Setiap orang pasti pernah merasa kurang percaya diri, insecure, atau minder ketika melihat kelebihan yang dimiliki oleh orang lain. Tidak jarang kita juga berpikir, kenapa ya aku tidak terlahir seperti mereka, memiliki wajah yang rupawan, memiliki bakat hebat, dikelilingi oleh orang-orang baik dan sebagainya.

Semua yang kita lihat hanya tentang kelebihan orang lain, hanya tentang prestasi yang terlihat secara nyata oleh mata kita tanpa tahu ada banyak kekurangan yang mungkin tidak pernah kita lihat. Padahal kita tahu tidak ada manusia yang sempurna, setiap orang pasti terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Saat kita terlalu fokus pada kelebihan orang lain, kita akan cenderung melupakan kelebihan yang kita miliki dan terus mengeluhkan kekurangan yang ada. Padahal hal paling bijak yang dapat kita lakukan adalah terus berusaha untuk memperbaiki diri untuk menjadi best version of yourself.

Istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan proses memperbaiki diri oleh orang-orang zaman sekarang adalah glow up. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan agar kita bisa glow up dan menjadi versi terbaik dari diri sendiri.

1. Olahraga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Olahraga dapat membuat tubuh kita sehat, mencegah stres, dan dapat meningkatkan kepercayaan diri. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat, kita dapat memulai dengan hal kecil seperti lari pagi setiap bangun tidur.

2. Memperbanyak membaca buku

Glow up bukan hanya tentang masalah fisik, tetapi juga tentang value diri. Untuk menjadi versi terbaik dari diri kita, kita perlu memiliki wawasan yang luas. Memang untuk zaman sekarang ilmu tidak hanya bisa didapat dari buku, tetapi membaca buku merupakan hal positif yang wajib masuk dalam list untuk memperbaiki diri.

3. Memperhatikan asupan makanan

Ada istilah yang menyatakan bahwa makanan yang kita makan adalah cerminan dari diri kita. Untuk bisa glow up, kita harus mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan cepat saji yang membawa dampak negatif bagi kesehatan. 

Jika sudah terbiasa dengan makanan cepat saji, kita bisa memulai dengan langkah kecil seperti memperbanyak konsumsi sayur dan buah.  Tidak perlu langsung merombak semua kebiasaan makan sehari-hari. Hal tersebut justru dapat membuat kita stres karena tidak nyaman dengan kebiasaan baru. Pelan-pelan saja, kuncinya adalah sabar dan konsisten.

4. Tetap terhidrasi

Segala sesuatu yang berlebihan dapat menimbulkan dampak yang negatif bagi diri kita, termasuk dalam hal meminum air. Konsumsi air putih yang dianjurkan adalah delapan gelas per hari untuk orang dewasa. Penuhi kebutuhan air tersebut agar tetap terhidrasi dan hindari minum minuman yang mengandung pemanis buatan, soda, alkohol, dan lain sebagainya.

5. Menghargai diri sendiri

Cenderung mudah bagi kita untuk menghargai orang lain, tetapi kita sulit untuk menghargai apa yang ada pada diri kita. Untuk menjadi best version of yourself, kita perlu menerima segala kekurangan yang ada pada diri kita. Kita perlu menyadari bahwa sekeras apapun kita berusaha untuk menjadi yang terbaik, akan tetap mustahil untuk menjadi sempurna tanpa celah.

Kita perlu menghargai setiap usaha yang telah kita lakukan dengan sepenuh hati. Tidak masalah jika kita gagal melakukan sesuatu, atau hasil yang kita dapatkan tidak sesuai dengan ekspektasi. Kita harus tetap berterima kasih kepada diri sendiri karena telah mampu melewati hari dengan baik.

6. Biasakan untuk selalu percaya diri

Percaya diri yang terlalu berlebihan memang tidak baik, tetapi kalau selalu merasa tidak percaya diri itu malah lebih buruk. Konon ada yang mengatakan bahwa kepercayaan diri seseorang mempengaruhi aura yang dipancarkan.

Untuk dapat berhasil glow up tentu kita perlu melatih untuk percaya diri. Jika biasanya kita selalu ragu dan takut untuk mengambil keputusan atau menunjukkan bakat, mulai sekarang kita harus percaya diri untuk menunjukkan bakat yang kita miliki dan berani untuk mengambil keputusan serta keluar dari zona nyaman.

7. Selalu bersyukur

Semua usaha di atas akan sia-sia saja dilakukan jika kita lupa untuk selalu bersyukur. Tuhan menciptakan manusia dalam bentuk terbaik dan paling sempurna. 

Tidak ada alasan untuk kita tidak bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan. Sesekali tidak masalah bagi kita untuk mengeluh, tetapi jangan lupa untuk tetap mensyukuri hal-hal kecil yang telah Tuhan berikan kepada kita. 

Glow up bukan hanya tentang masalah mengubah fisik menjadi lebih baik, tetapi juga mengubah pola pikir agar kita dapat memandang sesuatu dari sisi positif dan tergerak untuk selalu berbuat baik kepada orang lain. Kunci dari glow up adalah sabar, telaten, dan konsisten.

Masih banyak hal-hal lain yang dapat membuat kita menjadi versi terbaik dari diri sendiri, tetapi kita dapat memulainya dengan hal-hal kecil seperti melakukan tips-tips di atas. Selama kita melakukannya dengan maksud dan tujuan yang baik, pasti kita akan mudah dan senang dalam menjalaninya. Jadi untuk kamu yang ingin glow up, tetap semangat dan jangan menyerah!