Pada masa pandemik seperti saat ini, bisnis online menjadi bisnis yang mulai banyak dilirik banyak orang. Bagi kaum ibu, alias emak-emak, bisnis online bisa menjadi solusi untuk mewujudkan impian ibu-ibu yaitu “Duduk-duduk berfaedah” Bagaimana tidak, bisnis online bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, cukup bermodalkan HP, kuota dan barang-barang yang akan dijualkan maka emak-emak bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Bisnis online dianggap mudah dan murah tanpa terikat jam kerja dan deadline.

Tapi ternyata penjualan bisnis online tidak semata hanya memasarkan produk melalui e-commerce atau sosial media, lalu kita bisa santai sambil menunggu datangnya konsumen. Berkembangnya bisnis online menjadikan pelakunya harus lebih bisa ikut bersaing dan memasarkan produk-produknya dengan cara yang kreatif namun terjangkau untuk tetap bisa eksis di dunia bisnis digital. Bagi sebagian emak-emak memantau, merancang dan fokus dalam proses pemasaran bisnis online adalah hal yang cukup sulit, mengingat banyaknya perkerjaan lain yang harus tetap dikerjakan oleh ibu-ibu sambil menjalankan bisnis online.

Berikut ini ada beberapa langkah-langkah sederhana yang mungkin bisa diterapkan bagi para pemula dalam dunia bisnis online, ataupun bagi emak-emak yang biasanya cenderung gagap teknologi jika harus berkaitan dengan dunia teknologi informasi. Cara-cara berikut ini terbilang gampang diterapkan dan efektif tanpa harus menjebol dana pemasaran terlalu dalam.

  1. Melakukan promosi yang efektif

Yang dimaksud dengan promosi efektif adalah promosi yang tidak memakan biaya cukup besar tetapi bisa meningkatkan angka penjualan secara signifikan. Caranya adalah membuat konsumen tertarik dengan produk-produk yang kita tawarkan, melalui sering mengadakan give away atau promo diskon.

Cara lainnya adalah bekerja sama dengan artis atau selebgram yang memiliki fanbase yang kuat, artinya para artis itu tidaklah harus artis terkenal dan popular tetapi artis/selebgram tersebut memiliki fans yang setia dan solid mereka cenderung mengikuti produk-produk yang dipromosikan oleh para artis/selebgram tersebut.

  1. Membangun networking atau bergabung dalam komunitas pelaku bisnis.

Dalam dunia bisnis online, membangun jaringan adalah sebuah keharusan. Ada banyak hal positif yang kita dapatkan apabila kita memiliki jaringan bisnis online yang cukup kuat. Yang pertama adalah, kita sering mendapat promosi gratis, biasanya pebisnis online  akan menyebutkan produk yang dekat dengan mereka secara tidak langsung para followernya akan mengikuti dan mencari tahu kualitas produk anda.

Yang kedua, ketika kita mengalami kendala produksi biasanya kita bisa ‘meminjam’ produk-produk milik jaringan kita yang sesuai atau meminta bantuan supply bahan baku yang mungkin masih mereka miliki. Selanjutnya, dengan adanya networking kita bisa mengetahui informasi terbaru yang mungkin akan berguna bagi perkembangan toko online kita.

  1. Memberikan layanan bebas ongkir.

Pada umumnya konsumen produk-produk toko online adalah mereka yang tinggal jauh dan mengetahui kualitas produk suatu barang namun sulit untuk mencapai produknya secara langsung.

Seringkali mahalnya ongkos kirim menjadi pertimbangan tersendiri untuk membeli produk kita. Oleh karenanya bekerja  sama dengan beberapa perusahan kurir atau bergabung di market place menjadi solusi yang patut kita pertimbangkan.

  1. Membuat viral marketing.

Ketika ‘Odading Mang Oleh’ viral di media sosial, banyak masyarakat yang penasaran dengan makanan yang sebenarnya rasanya sama saja dengan odading lainnya. Mang Oleh bukanlah seorang selebgram, bahkan bisa dibilang iklannya sama sekali tidak beraturan. Namun karena direpost oleh banyak orang akhirnya kue odading Mang Oleh menjadi tren di masyarakat karena penyampaiannya yang lucu.  

Kita bisa mengambil pelajaran dari peristiwa ini. Bahwa timing dan platform yang tepat bisa menjadi sarana promosi yang sangat menjanjikan. Oleh sebab itu, jeli lah melihat peluang untuk mendapatkan media promosi yang efektif.

  1. Meningkatkan pelayanan.

Apabila konsumen puas dengan pelayanan dari toko kita bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan setia yang senantiasa mempromosikan produk-produk kita melalui testimoni yang brilian.

Tak jarang konsumen tetap menjadi reseller suatu produk karena tahu kualitas barang produk tersebut dan karena pelayanan penjualnya yang memuaskan. Oleh karena itu tekankan kepada karyawan anda untuk selalu melayani pembeli dengan cara yang sopan dan baik hal ini akan menjadi investasi jangka panjang yang tak ternilai.

  1. Rajin bersedekah

Tips terkahir namun yang paling penting adalah rajin bersedekah, kelihatannya memang tips ini sederhana dan tak masuk akal, tetapi banyak hal luar biasa terjadi kepada orang yang senang berbagi. Carilah cara bersedekah yang kreatif, misalnya ketika kita berjualan mukena sumbangkanlah mukena kita ke masjid-mesjid di tempat perlintasan secara tak sengaja pasti kita mendapat konsumen dari kegiatan ini. Ingatlah bahwa tentara langit yang sedang berdo’a untuk kita pasti akan menolong semua usaha dan niat baik kita

Demikianlah beberapa tips meningkatkan penjualan yang mungkin bisa efektif bagi para pemula di dunia bisnis online. Ingatlah bahwa tips-tips di atas hanyalah permulaan saja, kemampuan membaca pasar, meningkatkan kualitas produksi dan penjualan, dan promosi yang tepat akan menjadi pelajaran lanjutan kita berbisnis online. Tetaplah semangat dan berfikir positif dalam menekuni usaha kita ini, semoga kesuksesan dan keberkahan menyertai kita selalu.