maksudnya bahwa motivasi menjadi adab kita untuk mendapatkan pekerjaan, menemukan pekerjaan, dan lain sebagainya. Intinya Karena kita menginginkan motivasi dalam kondisi apapun yang kita alami.

Selanjutnya bagaimana bila kita mendengar kata memotivasi dan termotivasi. Artinya selain dorongan internal, kita bisa memberikan motivasi kepada orang lain maupun termotivasi karena orang lain juga.

Pengaruh eksternal sangat berdampak terhadap diri kita, karena pada dasarnya lingkungan yang membawa kita perubahan baik sisi negatif maupun sisi positif. Sehingga bisa dilakukan pencegahan terhadap hal yang tidak memberikan energi positif.

Nah, sekarang saatnya saya akan menguraikan bahwa sesungguhnya motivasi itu penting? Walaupun hanya sebagai kekuatan kata-kata saja, namun dibalik itu semua mampu merubah orang baik dari berpikir, sikap, perilaku, dan lain sebagainya.

Motivasi keluarga :

Bisa kita dapatkan motivasi dari kedua orang tua, paman, tante, kakak, nenek, kakek, dan saudara dekat lainnya. Pada prinsipnya keluarga atau saudara sudah pasti memberikan nasehat kepada kita untuk mempunyai tujuan hidup agar masa depan yang lebih cerah.

Siklus motivasi dari keluarga mulai dari lahir sampai dewasa. Memberikan dukungan dan arahan seperti dalam kandungan, lahir, merangkak, duduk, berdiri, jalan, sampai dengan kita bisa bicara dan berlari.

Anggap saja kita sudah beranjak sekolah dari taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan sampai dengan perguruan tinggi tentunya menjadi mahasiswa maupun mahasiswi.

Contoh sederhananya adalah terhadap rajin belajar dan semangat sekolah kalau dianalisa ini bagian motivasi yang sering diucapkan oleh keluarga dan saudara. Namun makna sesungguhnya cukup panjang, biar mudah mencari pekerjaan, supaya tercapai cita-cita, dan lain sebagainya.

Motivasi Guru :

Tentunya sosok guru yang membuat kita berubah baik dari karakter, kepribadian, mind set, pandangan hidup jangka panjang, dan lainnya. Hal ini pasti dirasakan masing-masing individu yang pernah duduk di bangku sekolah.

Mempunyai idola seorang guru membuat kita tetap semangat dan termotivasi untuk mengikuti dan mendengar apa yang disampaikan oleh guru tersebut. Karena itulah sebenarnya keberhasilan motivasi, bisa mengikuti tanpa harus terpaksa.

Maka dari itu, sumber-sumber motivasi seakan-akan membuat kita semakin dewasa dan bertambah wawasan, untuk mengikuti gaya atau sosok orang yang kita banggakan. Serta kita ikutin juga kata yang bermakna yang disampaikan oleh seorang guru tersebut.

Kategori tersebut bisa saja guru TK, SD, SMP, SMA, Dosen, guru ngaji, ustadz, dan intinya orang yang memberikan kita ilmu baik pandangan dunia maupun untuk akhirat. Sehingga dari kekuatan motivasi mereka juga, kita bisa menjadi pribadi yang bijaksana dalam menjalani kehidupan.

Motivasi Sang Motivator :

Apakah Anda sudah mengenali siapa motivator Indonesia ? Pasti kenal donk, dengan sosok Mario teguh, Merry riana, Ari Ginanjar agustian, dan sang motivator lainnya.

Bila kita mendengar apa yang disampaikan oleh sang motivator diatas atau yang lainnya, seolah-olah kita seperti di hipnotis apa yang diucapkan banyak benarnya dan mampu merubah dunia dalam genggaman tangan.

Maksudnya merubah dari ketakutan menjadi berani, dari keraguan menjadi yakin, dari ketidakpastian menjadi lebih terukur, dan lain sebagainya. Hal ini membawa diri kita ke arah yang positif.

Kekuatan kata-kata mampu mengajak dan mempengaruhi orang lain. Semoga kita semua senantiasa bisa lebih fokus apa yang di motivasi oleh siapapun, sehingga lebih mudah meraih untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan hidup di dunia dan di akhirat.

Motivasi, Termotivasi, Memotivasi memujudkan makna apa yang kita yakinkan menjadi harapan dan tetap fokus menjalankan cita-cita yang akan datang.