Tidur, bangun,  makan, menonton tv, main game, nge-sosmed, chatting, rebahan, tidur dan sebagainya adalah kegiatan yang mungkin sering kamu lakukan di masa pandemi. Itu adalah kegiatan-kegiatan yang enak banget dilakukan saat-sulit seperti sekarang ini. Lha nggak apa-apa kan? Kita memang disuruh di rumah aja. Apalagi ketika ada aturan PPKM, stay at home. Kalau nggak penting, nggak usah keluar,  sebisa mungkin hindari aktivitas di luar rumah. Itu himbauan pemerintah untuk kebaikan bersama, supaya pandemi cepat selesai.

Tapi kalau cuma makan tidur, nonton TV, nge-game, nge-sosmed dan lain-lain kamu pasti bosan juga. Walaupun hal-hal tadi itu menyenangkan, tapi kalau keseringan, tingkat ‘kesenangannya’  akan menurun dan membuat bosan juga. Selain itu, belajar online dengan tugas dan pertemuan virtual juga  bisa buat kamu stres dan bosan.

Terus, bagaimana kita dapat menghilangkan stres dan kebosanan?  Ada caranya. Tapi yang akan kita bahas bukan hanya menghilangkan stres dan kebosanan. Lebih jauh, kita bisa produktif dari dalam kamar  atau rumah selama masa pandemi ini. Keren kan ?

Tips berikut dibagi menjadi dua kelompok,  pertama tentang menciptakan lingkungan atau fisik yang baik, dan kedua tentang aksi nyata untuk produktif. Mari kita mulai.

Pertama, tata ulang dan bersihkan kamarmu. Kamu bisa ubah tata letak barang-barang di kamarmu supaya terlihat  fresh atau berbeda tampilannya. Setelah itu, bersihkan kamarmu, jangan biarkan debu-debu bersarang di wilayah kekuasaanmu.  Hal ini penting! Karena lingkungan akan mempengaruhi diri kamu. Kamar yang tertata, bersih dan wangi akan memberikan energi positif buat kamu.

Masih tentang aktivitas bersih-bersih dan tata-menata. Coba deh bantu orang tua atau asisten rumah tangga kamu untuk menata ulang atau beres-beres rumah.  Rumah yang rapi dan bersih akan memberikan  pengaruh positif. Selain itu, dengan kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik dan bermanfaat bagi orang lain akan mem-boost mood positif kamu.  Dan Kamu jadi merasa lebih berarti karena bisa membantu orang lain. Oke, mulai dari rumah kamu sendiri ya.

Kedua, sempatkan buat olahraga di rumah. 10 menit sampai 15 cukup sepertinya. Ini akan turut menjaga kesehatan dan energi kamu untuk beraktivitas. Kebanyakan ‘mager’ bisa membuat kita menjadi malas melakukan hal-hal lain.  Nah, olahraga rutin yang  kamu lakukan akan membuat tubuh sehat dan pikiran kamu lebih fresh, sehingga siap melakukan banyak aktivitas. “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.”

Ketiga, makan dan istirahat yang cukup. Jangan asal makan atau asal kenyang. Jaga keseimbangan makanan kamu ya. Jangan terlalu banyak gula, lemak, atau karbohidrat  baik yang berasal dari makanan ataupun minuman. itu tidak baik. Apalagi dari yang serba instan.

Istirahat dan tidur  yang cukup. Kurangi begadang untuk hal  kurang produktif, seperti main game atau bersosial media. Tapi saya nge-game karena saya latihan untuk jadi atlet esport!   Oke boleh saja, tapi masak atlet esport akan mengorbankan waktu tidur yang sangat berharga? Proporsional aja ya.  Olahraga rutin, makan dengan nutrisi seimbang dan istirahat yang cukup adalah hal-hal penting untuk  mendukung produktivitas kamu.

Ketiga tips di atas hal-hal penting dalam  membangun lingkungan dan fisik yang sehat. Lingkungan harus bersih dan tertata, olahraga rutin, makan makanan yang bergizi dan seimbang serta istirahat yang cukup adalah modal yang sangat penting buat kamu produktif. Kamu  akan sulit produktif jika lingkungan berantakan, badan kamu kurang gizi, kelelahan karena kurang tidur, sakit dan seterusnya. 

Selain tiga hal di atas, berikut ini ada empat hal penting lain yang berkaitan dengan aksi untuk  bisa produktif. Mari kita bahas.

Keempat, lakukan apa yang kamu sukai. Nah, coba tanya ke diri sendiri apa yang kamu sukai? Suka menggambar, melukis, bernyanyi, buat video, fotografi, menulis atau yang lainnya. Tapi,  kesukaan saya rebahan, bagaimana dong?  Nggak apa-apa, rebahannya sambil menulis, menggambar atau bernyanyi ya. 

Tahu tentang apa yang kamu sukai itu penting. Kenapa? Karena kamu akan bisa mencurahkan energi dan perhatian kamu ke hal tersebut sepenuhnya. Contohnya, orang yang suka menulis akan 'menyisihkan' energi dan waktu untuk menulis. Dia akan menyempatkan diri untuk menulis. Kalau nggak menulis, sepertinya ada yang kurang atau hilang dari hidupnya. Kalau kamu, apa yang jika tidak dilakukan ada yang hilang?

Kelima, mulailah berkarya. Karya yang  nanti kamu hasilkan mungkin tidak bagus, tapi tidak masalah. Hasil karya kamu pasti lebih baik dari waktu ke waktu. Tapi ingat ya, mulai saja dulu. Hasilkan satu karya pertama kamu, yang kedua, ketiga dan seterusnya. Jangan berpikir akan kesempurnaan ya,  karena kesempurnaan hanya miliki Allah. 

Keenam, jaga konsistensi. Memulai sesuatu itu sulit, tetapi yang lebih sulit lagi adalah menjaga kesinambungan atau konsistensi.  Simpel saja, nggak usah banyak berpikir, terus lakukan saja. Maksud tidak banyak berpikir itu, memusingkan hal-hal yang remeh atau kurang penting. bagaimana jika ini dan itu, bisa ini dan itu nggak ya dan sebagainya. Kalau kamu suka menggambar ya sudah, menggambar saja. Kalau ingin hasil lebih baik, ya belajar teknik menggambar. Don’t stop.

Kalau mau konsisten, sediakan waktu khusus. Jadi begini gaes, kalau kamu suka menulis atau menggambar, buat jadwal setiap hari  atau berapa kali dalam seminggu. Misalnya, kamu mau buat jadwal menulis  satu jam setiap sehari, buat jadwal kapan itu dilakukan. Pilih waktu terbaik  di mana kamu bisa konsentrasi dan serius, misalnya jam 5 sore.

Ketujuh, gabung dengan komunitas yang mendukung. Kamu bisa ajak teman untuk saling support atau gabung komunitas positif di media sosial.  Bagi banyak orang ini penting, karena bisa saling berbagi ilmu, motivasi dan kesulitan. Misalnya kamu gabung di komunitas menulis online, nah di situ ada banyak ilmu dan motivasi yang bisa kamu dapatkan. 

Saat ini, internet membuka  kesempatan yang sangat luas untuk dapat berkarya. Mereka dapat belajar banyak hal melalui google ataupun media sosial seperti Youtube. Banyak waktu di kamar selama pandemi dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan sesuatu. Karya berupa tulisan, gambar, video musik dan lain sebagainya. Kamu pasti bisa.

Untuk bisa produktif, jangan lupa menerapkan 7 tips di atas ya. Jangan terlalu banyak rebahan sambil main sosmed atau gim. Tetapi rebahanlah secukupnya dan sambil menulis, menggambar, belajar edit video atau foto dan sebagainya. Inget ya, waktu nggak pernah berjalan mundur. Gunakan dengan baik dan bijak. Be productive people