Sebagai umat Islam tentunya kita mengetahui bahwa terdapat amalan wajib yang harus dijalankan. Selain amalan wajib, terdapat juga amalan-amalan lainnya yang masing-masing mempunyai manfaat dan makna yang menakjubkan juga dapat menjadi penyelesai dari berbagai masalah yang kita punya. Dimana ketika kita mengerjakan amalan tersebut kita telah melakukan hal yang baik untuk diri kita.

Ini adalah beberapa amalan ringan yang memiliki manfaat yang besar:

1. Wudhu sebelum tidur

Ketika kita tidur dalam keadaan berwudhu, maka seolah-olah ruh kita mampu bersujud kepada Allah, tetapi kita tidak bisa menjamin bahwa ruh kita akan dikembalikan kembali oleh Allah. Karena tidur itu ibarat mati sementara. Bisa jadi saat kita tidur adalah saat Allah mengambil nyawa kita. 

Oleh karena itu, berwudhulah sebelum tidur karena ketika kita mempunyai wudhu, sesungguhnya kita dalam keadaan yang bersih dan suci. Dan jikalau pada saat tidur tersebut adalah saat dimana nyawa kita tidak kembali, maka kita meninggal dalam keadaan yang insyaAllah khusnul khatimah.

2. Sedekah Shubuh

Sedekah shubuh mempunyai manfaat yang luar biasa, mengapa? Karena pada saat shubuh, terdapat 2 malaikat yang turun dan berdoa. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa doa malaikat 100% dikabulkan oleh Allah. Siapa sih yang tidak ingin didoakan oleh malaikat? 

Lalu bagaimana cara kita melakukan sedekah shubuh? Cara simpelnya adalah, kita menyediakan sebuah kotak atau tempat apapun itu sebagai wadah infaq kita, dan kita niatkan uang yang ada di dalam kotak tersebut untuk kita sedekahkan kepada orang yang membutuhkan. 

Kemudian ketika kita memasukkan uang kedalam kotak tersebut, berdoalah sebanyak-banyaknya sesuai dengan apa yang kita inginkan. Seberapapun nominalnya itu tidak masalah, asalkan ikhlas. 

Meskipun sedikit-sedikit, asalkan kita rutin untuk melakukannya, karena Allah mencintai hambanya yang istiqamah dengan terus menerus walaupun sedikit. Dengan melakukan sedekah shubuh, insyaAllah semua keinginan yang kita inginkan akan dikabulkan oleh Allah.

3. Membaca Al-Qur’an 

Allah telah memerintahkan kita untuk membaca Al-Qur’an, sebagaimana ayat Al-Qur’an yang pertama kali turun adalah Iqra’  yang artinya bacalah, di mana yang dimaksud adalah membaca Al-Qur’an. 

Mengapa membaca Al-Qur’an merupakan salah satu amalan yang mempunyai manfaat yang besar? Karena Allah telah menjanjikan berbagai kemuliaan, baik di dunia maupun di akhirat dan Al-Qur’an menjadikan syafaat kepada orang yang membacanya. 

Selain itu, Al-Qur’an juga mempunyai keutamaan dalam hal duniawi. Contohnya ketika kita takut miskin maka dianjurkan untuk membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, ketika ingin anaknya tampan maka dianjurkan untuk membaca surat Yusuf saat bayi masih dalam kandungan, dan lain sebagainya.

Tetapi, yang sangat disayangkan adalah masih terdapat orang yang masih jarang untuk membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an hanya ketika bulan Ramadhan saja begitu Ramadhannya selesai, sudah enggan membacanya lagi. Padahal Al-Qur’an yang menjaminkan keselamatan dan kebahagiaan.

4. Dzikir 

Terdapat seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah, ”amalan apa yang bisa menjamin aku masuk surga?” Kemudian Rasulullah menjawab, ”usahakan basahi lidahmu dengan terus berdzikir kepada Allah.” Artinya, lidah kita yang selalu basah karena banyak berbicara, kita gunakan untuk berdzikir kepada Allah.

Ada 2 kalimat  yang ringan di atas lidah, berat di atas timbangan, dan dicintai oleh Allah. Maksudnya dari berat ditimbangan adalah diibaratkan sebagai amal kebaikan yang berat. 

Nah, jika kita berdzikir dengan kalimat atau dzikir yang dicintai Allah, maka balasan yang kita dapat adalah Allah juga akan mencintai kita. Apa 2 kalimat itu? Yaitu kalimat subhaanallaahi wa bihamdihi, subhaanallaahil adzhiim. 

5. Shalawat Nabi

Ada 2 keutamaan bagi siapa yang selalu mengucapkan dan menjaga shalawat. Yang pertama, akan dicukupi segala urusannya. Yang kedua, akan diampuni dosanya. Maka Ketika kita mempunyai banyak masalah atau keinginan, lalu memperbanyak untuk membaca shalawat, pasti Allah akan segera mengabulkan keinginan kita.

Contohnya dulu ketika saya menginginkan untuk berkuliah disalah satu universitas impian saya, saya selalu mengucapkan shalawat ketika saya sedang melewati universitas tersebut, bahkan  saya selalu mengucapkannya walaupun dengan melihat foto universitasnya saja dan alhamdulillah sekarang, saya bisa berada di universitas impian saya. 

Jadi, ketika kita menginginkan sesuatu, entah apapun itu dan sekecil apapun keinginan kita, jangan lupa untuk selalu mengucapkan shalawat, walaupun kita tidak mengetahui kapan keinginan itu akan tercapai dengan hanya sekedar mengucap kalimat allahumma sholli ala sayyidina Muhammad.

Dari beberapa amalan yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya amalan-amalan tersebut masuk ke dalam kategori amalan ringan yang bisa kita kerjakan atau kita sisipkan di setiap aktivitas yang kita jalani, hanya saja terkadang kita malas untuk melakukannya. 

Padahal, amalan-amalan ringan tersebut dapat memberikan manfaat yang sangat amat besar untuk diri kita, walaupun ada beberapa amalan yang tidak bisa kita rasakan secara langsung di dunia ini, tetapi akan berbuah sebagai penolong kita di akhirat nanti.