Pengusaha
2 tahun lalu · 170 view · 3 menit baca · Politik 71775.jpg
www.slideshare.net

Ahok Peduli Anak Muda Juga Lho

Anak muda adalah generasi penerus bangsa. Mereka yang nantinya akan menentukan masa depan DKI Jakarta. Sebab itu, Ahok sangat peduli terhadap anak muda. Beberapa program yang sudah dilaksanakan selama menjabat Gubernur DKI Jakarta, dan yang akan dilakukan dalam 5 tahun mendatang sangat memperhatikan anak muda.

Jakarta Creative Hub (JCH) hanyalah salah satu program dan kebijakan Ahok dari sekian program dan kebijakannya yang dikhususkan untuk anak muda Jakarta agar mereka mampu mengekspresikan kreativitasnya. Ahok yakin betul, bahwa anak muda Jakarta mempunyai talenta yang luar biasa, sehingga diperlukan ruang bagi mereka untuk mengasah dan mempertajam bakat dan talentanya.

Sebagai gubernur seluruh masyarakat Jakarta, tentu membuat Ahok harus memenuhi setiap kebutuhan warganya, termasuk kebutuhan anak muda Jakarta. Kebutuhan anak muda Jakarta tidak hanya pada sisi pendidikan berkualitas saja, melainkan kebutuhan yang bersifat hobi, pembentukan jati diri, pekerjaan, dan kebutuhan lainnya.

Sebenarnya, Ahok dalam tiga tahun kepemimpinannya banyak sekali program dan kebijakannya yang sangat pro terhadap anak muda Jakarta. Berikut fakta kebijakan  Ahok yang berkaitan dengan anak muda Jakarta.

Pertama, Ahok sudah membangun 188 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo. Ahok sudah terlebih dahulu mendapatkan sambutan yang sangat baik di kalangan anak muda berkat pembangunan RPTRA dan RTH Kalijodo. Karena, fasilitas yang dibangun sangat menunjang untuk segala kegiatan anak muda, khususnya arena skatepark, arena bermain sepeda BMX, lapangan futsal, outdoor gym, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Kawasan Kalijodo yang dulunya menjadi pusat prostitusi, sarang preman, narkoba, bar, dan minuman alkohol disulap Ahok menjadi tempat yang lebih bermartabat. Tidak ada lagi maksiat, prostitusi, perjudian dan lain sebagainya setiap malamnya.

Yang ada sekarang ialah tempat nongkrong positif anak muda untuk berbagai kegiatan, seperti bermain skate board, sepeda BMX, tempat diskusi dan kegiatan positif lainnya. Tidak hanya itu, RPTRA dan RTH Kalijodo juga menjadi fungsi pencegahan bahaya narkoba di kalangan anak muda Jakarta, yang pada 2015 saja BNN DKI Jakarta telah mencatat sekitar 365.000 pengguna.

Salah satu pengunjung bernama Michael (18) menilai pemerintahan Ahok Djarot sangat peduli sekali terhadap olahraga. Di samping itu, Michael menilai adanya RPTRA Kalijodo yang dilengkapi Skate Park dan arena Sepeda BMK membuat pemerintah Ahok-Djarot sangat mengerti olahraga kekinian anak muda.

Kedua, Jakarta Creative Hub (JCH). JCH sendiri merupakan wadah bagi para pelaku usaha muda untuk mengembangkan kreativitas mereka dan berwirausaha.

Seringkali, kita sebagai anak muda mempunyai jiwa usaha yang tinggi. Namun, sangat sulit sekali untuk merealisasikan berbagai ide yang kita miliki. Penyebab utamannya adalah fasilitas yang tidak mendukung, modal, dan pemasaran yang sangat sulit dijangkau.

JCH sendiri hadir untuk menjawab semua keluhan para anak-anak muda kreatif dalam menciptakan kreatifitasnya serta dalam memasarkan hasil tersebut. Ada tiga konsep dari JCH, yakni makerspace, co-office, dan co-working space.

Berangkat dari tiga konsep tersebut, Pemda DKI telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang, seperti ruang kantor, tempat pelatihan, bengkel, laboratorium komputer, perpustakaan, dan ruang belajar. Selain itu, Pemda DKI juga menyediakan berbagai alat penunjang lainnya, mulai dai mesin jahit, mesin bubut, mesin potong, hingga printer 3D.

Nantinya, JCH akan mengutamakan pelaku industri kreatif muda dan startup. Selain itu, JCH juga menjadi bukti nyata dari program One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship dari Anies-Sandi yang masih mengawang.

Ketiga, program magang untuk mahasiswa dan professional muda. Program magang  sudah dilakukan Ahok pada tahun 2016. Saat itu, peserta yang akan diterima hanya berjumlah 30 orang saja. Namun, pendaftar membludak hingga mencapai seribuan pendaftar. Hingga panitia bekerja keras untuk menyeleksi para peserta tersebut.

Program ini hanya berlangsung 3 bulan sampai 6 bulan, yang meliputi bidang anggaran, BUMD, hukum, infrastruktur, kepegawaian, kesehatan, dan manajemen wilayah. Selain itu, bidang lainnya terkait perizinan, pendidikan, pengaduan masyarakat, tata ruang dan perkotaan, teknologi dan sistem informatika, penanggulangan banjir, transportasi, dan lain sebagainya.

Program ini menurut Ahok sebagai pendidikan pemerintahan. Nantinya, peserta diharapkan mampu mempelajari ilmu kepemimpinan dengan mengikuti kegiatan rapat gubernur dan mengaplikasikan ilmu melalui tugas khusus berkelompok dan mengawal program-program unggulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Keempat, Ahok sudah menyediakan Wifi gratis di 6000 tempat, sehingga anak muda gampang mengakses internet. Bagi anak muda, ketersediaan Wifi di ruang terbuka sudah menjadi kebutuhan. Karenanya, Ahok berencana untuk meningkatkan kecepatan Wifi pada Asian Games 2018 menjadi 4,5 GB. Langkah ini mesti diapresiasi, karena Ahok betul-betul peduli dengan anak muda.  

Bukti Ahok peduli dengan anak muda juga ditampilkannya ketika bermain basket beberapa waktu kemarin bersama Djarot, Augie, dan Yosie. Meski Ahok-Djarot masih dalam kesibukan melakukan kampanye di putaran kedua Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017, namun mereka berdua tidak lupa berolahraga.

Sikap Ahok-Djarot berolahraga bersama anak muda adalah cara berinteraksi yang patut kita apresiasi. Karena, hubungan seperti ini mampu menciptakan emosional yang sangat kuat terhadap anak muda. Cara berinteraksi seperti ini juga mematahkan anggapan masyarakat tentang Ahok yang tidak merakyat alias tidak bergumul dengan warganya sendiri.

 Dengan demikian, pembangunan yang selama ini Ahok dan pemerintahannya lakukan tidak hanya untuk kalangan tertentu saja. Namun, hal ini menjadi bukti bahwa Ahok adalah gubernur semua kalangan, termasuk anak muda. Karena, mampu mengakomodir berbagai kebutuhan warganya, termasuk kebutuhan anak muda Jakarta.

Artikel Terkait