Banyak pertanyaan yang muncul setelah Jose Mourinho resmi melatih Manchester United. Salah satu pertanyaan yang paling mencuat adalah perihal masa depan penyerang muda Inggris, Marcus Rashford. Akankah karier Rashford gemilang di tangan The Only One? Pertanyaan itu akan terjawab setelah Euro 2016 berakhir dan kembali bergulirnya Liga Utama Inggris.

Sedikit mengingat tentang perjalanan pelatih Jose Mourinho, sejak melatih Porto sampai yang terakhir melatih Chelsea, Jose Mourinho selalu identik dengan pemain senior yang berpengelaman dan para pemain bintang. Ia juga jarang memberikan kesempatan kepada para pemain muda.

Misalnya ketika melatih Chelsea, karier pemain muda yang dibeli oleh manejemen tak ada satupun yang berhasil dijadikan sebagai pemain bintang untuk tim tersebut ketika Mourinho menjadi pelatihnya. Salah satunya Kevin De Bruyne yang menjadi bintang setelah dijual kembali oleh Chelsea ke Wolsfburg. Sementara itu, André Schürrle yang dibeli dengan harga yang cukup mahal pun gagal berkiprah di Chelsea kala itu. Selain kedua pemain tersebut ada juga nama seperti Marco Marin, Lucas Piazon dan Victor Moses.

Musim 2016/2017 Manchester United resmi menggaet pelatih dengan julukan The Special One yang bertransformasi menjadi The Only One tersebut. Dengan demikian, karier pemain-pemain lama di era kepelatihan Louis Van Gaal sangat terancam.

Salah satu dari sekian banyak pemain yang paling terancam masa depannya adalah Juan Matta. Juan Mata adalah pemain yang sebelumnya didepak Mourinho dari Chelsea. Nama-nama lain Daily Blind, Marcos Rojo, Adnan Januzaj, Morgan Schneiderlin dan Memphis Depay yang juga bakal didepak oleh Mourinho dari MU.

Selain pemain-pemain di atas, ada satu nama pemain pemuda yang tampil gemilang bersama MU di akhir musim 2015-2016, yang kemungkinan besar akan didepak juga oleh Mourinho. Dia adalah Marcus Rasford yang tampil gemilang dan mendapat kepercayaan penuh dari Louis Van Gaal.

Rashford mencetak tujuh gol dari 16 penampilan di seluruh kompetisi yang diikuti Manchester United. Marcus Rashford merupakan putra asli kota Manchester yang lahir pada tanggal 31 Oktober, tahun 1997. Pada masa mudanya, ia bergabung dengan salah satu klub amatir kota Manchester bernama Fletcher Moss Rangers, di mana klub lokal tersebut diketahui sudah melahirkan beberapa bintang ternama United, seperti Wes Brown, Reece Brown, Tyler Blackett, Ravel Morisson, dan Danny Welbeck.

Tahun 2016 bisa dibilang sebagai tahun keberuntungan Rashford. Pemuda kelahiran Wythenshawe ini juga mampu melakukan debut gemilang bersama MU, baik di Liga Eropa maupun pada Liga Premier. Nama Rashford mulai mencuri perhatian pecinta bola ketika berhasil mencetak dalam debutnya bersama tim senior MU saat melawan Midtjylland di Liga Europa Februari lalu.

Ketika itu, Rashford mengukir rekor sebagai pemain MU termuda yang mencetak gol di kompetisi Eropa. Tak tanggung-tanggung, Rashford memecahkan rekor milik George Best. Tiga hari kemudian, Rashford kembali melanjutkan kisah sensasionalnya. Dia kembali memborong dua gol pada debut di Liga Premier Inggris. Saat itu, Rashford berhasil merobek gawang Arsenal dua kali.

Tampil gemilang di Manchester United membuat Rashford masuk dalam skuad Inggris dalam Piala Eropa 2016. Sebelum berangkat ke Euro 2016, pemuda 18 tahun itu melakukan debutnya di timnas Inggris saat melawan Australia. Hanya butuh waktu tiga menit pada laga debutnya untuk membukukan gol perdana bagi timnas Inggris. Rashford menjebol gawang Australia di menit ketiga.

Dia menjadi pemain termuda yang mencetak gol pada laga debut di timnas Inggris, pada usia 18 tahun 208 hari. Rashford mematahkan rekor milik Tommy Lawton yang dicatat pada tahun 1939. Namun Rashford masih belum bisa mengalahkan rekor Rooney sebagai pencetak gol termuda Inggris di usia 17 tahun 317 hari.

Setelah tersingkirnya Inggris dari Piala Eropa 2016 di babak perempat final, pemuda 18 tahun ini harus memikirkan masa depan kariernya di MU. Dengan kehadiran Mourinho serta pemain-pemain bintang yang akan diboyong MU ke Old Trafford, karier Rasford sangat terancam. Sebab, mungkin ia tidak akan mendapatkan jam terbang yang cukup banyak untuk bermain demi mengembangkan kariernya.

Selain itu, The Red Devil juga sudah resmi akan mendatangkan penyerang berpengelaman Zlatan Ibrahimovic secara gratis dari PSG. Menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah Rashford bersama tim utama United di era kepelatihan Jose Mourinho nanti.