Wabah covid-19 tahun 2021 masih belum berakhir, bahkan ada varian virus corona baru yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Pemerintah menghimbau agar masyarkat tidak banyak beraktivitas di luar rumah, mengingat kasus corona kembali meningkat.

Kasus PHK di beberapa perusahaan yang ada di Indonesia semakin menjamur, karena perusahaan mengalami pailit dampak dari pandemi. UMKM pun banyak yang tutup dan mengalami kerugian besar.

Kasus pengangguran di Indonesia semakin meningkat, seperti data yang dikutip dari liputan6.com pada 5 Mei 2021,  menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Suharso Monoarfa, mengatakan bahwa "27 juta angkatan kerja yang terdempak pandemi covid-19, turut menyumbang peningkatan angka pengangguran mencapai 7,07 persen  dari 138,82 juta, angka itu setara dengan 9,77 orang yang menganggur."

Lapangan pekerjaan semakin sulit. Walaupun pemerintahan mengeluarkan dana untuk masyarakat, namun hal itu dirasa masih kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.  Lalu, jenis usaha apa saja yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar tetap bisa menghasilan uang di tengah wabah covid-19 yang masih belum berakhir?

Berikut 8 peluang usaha yang bisa ditekuni dan  dapat menghasilkan uang:

1. Berjualan Online

Berjualan online bukan hal yang baru lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Jenis jualan online ada banyak macamnya baik di bidang fashion, skin care, maupun di bidang usaha kuliner.

Bidang fashion dan skin care bisa dipromosikan melalui whattsap,  instagram, dan facebook dengan berbagai macam promosi yang unik. Bagi yang tidak punya modal untuk membuka usaha, maka bisa menjadi reseller suatu produk dengan modal yang minim, anda sudah bisa memasarkan produk orang lain dan akan mendapatkan keuntungan jika anda bisa mendatangkan banyak customer.

Jika anda memiliki usaha di bidang kuliner, pemasaran yang paling tepat untuk usaha kuliner pada musim pandemi adalah melalui grabfood atau gofood. Selain itu bisa juga memanfatakan media whattsap, instagram, dan facebook sebagai media promosi.

Banyak ide yang dapat dilakukan untuk berjualan secara online, bahkan dengan modal yang kecil pun masih bisa dijalankan. Misal, jika tak punya modal besar untuk membangun tempat usaha kuliner, bisa juga dilakukan di rumah dengan memanfaatkan  peralatan seadanya.  Bentuk usaha kuliner semacam ini pun bisa  dipasarkan melalui media online seperti gofood dan grabfood.

2. Affiliate Marketing

Affiliate marketing juga bukan hal yang baru lagi di masyarakat, ada sejak zaman gadget belum booming. Namun, namanya sempat bersaing dengan usaha serupa seperti MLM.

Pada musim pandemi beberapa pengusaha mulai lagi memanfaatkan program affiliate marketing untuk memasarkan produk orang lain. Bagi yang punya modal kecil dan ingin tetap mempunyai usaha, maka affiliate marketing cocok untuk anda yang mempunyai bakat untuk menggaet customer, karena anda akan mendapat fee yang lumayan besar.

3. Menjadi pemateri / pembicara melalui webinar

Sejak musim pandemi, event – event seperti seminar dan bedah buku tidak lagi dilakukan secara tatap muka. Masyarakat sudah terbiasa mengikuti webinar melalui media  seperti zoom meeting dan MS team.

Dari sana para pemateri yang biasa melakukan event tatap muka di berbagai daerah, bisa dilakukan melalui online yang pesertanya juga bisa dari berbagai penjuru Indonesia.

Jika anda tidak mempunyai latar belakang sebagai penulis, pendakwah, motivator, dan lainnya,  anda bisa melakukan webinar sesuai dengan hobi yang anda miliki atau jenis pekerjaan yang anda geluti sebagai bahan untuk sharing ilmu dan pengalaman.

4.Berkarya melalui tulisan di media online

Bagi yang mempunyai hobi menulis, bisa juga tulisannya dikirim ke redaksi media online. Beberapa media online akan memberikan fee pada setiap tulisan yang berhasil dimuat. Misalnya, di mojok.co, satu tulisan esai yang lolos bisa mendapatkan honor sebesar 300 ribu rupiah. Dan masih banyak media online lain yang memberikan honor bagi penulis.

5. Vendor design grafis dan digital marketing untuk iklan media online

Jika Anda punya hobi design grafis, bisa juga dimanfaatkan untuk menghasilkan uang, misalnya dengan menjadi digital marketer. Pangsa pasarnya bisa dari kalangan pengusaha kuliner dan online shop.

Mereka biasanya membutuhkan vendor design grafis dan digital marketing untuk mempromosikan produknya melalui instagram, whattsap dan facebook.

6. Youtuber

Membuat video untuk dijadikan konten di media online Youtube juga bisa dilakukan. Jika video berhasil menggiring penonton untuk me-like dan subscribe, maka semakin banyak subscriber  anda akan dibayar oleh pihak Youtube.

Jika anda tidak memiliki keahlian yang menonjol untuk membuat konten, maka bisa dimulai dari kebiasaan anda sehari – hari. Misalnya, bagi para wanita yang mempunyai hobi memasak, anda  bisa membuat video seputar resep masakan ala rumaham, dan banyak lainnya.

7. Kreator TikTok

Belum lama berdiri, media online tiktok sekarang semakin digemari oleh masyarakat. Bermula dari hanya sekadar hiburan, atau mengisi waktu luang, ternyata tiktok juga bisa menghasilkan uang.

Jika followers sudah mencapai angka 1000, maka setiap kali anda live bisa menghasilkan receh dari titok. Bisa juga mendapatkan endorse dari berbagai vendor, bahkan ada juga kreator tiktok yang videonya viral, mereka akan diundang ke berbagai stasiun televisi di Indonesia dan diundang untuk podcast dengan para selebritis

8. Instagram

Instgram sudah ada sejak lama. Media online instagram bukan hanya bisa posting untuk kepentingan pribadi saja. Bagi anda yang hobi memasak, menulis, dan fotogenik, bisa juga menggunakan instagram untuk menghasilakn uang.

Para kreator instagram yang sudah lama memanfaatkan instagram banyak yang menjadi selebgram dan mereka menghasilkan uang dari endorse.

8 peluang usaha di atas tentunya harus dijalani dan ditekuni dengan konsisten, karena usaha yang konsisten tidak akan mengkhianati hasil. Jika kita berusaha dengan kemauan yang besar untuk belajar hal – hal yang baru di masa pandemi, maka kemungkinan besar akan tetap meraup rupiah.