Kontes kucing merupakan salah satu cara yang selalu dinantikan oleh para pencinta dan juga penyuka kucing. Biasanya kontes ini diikuti oleh para peternak kucing yang sudah profesional atau bagi pemula. 

Kontes ini digunakan untuk meningkatkan nilai jual dari kucing tersebut, terutama bagi kucing ras atau pedigree. Hal ini juga bisa digunakan untuk membuktikan eksistensi dari kucing tersebut. Siapa yang menang akan mendapatkan prestise. Oleh sebab itu, banyak yang tertarik untuk mengikuti kontes ini.

Untuk menang, memang diperlukan usaha khusus karena tidak semua peserta bisa menang. Selain itu, yang namanya kompetisi pasti ada yang menang dan kalah.

Agar menang, tentunya Anda harus tahu tips dan juga triknya. Yang harus Anda yakini adalah usaha tidak akan mengkhianati hasil sehingga berusahalah secara maksimal, sedangkan untuk hasil itu masalah belakangan; yang terpenting adalah Anda sudah berusaha secara maksimal. 

Ada beberapa tips jitu yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan perawatan sebelum kontes kucing seperti berikut ini:

Ketahui Terlebih Dahulu Kriteria Penilaian Kontes

Sebelum Anda mengikuti kontes kucing, ada baiknya jika Anda mengetahui kriteria penilaian yang diberlakukan oleh juri lomba. Dengan mengetahui kriteria ini, Anda bisa mengetahui poin apa saja yang dinilai saat kontes tersebut. 

Jika bobot penilaian lebih ke kecantikan atau grooming, maka Anda wajib memperhatikan aksesoris yang digunakan, kecantikan bulu, kesehatan, dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan jika penilaian ke arah ketangkasan, maka Anda harus melatih kucing dengan berbagai macam latihan yang bisa membuat ketangkasannya meningkat.

Pakai ilmu cermat, dengan mencermati kriteria penilaian kontes kucing sebelumnya maka Anda selangkah lebih depan dari perserta-perserta kontes lainnya.

Periksa Kondisi Kesehatan Kucing Anda Terlebih Dahulu

periksa kondisi kesehatan kucing

Untuk memenangkan kontes, Anda harus memeriksa kondisi kesehatan kucing. Pastikan kucing Anda mendapatkan vaksinasi lengkap dan tidak boleh ada parasit. 

Sebelum Anda mengikuti kontes, ada baiknya jika Anda memeriksakan kesehatan kucing Anda ke dokter hewan. Selain itu, hindari terlalu agresif dalam mengikuti cat show karena berbahaya bagi kesehatan kucing tersebut.

Pastikan kucing kesayangan Anda sehat dan bebas dari kata stres. Sebab kucing yang kondisinya buruk atau mengalami stres tidak akan maksimal dalam mengikuti kontes.

Menjaga Kebersihan dan Kerapian Kucing Anda

kebersihan dan kerapihan kucing

Sebelum mengikuti kontes kucing, ada baiknya jika Anda memandikan kucing tersebut. Kuku juga perlu dipotong, rambut perlu dirapikan, telinga juga perlu dibersihkan, dan masih banyak lagi lainnya. 

Jika Anda terlalu sibuk untuk memandikan kucing kesayangan Anda dan ingin praktis, maka pergi saja ke salon hewan terdekat dari rumah Anda. Kebersihan ini sangat penting loh saat digunakan saat kontes kucing.

Sudah dapat dipastikan para juri pasti melihat juga kebersihan dan kerapihan kucing kesayangan Anda. Jadi pastikan kucing kesayangan masuk salon hewan terlebih dahulu.

Menyiapkan Perlengkapan untuk Kucing Anda dengan Baik

perlengkapan kucing

Perlengkapan untuk kontes kucing ini perlu Anda siapkan dengan baik, seperti membawa tempat minum, tempat makan, tisu, kapas, peralatan grooming seperti brush, nail clipper.

Anda juga harus membawa litter box dan juga pasir. Peralatan yang digunakan oleh kucing ini harus di cuci dengan desinfektan terlebih dahulu agar tidak mencemari tempat kontes.

Ayo check terlebih dahulu perlengkapan yang harus dibawa ketika mengikuti cat show atau kontes. Jangan sampai perlengkapan kucing kesayangan Anda tertinggal dirumah.

Yakinlah Kucing Kesayangan Anda Pasti Memenangi Kontes

pemenang kontes kucing

Bersikap yakin memang patut ada pada diri seorang. Jika Anda menyakini kucing kesayangan Anda yang yang selama ini anda rawat, lucu dan mengemaskan tersebut layak menjadi pemenang kontes, maka alam sekitar Anda akan mendukung Anda.

Apalagi jika Anda menerapkan ke empat tips sebelumnya di atas, tentunya rasa percaya diri Anda akan semakin tinggi dan tanamkan di dalam hati dan pikiran Anda bahwasanya yang akan memenangi kontes kucing tersebut adalah kucing kesayangan Anda.

Sekali lagi, yakinlah bahwasanya hewan kesayangan Anda akan memenangkan kontes dengan nilai yang maksimal.

Demikian tips jitu persiapan sebelum mengikuti kontes hewan peliharaan kucing agar menang. Tips yang sederhana memang, akan tetapi sangat penting untuk Anda ketahui. 

Jadi gimana? setelah membaca tips di atas, tentunya Anda akan makin percaya diri dalam mempersiapkan kucing Anda untuk mengikuti kontes, bukan? Tunggu apa lagi, cari dan temukan event kontes kucing atau kontes-kontes kucing yang ada dan terapkan 5 tips jitu di atas, ya.

Eh iya, hampir lupa, usut punya usut, ternyata kontes kucing bisa berupa video juga loh. Rekam aktivitas kucing kesayangan Anda dan upload video terbaik kucing kesayangan Anda dan raih hadiah berupa gadget ternama.

Pantengin aja situs-situs Pet House yang ada di Indonesia. Biasanya mereka selalu mengadakan event-event hewan peliharaan.