Pelajar
2 bulan lalu · 348 view · 4 min baca menit baca · Lingkungan 60822_33479.jpg

Antara Kertas dan Plastik

Kertas dan plastik adalah dua hal yang benar-benar berbeda dengan penggunaan yang semakin meningkat. Baik itu plastik maupun kertas adalah sesuatu yang benar-benar dibutuhkan di era sekarang ini. 

Apalagi di era digital ini, kita selalu menuntut hal yang cepat  dan praktis. Semua negara di dunia sekarang ini selalu menggunakannya di kehidupan sehari-hari, baik itu plastik ataupun kertas. Contoh mudah penggunaan kertas seperti buku, koran, majalah, kardus, dan lain-lain. Selain itu, contoh penggunaan plastik paling mudah seperti kantong plastik yang digunakan oleh semua orang dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti halnya sekarang ini, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggunaan plastik terbesar dunia dan juga merupakan salah satu  produsen kertas terbesar di dunia. Sekarang,  semua negara di dunia terutama di Indonesia lebih memilih menggunakan plastik untuk memudahkan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. 

Tanpa memperdulikan lingkungan alam sekitar, orang-orang terus menggunakan plastik. Bahkan mereka membuang sampah plastik di sembarang tempat tanpa memikirkan dampaknya terhadap lingkungan. 

Hal tersebut mendapat perhatian dari Pemerintah Indonesia, Pemerintah Indonesia membuat kebijakan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dengan mensosialisasikan untuk penggunaan kantong kertas daur ulang dan penerapan kantong plastik berbayar.


Apakah dengan menggunakan kantong kertas daur ulang bisa mengurangi penggunaan kantong plastik? Apakah keunggulan yang dimiliki kertas? 

Ya benar memang jika kita bisa menerapkan kertas sebagai pengganti kantong plastik maka tentu bisa mengurangi penggunaan kantong plastik.Apalagi kertas memiliki banyak keunggulan seperti,  kertas dapat di daur ulang kembali menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi mendaur ulang kembali kertas, dan sifat kertas yang mudah hancur apabila terkena air.

Selain itu sifat kertas yang tidak menjadi polusi tanah karena kertas bisa diserap tanah tidak menjadi polusi tanah  membuat sekarang orang-orang berpikir kertas bisa dimanfaatkan menjadi kantong kertas yang dapat menjadi alternatif baru untuk mengurangi penggunaan kantong plastik yang sangat banyak.

Kertas merupakan bahan yang terbuat dari pulp dan bersifat alami. Mudah larut dan bisa diserap oleh tanah. Manusia selalu menggunakan kertas dalam kehidupan sehari-hari dari anak kecil hingga orang dewasa. Anak kecil seperti belajar menulis dan menggambar, sedangkan orang dewasa dalam hal pekerjaan, membaca berita baik itu dari koran maupun majalah. 

Setiap kita menggunakan satu kertas, kita telah mengorbankan pohon. Apalagi jika kita menggunakan dalam jumlah banyak, berapa banyak pohon yang telah dikorbankan? 

Tanpa orang sadari hal tersebut telah terjadi sejak zaman dahulu. Kita terus-menerus menggunakan kertas semaunya kita. Kita harusnya bisa menghemat penggunaan kertas karena dengan menghemat penggunaan kertas kita juga telah menyelamatkan pohon. 

Plastik merupakan sesuatu hal yang sangat sulit terurai tanah, bahkan ilmuwan mengatakan plastik membutuhkan kurang lebih 100 tahun untuk membuatnya dapat terurai di tanah. Waktu 100 tahun merupakan waktu yang sangat lama apalagi kita sehari-hari menggunakan plastik lebih dari satu buah. 

Bayangkan orang di seluruh dunia menggunakan kantong plastik setiap hari dan di setiap hari itu juga orang-orang membuang plastik padahal mereka tahu plastik tidak terurai oleh tanah, sehingga sampah plastik tersebut dapat mencemari tanah dan air. Apalagi sikap orang-orang  yang tidak peduli terhadap lingkungan hidup kita ini, mereka membuang plastik tanpa merasa bersalah, bahkan mereka tanpa takut dan peduli berani membuang sampah plastik ke sungai.


Padahal mereka tahu kegiatan tersebut bisa mencemari sungai bahkan laut karena sampah plastik yang orang buang ke sungai akan terbawa arus sampai ke laut. Hal lain yang paling buruk sampah plastik menumpuk di sungai dan akan menjadi bencana banjir apabila musim penghujan datang.

Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah hal tersebut? Apakah kertas merupakan jalan keluarnya? Berusaha mengurangi penggunaan kantong plastik dengan tidak selalu bergantung menggunakan plastik di berbagai hal, kita bisa memulainya  dengan hal yang kecil seperti membawa tas belanja sendiri. 

Dengan membawa tas belanja sendiri kita tidak memerlukan plastik untuk membawa barang belanjaan, sehingga kita tidak menambah satu  plastik dan juga kita mengurangi danmencegah pencemaran lingkungan. 

Jika hal tersebut secara disiplin dilakukan terus-menerus maka kita secara langsung telah mencegah pencemaran lingkungan semakin buruk terjadi. Dan juga dengan mengganti dari yang menggunakan kantong plastik beralih ke penggunaan  kantong kertas daur ulang bisa mengurangi penggunaan sampah plastik. 

Apalagi sifat kertas yang dapat diserap oleh tanah membuat kertas memiliki nilai tambah daripada plastik karena mudah hancur dan juga bisa diserapoleh tanah. Oleh karena itu, ubah kebiasaan menggunakan kantong plastik ke kantong kertas daur ulang, kita mulai dari diri sendiri!.

Lalu jika kita benar sudah beralih ke kantong kertas daur ulang, apakah itu tidak mengorbankan pohon secara tidak langsung? Apa yang harus kita lakukan? 

Jika kita berpikir kritis terhadap penggunaan kertas menjadi kantong kertas daur ulang yang akan kita gunakan  terus menerus akan menyebabkan pohon semakin berkurang karena bahan utama pembuatan kertas adalah kayu dari pohon maka apabila kita menggunakan kantong kertas daur ulang kita akan mengurangi penggunaan kantong plastin tapi itu juga akan mengorbankan banyak pohon. 

Kita juga harus tahu kertas dapat di daur ulang kembali, jadi kantong kertas daur ulang tersebut dapat di daur ulang kembali menjadi barang bernilai ekonomi lagi. Fakta-fakta tersebut yang menjadikan kertas atau plastik menjadi pro dan kontra harusnya dapat menjadikan kita lebih kreatif berpikir dan bijak menggunakan sesuatu, karena menggunakan sesuatu yang berlebihan tidak baik. Kita harus menggunakan kertas maupun plastik dengan secukupnya dan tidak berlebihan.


Dari alasan-alasan itu baik itu kertas ataupun plastik, kita tau bahwa penggunaan plastik ataupun kertas yang berlebihan bisa merugikan dan bisa berdampak buruk. Tapi disini kita tahu kertas merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan plastik. 

Kertas yang mempunyai kelebihan begitu banyak sekarang ini disosialisasikan untuk oleh banyak kalangan untuk mengurangi plastik. Maka dari itu ayo kita mulai dari sendiri dan selamtkan lingkungan kita!

Artikel Terkait