Penulis
2 years ago · 464 view · 7 menit baca · Politik as.jpg
Pexel, Enzles Copyright

Anak Muda sebagai Investasi Politik Masa Depan

Apa yang pertama terlintas di pikiran anda ketika mendengar kata investasi? Apakah Saham? Ekonomi? Modal? Bisnis atau yang lainnya? kemungkinan kita sama. Istilah investasi berasal dari kata investire yang berarti memakai atau menggunakan. Investasi pada dasarnya adalah memberikan sesuatu pada saat ini untuk mendapat keuntungan dimasa depan. nah, Selanjutnya apa yang dimaksud dengan Investasi Politik? Mari kita bahas.

Pengertian Investasi Politik

Pada dasarnya pengertian politik sangat beragam, namun mempunyai arti yang sama. Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan Kebaikan Bersama (Teori Klasik Aristoteles). terus, bagaimana dengan Investasi Politik?

Menurut pendapat saya (Penulis), Investasi Politik adalah Sebuah Proses panjang dalam sebuah usaha untuk mewujudkan keinginan dimasa yang akan datang yang dimulai dari sekarang. mulai menarik bukan? Nah, sekarang apa hubungannya dengan Anak Muda? nah, inilah topik pembahasan kita pada artikel ini. Anak Muda sebagai Investasi Politik Masa Depan.

Apa yang terlintas pertama kali di pikiran anda ketika mendengar kata "Anak Muda"? Apakah langsung menuju ke arah negatif? mengingat banyaknya sekarang anak muda indonesia yang sudah menganut budaya barat seperti pergaulan bebas dan sebagainya. atau ke arah positif yaitu berpikir tentang Potensi dan Semangat muda serta Pola Pikir Modern?

Jika ya, maka kita sama. Anak Muda berarti Energik. namun Kelemahan anak muda adalah pada sisi “make a decision” dan “take control”. Sementara Kelebihannya adalah pada energi untuk mendukung potensi. untuk itulah pentingnya sebuah tempat untuk menampung kelemahan dan kelebihan. itu yang akan kita bahas nanti.

Sejak zaman penjajahan dulu, Anak Muda sudah dilibatkan didalam sebuah pemerintahan, terlebih Negara Indonesia yang mempunyai banyak sekali anak muda didalamnya, baik ketika masa masa penjajahan bahkan saat menuju kemerdekaan.

Peran pemuda saat itu benar benar menjadi penentu. mengapa saya katakan menjadi penentu? anda ingat Peristiwa Rengasdengklok? apa yang anda pikirkan jika peristiwa itu tidak terjadi? siapakah tokoh yang berani menculik Soekarno dan Moh. Hatta pada saat itu? akan kan kita bahas di bawah ini.

Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa penculikan yang dilakukan oleh sejumlah pemuda antara lain Soekarni,Wikana dan Chaerul Saleh dari perkumpulan "Menteng 31" terhadap Soekarno dan Hatta. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00. WIB.

Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok, Karawang, untuk kemudian didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia,sampai dengan terjadinya kesepakatan antara golongan tua yang diwakili Soekarno dan Hatta serta Mr. Achmad Subardjo dengan golongan muda tentang kapan proklamasi akan dilaksanakan terutama setelah Jepang mengalami kekalahan dalam Perang Pasifik.(Wikipedia)

Dapat saya katakan bahwa Anak Muda lah yang banya berperan dalam masa ini, bayangkan begitu berpotensinya anak muda di indonesia pada saat itu, akan saya berikan beberapa contohnya.

1. Ir. Soekarno

Saat melawan Belanda dengan "Indonesia Menggugat" pada Desember 1930, ia baru berusia 29 tahun. Pledoi yang dibacakan di pengadilan Landraad Bandung ini menggelorakan rakyat untuk merdeka. beliau bersama dengan Moh. Hatta yang pada saat itu masih berumur 30-an.

2.Sutomo

Sutomo dengan kawan-kawannya yang berusia 20-25 tahun mendirikan Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini menjadi awal kebangkitan Indonesia.

3. Sutan Syahrir

Sutomo dengan kawan-kawannya yang berusia 20-25 tahun mendirikan Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini menjadi awal kebangkitan Indonesia.

4. Sukarni

Perkenalan Sukarni dengan dunia pergerakan nasional yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dimulai ketika usia masih remaja, 14 tahun, saat dia masuk menjadi anggota perhimpunan Indonesia Muda tahun 1930. Semenjak itu dia berkembang menjadi pemuda militan dan revolusioner. Selain itu ia juga sempat mendirikan organisasi Persatuan Pemuda Kita.

Masih banyak lagi sebenarnya seperti Ahmad Subarjo, Sayuti Melik,Chaenal Saleh, A.M. Hanafi, Adam Malik, Wikana, Pandu Kartawiguna, Maruto Nitimihardjo, Kusnaeni (Pancen), Darwis, Djohar Nur, dan Armunanto ada juga B.M. Diah.

Beliau merupakan tokoh yang berperan sebagai wartawan dalam menyiarkan kabar berita Indonesia Merdeka ke seluruh penjuru tanah air. luar bisa bukan semangat pemuda pada masa itu? Nah, bagaimana dengan sekarang? mari kita bahas bersama.

Anak Muda di Indonesia saat ini sangat banyak sekali yang memiliki Potensi yang sangat luar Biasa. pokok permasalahannya hanya satu, mereka tidak memiliki wadah untuk bisa menunjukkan potensi dan semangat mereka mengingat menurut opini saya, saat ini sangat jarang sekali anak muda yang mampu tampil bersuara karena mereka tidak ada dukungan.

Padahal telah terbukti bahwa potensi Anak Muda sangat besar pada masa masa awal kemerdekaan indonesia. Nah, untuk itu sebagai "Orang Muda" apa yang seharusnya kita lakukan untuk menampung potensi Itu? ya, kita harus membuat sebuah wadah untuk itu. dan wadah itu adalah sebuah Partai bernama Partai Solidaritas Indonesia atau biasa disingkat PSI. apa dan bagaimanakah sepakterjang partai ini? mari kita bahas.

Partai Solidaritas Indonesia atau disingkat PSI adalah partai politik baru. Partai yang membawa identitas DNA: kebajikan dan keragaman. PSI berpijak pada kesadaran, bahwa politik sejatinya adalah hal yang baik. Meski kini, kata "baik" dan "politik" lebih sering bersimpang jalan. PSI hadir untuk mendekatkan kembali politik kepada kebajikan. partai ini dinahkodai oleh para anak muda bangsa yang berupaya untuk membuat wadah untuk anak muda.

Lalu siapakah tokoh muda yang ada dibalik partai ini? pertama adalah ketua umum yaitu Grace natalie,Lahir 4 Juli 1982. Memulai karir di media Televisi. Pernah menjadi reporter dan news anchor Liputan6 SCTV, lalu berlanjut ke ANTV dan TVOne.

Selama menjadi jurnalis, Grace pernah mewawancarai beberapa tokoh internasional di antaranya: George Soros, Steve Forbes, Ramos Horta dan Abhisit Vejjajiva. lalu sekretarisnya yaitu Raja Juli Antoni, dan pengurus lainnya (bisa dicek di Website resmi PSI di PSI.ID.

lalu mengapa harus PSI? ya karena PSI adalah partai baru modern yang mempunyai kelebihan khusus menampung jiwa jiwa muda (45 tahun kebawah) sehingga langsung memutus sistem politik lama, dan cara berpikir lama. untuk tahu selengkapnya bisa kunjungi website resminya.

Anak Muda sebagai Investasi Politik Masa Depan

Ruslan Ismail Mage dalam tulisannya yang berjudul, “Strategi Investasi Politik” memaparkan empat karakter dasar pasar demokrasi di Indonesia pasca reformasi. Pertama, pasar demokrasi selalu menganut paham klasik “suara rakyat adalah suara Tuhan”. Kedua, harus memahami budaya (kebiasaan pemilih), meliputi tingkat emosi, etika dan komunikasi yang baik dalam kehidupan sosial kemasyarakatannya.

Ketiga, harus memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual. Keempat, harus memiliki setumpuk modal untuk berinvestasi dalam pasar demokrasi. lalu apa hubungannya dengan Artikel ini? Anak muda indonesia harus mampu memahapi empat karakter dasar tersebut, lalu bagaimana caranya? nah, di PSI inilah kita bisa bertukar pikiran tentang itu. apa dan bagaimana cara memahaminya.

Masih ingat kalimat penyemangat Soekarno yang berbunyi "Beri aku 1.000 orang tua,niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda,niscaya akan kuguncangkan dunia" bagaimana perasaan anda saat membaca kalimat tersebut. darah saya serasa berguncang, berkobar bahkan membakar semangat saya. hanya butuh 10 pemuda untuk mengguncang dunia, bagaimana jika seluruh pemuda di indonesia?

Bayangkan bagaimana luar biasanya bangsa kita ini. anak muda indonesia harus dikenalkan dengan politik bersih sejak dini.agar nanti kedepannya indonesia tidak jalan ditempat dengan sistem perpolitikan yang ada saat ini. harus ada pembaruan dalam sistem serta pemikiran muda yang lebih modern.

Seperti yang kita ketahui selama ini, sistem perpolitikan di Indonesia masih dikuasai oleh elit elit yang "itu itu saja" dan dengan sistem yang "itu itu saja". lalu apa yang perlu kita rubah? sebagai Anak Muda yang punya potensi dan lebih energik, kita harus mampu menempatkan arah dari bangsa ini. karena ke depannya kitalah yang menjadi generasi penerus dari mereka.

Nah untuk menuju kesana apa yang perlu kita persiapkan? yang pasti kita butuh pemikiran yang modern, lebih maju, lebih berkualitas, lebih baik serta lebih terampil dan lebih mampu dalam bidang teknologi. kita harus mampu menjadi Investasi Politik untuk meneruskan serta memajukan negara ini untuk kedepannya. untuk itu kita harus siap dan mampu bila suatu saat tiba giliran kita yang muda untuk memegang kendali bangsa ini. lalu untuk apa invetasi itu?

Kita sebagai Kaum yang lebih muda harus benar benar dipersiapkan sejak dini agar di masa yang akan datang kita mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman yang semakin maju. jangan sampai kita tertinggal jauh dari negara lain. Kita yang muda adalah investasi penting yang dibutuhkan negara ini. pertanyaannya, apakah kamu salah satu dari Investasi itu? jawab dalam hatimu.

Kita tahu, Indonesia dikenal dengan banyak korupsinya dalam istilah KKN. mengapa demikian? siapakah yang harus disalahkan dalam hal ini? apakah Pelakunya? partainya? atau bahkan Sistemnya? mari kita jawab didalam hati kita. Inti dari semua permasalahan itu adalah sistemnya.

Sistemlah yang mengatur semua itu. bagaimana cara kerjanya? mari berpikir logika, di indonesia ada istilah kampanye, otomatis butuh uang, lalu bagaimana cara mengembalikan uang tersebut? itulah sistem tadi. lalu bagaimana cara merubahnya? nah, itulah tugas kita sebagai Investasi Politik masa depan tadi. apakah kita mampu? tentu mampu bagaimana caranya?

Gampang, cukup tanamkan sebuah prinsip dalam hatimu bahwa Seorang Pemimpin atau Pejabat adalah Pelayan bagi masyarakatnya, bukan raja dan sebuah jabatan itu bukanlah sebuah mata pencaharian namun Pengabdian.

Sebagai anak muda dan sebagai investasi masa depan kita harus mampu memegang prinsip tadi. maka percayalah jika ada 10 pemuda bersolidaritas yang punya prinsip seperti itu, bayangkan jika semua. otomatis sistem tadi akan berubah dengan sendirinya. untuk itu mari siapkan diri kita untuk menghadapi itu.

Mari kita guncang dunia, mari kita ubah sistem, serta paling utama mari kita ubah paradigma masyarakat tentang ketidakpercayaan terhadap pejabat. mari kita kembalikan kepercayaan mereka. maka niscaya bangsa kita akan menjadi bangsa yang Solid, besar dan disegani.

#LombaEsaiPolitik