Kesehatan adalah hal paling utama yang harus dijaga oleh manusia, karena dengan tubuh yang sehat manusia bisa beraktivitas dengan baik. Islam merupakan agama yang sangat dianjurkan dalam menjaga kesehatan dan kebersihan sebagai mana dalam hadist "kebersihan adalah sebagian dari iman" oleh karena itu setiap muslim harus selalu menjaga kesehatan dan kebersihannya.

Islam sudah mengaturnya sedemikian rupa, contohnya dalam shalat dan berwudhu dalam gerakan shalat terdapat beberapa kebaikan didalamnya begitu pula dengan berwudhu banyak terdapat manfaat didalamnya. Allah SWT mengharuskan hambanya agar selalu mendirikan shalat dan menjaga wudhunya agar setiap hambanya selalu dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohaninya.

Pola makan juga berpengaruh terhadap kesehatan islam juga sudah mengajarkan melalui Al Quran dan Al Hadist bahwa berlebihan itu sangat dilarang apa lagi dalam hal pola makan, dan Islam juga melarang keras seorang hamba memakan-makanan yang mendatangkan kemudzaratan kepada dirinya.

Penanganan Penyakit Menurut Anjuran Islam 

Pada dasarnya Allah SWT sudah mengatur semua yang diciptakan-NYA. Baik dari hal kecil sampai hal-hal terbesar, seperti halnya dalam penyakit Allah SWT sudah menyiapkan segala bentuk obat untuk berbagai macam penyakit, dan manusia bertugas untuk mempelajarinya baik dari Al Quran maupun dari Al hadist.

Dalam rukun Islam terdapat dua poin penting yang baik untuk kesehatan manusia yaitu tentang mendirikan shalat dan berpuasa.

Oleh sebab itu, pentingnya kedua hal tersebut Allah SWT menegaskan dalam Al Quran agar hambanya selalu menjaga shalat baik fardhu maupun sunnah begitu pula dengan berpuasa banyak manfaat yang terkandung didalamnya.

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

Membersihkan kuman atau kotoran, Dari sudut pandang pengobatan secara medis oleh Mokhtar Salem dalam bukunya berjudul "Prayers: a Sport for the Body and Soul (Sholat: Olahraga untuk Jasmani dan Rohani)" menjelaskan bahwa wudhu bisa mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan karena terpaparkan kulit oleh bahan-bahan kimia yang menempel setiap hari dan terserap oleh kulit. Membersihkannya dengan air (berwudhu) minimal lima kali sehari jadi salah satu cara efektif untuk mencegahnya.

Melancarkan peredaran darah, Dikutip dalam buku "Dahsyatnya Terapi Wudhu" oleh Muhammad Syafie el-Bantanie, berwudhu yang dilakukan secara teratur bisa membantu lancarkan peredaran darah. Saat kulit bersentuhan dengan air, maka akan terjadi normalisasi suhu tubuh karena bertemunya suhu panas dalam tubuh dengan suhu dingin air. Tubuh menjadi sejuk dan peredaran lancar.

Mudah konsentrasi, Para ahli saraf menyebutkan bahwa air wudhu yang mendinginkan ujung-ujung saraf jari tangan dan jari kaki dapat mempengaruhi konsentrasi dan pikiran.

Begitu banyak manfaat berwudhu, begitu pula dengan shalat banyak kebaikan didalamnya baik dari kesehatan jasmani maupun rohani.

Manfaat Shalat Untuk Kesehatan

Baik untuk sistem pencernaan, Shalat dapat meningkatkan fungsi organ hati, merelaksasikan usus besar, serta membantu kinerja usus menjadi lebih baik.

Ketika sendi bergerak dan saling bertumpu, maka akan ada aliran nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini dapat mengurangi risiko mengalami nyeri persendian, radang sendi (arthritis) hingga lumpuh.

Terapi psikologis, Shalat adalah salah satu bentuk terapi psikologis yang membantu menenangkan jiwa sekaligus melepaskan beban.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Mengontrol gula darah, Studi yang melibatkan 10 orang penderita diabetes tipe 2 menunjukkan, puasa dalam rentang waktu tertentu dapat signifikan menurunkan kadar gula darah.

Meningkatkan kesehatan jantung, Studi yang melibatkan 110 orang dewasa dengan kelebihan berat badan menunjukkan, puasa selama tiga minggu dapat signifikan menurunkan tekanan darah, kadar trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Selain itu, penelitian pada lebih dari 4.000 orang juga membuktikan, puasa dapat menurunkan penyakit jantung koroner dan diabetes. Seperti diketahui tekanan darah, kolesterol, diabetes adalah faktor risiko utama penyakit jantung.

Meningkatkan hormon pertumbuhan, Sejumlah studi menunjukkan, puasa dapat meningkatkan kadar hormon pertumbuhan secara alami. Hormon pertumbuhan dapat meningkat optimal karena pengaruh kadar gula darah dan insulin yang lebih terkontrol saat puasa.

Setelah beberapa hari berpuasa, proses detoksifikasi fisik dan mental dalam tubuh dapat berjalan secara alami. Detoksifikasi fisik bisa terjadi karena racun yang tersimpan dalam lemak tubuh dapat terurai. Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan hormon endorfin. Saat tubuh memiliki lebih banyak hormon endorfin, maka bisa merasa lebih baik atau lebih bahagia. Dengan hormon endorfin yang lebih banyak, dan bisa merasakan kesehatan mental yang lebih baik.

Begitu banyaknya manfaat dalam menjalankan perintah Allah SWT yaitu shalat dan berpuasa dan sangat membantu dalam mempertahankan kesehatan manusia. Dengan kita selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan Allah SWT secara otomatis tubuh kita akan selalu terjaga kesehatannya, semoga hidup kita selalu diberkahi Allah SWT dan selalu terhindar dari berbagai macam penyakit.

Dengan adanya pandemi covid-19 ini kita bisa selalu mempentingkan kesehatan diatas segalanya dan tak lupa selalu berdoa agar pandemi ini segera reda atau hilang dan kita semua bisa hidup lebih produktif lagi, rapatkan barisan perkuat pijakan kita mampu melawan pandemi ini, semoga bumi ini lekas pulih. Amin