Membicarakan Game Grand Theft Auto alias GTA di kalangan gamer Indonesia tentunya tidak dapat lepas dari salah satu seri paling ikoniknya, yaitu San Andreas. Seri ketujuh dari franchise GTA tentunya masih menjadi seri paling populer yang  bahkan masih terbilang banyak dimainkan oleh para gamer di sini meskipun telah dirilis 15 tahun yang lalu. 

Menjadi bukti kejayaan di era Playstation 2 dahulu, tentunya kita bertanya-tanya mengapa game lawas ini masih tetap laris di Indonesia, dan bahkan popularitasnya mampu menyaingi game-game Rockstar terbaru seperti GTA V dan Read Redemption 2.

Saya merangkum beberapa alasan mengapa game satu ini masih tetap jaya dan masih diingat sampai sekarang.

Ramah Spesifikasi Ringan

Salah satu alasan yang paling mudah ditebak mengapa GTA San Andreas laris manis di Indonesia tentunya tidak jauh-jauh dari kebutuhan spesifikasi ringan. Sehingga lebih banyak kalangan gamer yang dapat dengan mudah memainkan game ini di PC atau laptop dengan spesifikasi yang rendah.

Mereka sudah dapat menikmati petualangan Carl dan merasakan salah satu pengalaman open world terbaik yang ditawarkan Rockstar. Bahkan sekarang sudah bisa dimainkan di handphone yang bisa dimainkan di mana saja dan kapan saja.

Alur Cerita yang Menarik

Mungkin untuk hal ini bersifat subjektif, namun menurut saya alur cerita yang dimiliki GTA San Andreas dibanding dengan GTA V lebih baik GTA San Andreas, Karena alur ceritanya yang tidak terduga di mana ada pengkhianatan, percintaan, dan perselisihan. 

Contohnya di mana teman baiknya yaitu Rider dan Big Smoke adalah pengkhianat. Saat itu saya tidak menyangka teman baiknya bisa menjadi pengkhianat di mana mereka sering menjalankan tugasnya bersama dan selalu setia. Setelah melewati perjalanan dan rintangan yang panjang, Carl mempunyai banyak teman dan anggota baru yang setia dan menghormatinya, dan wilayah kekuasaannya yang makin luas.

Selalu Ada di Rental PS2

Di mana pun ada rental PS2, di situ pasti ada GTA. Jika rental tidak mempunyai game satu ini rasanya akan kurang lengkap. Anak-anak rental selalu memainkan game ini secara sendiri maupun berdua dengan temannya. Permainan ini salah satu yang membuat rental makin laris ramai, game ini juga yang membuat pemainnya akan selalu menambah billing bila pemainnya kurang puas. 

Ketika kita sudah mempunyai PS2 sendiri, tetap saja game ini harus ada walaupun kita sudah sering memainkannya. Game satu ini memang punya chemistry sendiri sampai sekarangpun jika kita ke rental PS2 pasti game ini masih ada walaupun sekarang rental PS2 sudah mulai sedikit tetapi, kenang-kenangan yang ada di game ini masih ada dan tetap ingat sampai sekarang.

Modifikasi yang Beragam

Makin berkembangnya komunitas para pemain GTA San Andreas yang masih tetap aktif, para modder game pun kini semakin bermunculan. Mulai dari modfikasi standar seperti mengganti model kendaraan, senjata, map. Hingga berbagai modifikasi yang mengubah kondisi game seperti tsunami, serangan alien, kiamat, dll.

Bahkan untuk di Indonesia sendiri saja sudah banyak modder yang telah memodifikasi banyak hal di dalam GTA San Andreas versi PC. Beberapa bahkan menyuntikkan modfikasi yang membawa kearifan lokal seperti berbagai kendaraan dari dalam negeri seperti mobil polisi dan taksi lokal, hingga bangunan seperti SPBU, minimarket lokal, dan lain sebagainya. 

Bahkan ada versi GTA San Andreas yang telah terpasang mod-mod ini yang dinamai GTA Extreme Indonesia. Dalam deskripsinya game ini telah terpasang ratusan mod & cheat yang siap pakai, dan ada juga misteri-misteri seperti hantu dan lainnya yang bisa dijelajahi oleh para pemain di GTA Extreme Indonesia.

Di samping itu, mod-mod ini dikumpulkan dan telah memiliki website sendiri yang bernama GTAInd. GTAInd ini sendiri seakan menjadi pusat dan pencarian utama dari komunitas pemain GTA San Andreas di Indonesia ini untuk mencari atau menerbitkan mod-mod untuk game GTA mereka. Para kontributor di GTAInd ini sendiri terbilang masih sangat cukup aktif dalam menerbitkan modifikasi bertema lokal untuk game GTA.

Punya Fitur yang Beragam

Saat bermain, kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu inginkan mulai dari kostumisasi karakter yang terhitung mendetail mulai dari pakaian, potongan rambut, hingga bentuk badan dari Carl. Belum lagi kamus bisa memodifikasi mobil yang kamu miliki mulai dari mengganti ban, mengganti warna, membeli properti di berbagai penjuru kota, melakukan aktivitas lain seperti karate, taekwondo, tinju, dan mengikuti balapan mobil. 

Game ini juga bahkan mendukung fitur co-op di mana kamu bisa bermain bersama temanmu untuk menjelajah atau sekadar membuat kekacauan di kota. Belum lagi memiliki beragam cheat konyol yang dapat diakses dengan mudah lewat joystick atau keyboard seperti mobil terbang, mobil di atas air, pukulan super, tidak bisa mati, jetpack, dan banyak cheat konyol lainnya.

Itulah tadi alasan mengapa GTA San Andreas masih sangat laris dimainkan di Indonesia. Bisa kita lihat bahwa kehadiran komunitas yang masih tetap tinggi lewat multiplayer serta komunitas modder yang berkumpul di GTAInd dan terus aktif memproduksi mod-mod baru yang menarik minat para pemainnya untuk terus memainkan permainannya. 

Menjadi game lawas tentunya memiliki keuntungan bagi GTA San Andreas sendiri di mana banyak orang yang dengan mudah memainkannya. Terlebih dengan ketersediaannya di berbagai platform.