Dua hari lalu artikel  saya berjudul “7 Tips tetap Produktif di Masa Sulit untuk Remaja” terbit. Saya membagikan tautannya ke grup whatapps kelas saya mengajar. Iktikad baiknya adalah supaya banyak remaja membaca dan dapat sesuatu dari tulisan tersebut. Semoga saja. Saya kira itu harapan dari tiap penulis, bahwa tulisannya membawa manfaat bagi banyak orang.

Setelah saya bagikan ke grup, salah seorang murid, mengirim pesan pribadi, dan request  suatu topik tertentu. Permintaannya adalah, bagaimana sih produktif di tengah sekolah atau belajar online saat ini? Permintaan itu menantang jiwa sanubari saya untuk menulis. Inilah artikel “pesanan” murid saya tersebut.

Belajar online itu tidak mudah ferguso! Benar nggak? Jawab dalam hati ya. Pembelajaran online itu mudah membuat para murid menjadi bosan. Apalagi kalau yang diberikan tiap hari itu tugas, tugas, dan tugas. Atau  nge-goolge meeting atau nge-zoom meeting, atau jenis pertemuan vitual lainnya. Pikiran capek, mata capek, badan pegel-pegel, kantong kering dan efek lainnya. Ya, itulah derita murid-murid di masa pandemi ini. Tapi ingat ya, kamu nggak sendiri kok. Ada banyak murid di seluruh Indonesia bahkan dunia mengalaminya.

Ada pepatah berkata “lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuki kegelapan”. Untuk situasi dan kondisi sekarang, daripada mengeluh atau marah dengan keletihan dan kebosanan, lebih baik kita cari solusinya. Nah berikut ini akan disajikan beberapa tips yang bisa jadi referensi kamu untuk tetap bisa berhasil dan menikmati belajar online. Yuk kita mulai.

Pertama, tidurlah lebih cepat dan bangunlah lebih pagi.  Coba cek kebiasaan kamu selama ini. Jam berapa kamu mulai tidur di malam hari dan jam berapa kamu bangun  di pagi hari. Tidur lebih awal, misal jam 10 malam, akan memberi efek baik bagi tubuhmu, seperti imun tubuh meningkat, tubuh lebih berenergi dan berat badan (BB) terkontrol. Buat yang lagi program penurunan berat badan, perhatikan tidur kamu ya.

Jam berapa kamu bangun? Jam 5 atau jam 6 pagi!  Jika benar demikian, berarti kamu punya satu poin penting untuk bisa sukses dan bahagia dalam belajar online.  Bangun pagi memiliki beberapa manfaat baik seperti:  jadi punya waktu olahraga, lebih bahagia,  dan lebih aktif serta bergairah saat berkegiatan sepanjang hari. Oleh karena itu, anak yang bangun pagi biasanya lebih berprestasi. Setuju nggak?

Tidur yang cukup.  Di usia remaja, idealnya kamu tidur 8-10 jam setiap hari. Coba deh dihitung selama ini berapa jam sih kamu tidur? Dan hal itu paling baik dilakukan di malam hari. Bukan dibalik ya, waktu malam begadang, waktu siang tidur. Itu jelas tidak baik atau tidak sehat. Kalau kurang tidur kamu jadi mudah lelah, mudah sakit dan susah sembuh, pelupa, BB naik dan bermasalah dalam berpikir. 

Cukup tidur, memberi banyak manfaat. Kamu nggak gampang sakit, meningkatkan suasana hati, meningkatkan daya ingat dan bisa panjang umur. Jika di kelas online kamu suka malas, gampang capek, nggak konsentrasi, dll. Bisa jadi kamu kurang tidur, tidur dini hari dan bangun kesiangan.  Kalau mau happy dan success dalam belajar online, perhatikan tidurmu. Simpel kan? Tapi jangan kebanyakan tidur juga ya.  Semua yang berlebihan itu nggak baik!

Kedua, bersihkan dan tata ulang lingkungan belajar kamu. Coba ingat di mana kamu paling sering dan nyaman buat belajar online? Di kamar, ruang tamu, teras rumah, atau di kebun belakang? Coba deh lakukan sentuhan kecil di tempat biasa kamu belajar online. Bersihkan apa yang kotor, tata apa yang berantakan, dan beri wewangian supaya memberi efek rileks ketika kamu belajar.

Lingkungan yang bersih, tertata dan wangi memberikan efek baik bagi tubuh dan jiwa kamu. Psikolog Kasandra Putranto mengatakan bahwa wangi seperti ‘kayu manis’ berfungi membangkitkan suasana hati, tenaga dan buat kamu lebih konsentrasi. Pilih wewangian sesuai selera kamu ya. Jadi perhatikan tempat kamu belajar.

Ketiga, pastikan tempat belajar kamu kondusif.  Sifat kondusif ini berkaitan dengan suara, sirkulasi udara dan pencahayaan. Jangan pilih tempat yang bising atau noisy, sehingga kamu sulit konsentrasi.  Pastikan sirkulasi udara lancar, jangan lembab atau pengap. Kemudian, pastikan kamu mendapatkan pencahayaan yang memadai, baik dari sinar matahari maupun dari lampu pijar.

Keempat, perhatikan kapan dan apa yang kamu makan atau minum.  Sebelum belajar kamu harus sarapan. Ingat berpikir itu membutuhkan banyak energi, sehingga sarapan adalah wajib hukumnya. Tapi jangan asal sarapan, penuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang. Jika mungkin, di masa pandemi ini, kamu minum multivitamin untuk membantu menjaga kesehatan kamu.

Cukupi kebutuhan air putih tiap hari. Jangan sampai kamu dehidrasi ya. Ingat pelajaran biologi, bahwa 80 persen otak manusia  adalah air. Jadi kekurangan air akan berefek buruk terhadap otak kita. Kekurangan air akan menurunkan fokus, konsentrasi dan memori otak kita. Dan jika terjadi terus menerus dapat  membuat gangguan fungsi otak. Karena itu, selalu sediakan air putih yang cukup di dekat mu. Wajib.

Keempat hal di atas adalah modal penting dalam belajar online. Ingat ya, belajar online itu bisa dijalani dengan sukses dan sukacita. Nah berikut ini, ada 4 hal penting lain, yang berkaitan langsung dengan aktivitas belajar online  kamu.

Kelima, jangan telat masuk kelas atau mengerjakan tugas. Usahakan tepat waktu untuk masuk kelas, baik pertemuan tatap muka online ataupun kelas seperti Google Classroom (GCR) atau LMS jenis lainnya. Dengan tidak terlambat kamu dapat penjelasan guru secara utuh, dan di GCR kamu akan mengetahui tugas serta mengerjakan tepat waktu.

Ingat ya, satu kali, dua kali, tiga kali kamu tidak kumpul, hal itu akan membuat tugas-tugas menumpuk. Jika sudah demikian, maka kamu cenderung malas. Kemudian kamu jadi stres dan tidak bahagia. Bisa jadi kamu mulai menyalah diri sendiri, teman, bahkan guru. Kenapa sih saya begini, kenapa sih teman saya nggak ada yang peduli, kenapa sih guru-guru kasih tugas banyak banget? Padahal itu semua adalah buah dari kebiasaan telat dan suka menundamu.

Keenam, bangun komunikasi yang baik dengan teman dan guru.  Grup kelas di whatapps atau telegram, biasanya menjadi sarana berbagi informasi dan berkomunikasi yang cukup efektif. Manfaatkan itu. Selain melalui grup kelas, kamu juga dapat berkomunikasi secara pribadi dengan teman atau guru.

Kamu bisa bertanya kepada teman tentang tugas belajar atau berbagi ‘kesedihan’ selama belajar online. Ini lebih ke sharing ya, bukan gibahin teman atau guru. Kemudian kamu juga bisa bertanya atau konsultasi tentang tugas kepada guru. Saya yakin, bapak atau ibu guru akan sangat senang  jika kamu mau bertanya atau konsultasi tentang kesulitan belajarmu. Jangan malu ya, hanya saja lakukan hal itu dengan sopan dan respect.

Ketujuh, gunakan segala macam sumber belajar. Kamu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja. Ketika kamu kesulitan belajar, kamu bisa googling atau menonton video pembelajaran di Youtube.  Bahkan saat ini, kamu bisa juga belajar melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Tiktok dan sebagainya.

Poin ketujuh ini dapat menjadi alternatif jika komunikasi dengan teman dan guru mengalami hambatan. Namun inti poin ini adalah memperluas sumber belajar untuk memudahkan diri kamu belajar dan menyelesaikan tugas-tugas. Jangan  hanya bergantung pada buku teks saja ya, tetapi perluas dunia belajar kamu.

Kedelapan, tetap beriman dan berpengharapan buat hari esok. Belajar online itu memang tidak mudah. Tetapi, percaya dan berharaplah pandemi pasti berakhir, dan bisa masuk sekolah lagi. Ini sangat penting, tanpa kedua hal itu, kita akan mudah patah semangat dan hilang harapan. Kita jadi malas melakukan ini dan itu, dan stres sendiri. Inget ya,  stres itu berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental kita.

Nikmati aja sebisanya. Toh pasti akan ada pelangi setelah hujan, dan mentari setelah gelap malam. Ah kalau ngomong gampang! Ya benar, tetapi omongan yang keluar dari keyakinan dan harapan akan mempengaruhi sikap dan tindakan kita.  Membuat kita melihat kesulitan dan penderitaan dengan cara berbeda. Melihat masalah sebagai tempat kita belajar dan menjadi lebih baik.

Oke, demikianlah 8 tips untuk bisa sukses dan bahagia dalam menjalani belajar online. Semoga kamu bisa menerapkannya. Pesan penutupnya adalah, just do it dan jangan lupa untuk bahagia.