Anak-anak muda di zaman modern dan serba canggih ini, tidak terlalu pusing untuk melepaskan kejenuhan mereka dalam menunggu saat-saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Generasi millennial atau biasa orang menyebut generasi Z, merupakan anak-anak muda yang terlahir antara umur 1981 sampai 1997 dan menginjak usia berkisar antara 18 sampai 24 untuk generasi sekarangan ini.

Gak heran dong mereka banyak memanfaatkan teknologi yang ada untuk keseruan, jadi seakan-akan waktu gak terasa kalau dah berlalu aja. Kuncinya adalah dengan kita menikmati dan enjoy setiap kegiatan yang kita lakuin.

Apalagi kalau yang kita lakuin itu menghasilkan karya dan uang, wiiih seru gak tuh. Seru banget lah pastinya. Kita gak Cuma di tuntut untuk pintar, tapi juga pintar-pintar untuk mengolah keahlian dan memanfaatkan teknologi yang ada.

Contohnya itu para youtuber yang udah terkenal dan banyak followers-Nya, udah terkenal pendapatannya juga banyak. Itu karena mereka kreatif untuk memunculkan konten-konten baru. So itu baru satu contoh konten creator dari youtuber dengan memanfaatkan aplikasi youtube. Nah langsung aja ke topik pembahasan yaitu 7 tips ngabuburit ala millennial.

Kalau kalian hobi dengan dunia fotografi pas banget buat hunting dan mencari spot photo yang gak kalian dapetin selain bulan Ramadhan. Contohnya pedagang yang ramai-ramai jualan es campur, es doger, es buah, es teler, es oyen dan macam-macam takjil yang di jual.

Kalian bisa ambil photo dengan jenis photography human interest atau biasa menyebutnnya HI, photo HI ini biasanya mengambil fokus kepada seseorang yang tengah menjalakan aktivitasnya dan terpusat ke mimik wajahnya. Dengan hobi kita itu bisa sekaligus kita ngabuburit dan mengahasilkan karya.

kalau ada perlombaan photografi khusus untuk bulan Ramadhan, bisa sekaligus kita lombakan hasil dari karya kita dan kalau juara berati sudah menghasilkan pendapatan. Keren gak tuh? ya pasti keren lah.

Setelah photography kemudian ada videography. Berbeda dengan photography yang hanya menghasilkan photo, videography selain menghasilkan photo juga menghasilkan video yaitu audio dan visual, atau suara dan gambar.

Bagi videographer sebutan untuk orang yang mengambil video, bulan Ramadhan juga moment yang bagus untuk membuat konten-konten menarik selama bulan Ramadhan. Ditambah lagi banyak yang melombakan hasil video yang ber temakan bulan Ramadhan. Lumayan buat nambah konten sekaligus di perlombakan dan juga semakin mengasah skill.

Tips selanjutnya adalah Design Grafis, nah khusus buat tips yang ini kita gak perlu jauh-jauh buat ngerjakannya. Kita bisa buat design dimana aja, tinggal bawak laptop langsung mulai deh mendesign. Kalian bisa gunakan aplikasi Photoshop atau juga Corel Draw.

Biasanya bulan Ramadhan ada banyak lomba membuat poster bertemakan bulan Ramadhan atau banyak juga orang yang memesan design untuk bermacam-macam kegiatan. Lumayankan dari karya juga bisa menghasilkan.

Seandainya kalian belum bisa menggunakan aplikasi corel draw dan photoshop kalian bisa menggunakan aplikasi lainnya, atau bisa juga lihat tutorialnya yang ada di youtube. Ada banyak tutorial dari yang untuk pemula hingga untuk yang sudah professional.

Biasanya jika yang sudah professional, menonton tutorial hanya untuk bahan refrensi mendesign. Karena dalam proses mendesign terkadang kita sedang tidak memiliki ide atau mood kurang bagus, maka perlu di bantu dengan refrensi karya orang lain.

Tips selanutnya adalah bermain Game Online. Banyak jenis yang semakin maju dan berkembang, seperti contohnya Mobile Legends, PUBG, Free Fire, dan lainnya. Game-game tersebut merupakan game yang sedang Booming sekarang ini. Banyak anak-anak muda yang memainkannya, baik bermain sendiri maupun Bersama teman-teman. Karena game ini berbasis online jadi kalian harus siapkan paket internet kalian ya, dan cari tempat yang bagus signalnya.

Selain itu juga banyak perlombaan-perlombaan yang mengadakan lomba bermain game tersebut, dan pesertanya di jamin rame. Sekali main aja bisa 4 sampai 5 orang per tim di kali 2 dengan tim lawan. Sebelum ikut lomba tentunya harus sering latihan Bersama teman-teman untuk mengasah skill.

Selanjutnya adalah berjualan takjil. Khusus tips yang ini kita sekaligus belajar untuk menjadi wirausaha yang cerdas, memanfatkan waktu Ramadhan untuk meraup keuntungan dari penghasilan berjualan. Banyak millennial sekarang yang tidak malu untuk berjualan di pinggir-pinggir jalan, selama pekerjaan itu halal dan tidak merugikan orang lain tidak ada salahnya jika dicoba.

Tips yang terakhir adalah membuat kue lebaran. Nah bagi kalian yang suka memasak kue lebaran tips ini sangat cocok untuk baca. Kalian bisa membuatnya dengan orang tua ataupun dengan sanak saudara. 

Apalagi jika bisa kita jual kepada orang-orang, tentunya selain hobi kita juga bisa menghasilkan pendapatan. Hari lebaran tentunya semua orang banyak berburu kue, jika kita bisa memanfatkan moment Ramadhan ini dengan baik akan ada banyak kebaikan bagi kita dan orang lain.