Setiap orang membutuhkan teman untuk berinteraksi. Entah itu orang tua, saudara, teman, atau siapa saja. Di dunia ini kita tidak bisa hidup sendiri. Tidak bisa hidup tanpa orang lain.

Lalu bagaimana jika kita di rumah sendirian? Misalnya seharian kalian ditinggal orang tua kalian dan kalian harus di rumah tanpa teman. Bosan, atau Gabut istilah kekinianya. Rasa seperti itu pasti akan mampir ke diri kalian.

Gak bisa dipungkiri, setiap moment kita sendiri pasti terasa bingung mau ngapain. 

Nah ada beberapa kiat untuk menghindari  kegabutan dikala sendirian di rumah.

1. Kalian bisa make over kamar tidur kalian.

Make over kamar bisa kalian mulai dari membersihkan ruangan, meja kalian, tempat tidur hingga merubah posisi barang-barang yang ada di kamar kalian. 

Menambah dekorasi agar lebih menarik atau bahkan mengganti cat kamar kalian. Dan jangan lupa menambahkan pengharum ruangan kesukaan kalian agar suasana dan aroma ruangan makin segar.

Selain kegiatan ini bisa menjadi obat untuk kebosanan atau kegabutan kalian saat sendiri dan tidak ada yang bisa diajak berinteraksi di rumah, make over kamar tidur bisa merubah dan menciptakan susana baru mood kalian. 

Ruangan yang segar, bersih dan nyaman bisa membuat kalian betah berlama-lama dalam kamar.

2. Manfaatkan waktu sendiri kalian untuk bermain musik.

Ekspresikan perasaan kalian lewat nyanyian yang kalian barengi dengan musik yang kalian mainkan seperti gitar misalnya. Lewat musik kalian bisa menyuarakan isi hati kalian dan bahkan bisa membuat keruwetan otak kalian menjadi pudar.

Kebetulan saya suka musik, biarpun ga bisa memainkan dengan bagus tapi saya sering genjrang-genjreng memainkan gitar ketika muncul rasa-rasa yang bikin ga mood saat sendiri. 

Terkadang musik itu buat saya adalah sesuatu yang bisa mewakili perasaan kita untuk mengapresiasikan sesuatu yang terpendam. 

Nah lewat musik kalian bisa menyuarakan isi hati kalian dan bahkan bisa membuat kalian fresh. Bermain musik bisa menghibur diri kita dan lupa akan kesendirian kita.

3. Pergilah ke dapur dan memasak.

Kegiatan ini gak banyak digemari orang dengan berbagai alasan yang mereka punya. Tapi tidak ada salahnya kalian mencoba ketika kalian merasa gabut.

Dan jika kalian gemar memasak maka tunjukan bakat masak kalian disituasi seperti ini. Tak ada salahnya memasak untuk diri sendiri.

Kalau saya menonton konten masakan yang ada di medsos. Jadi suka penasaran atau kepo dan akhirnya mencoba membuatnya sambil mengikuti step by step yang ada di konten itu. Nah kalau berhasil rasanya seneng luar biasa. 

Pernah saat itu ngerasa gabut terus mencoba scroll-scroll YouTube dan  nemu resep donat kentang. Nah terus muncul hasrat untuk mencoba. Ini pengalaman pertama membuat donat dalam hidup saya hehe,, 

Lha ga disangka-sangka hasilnya bagus banget, lembut dan enak. Terus saya PD alias percaya diri dong, donatnya saya bagi ke tetangga dan sodara. Betapa senangnya saya karena mendapat testimony yang bagus. Ada yang bilang rasanya komersil banget. 

Lalu apa? Ternyata keisengan saya bisa mendatangkan rezeki karena setelahnya saya kebanjiran orderan. Ternyata donat itu layak untuk dijual.

Kita akan merasa puas jika kita berhasil melakukan experiment seperti donat saya tadi. Rasa bosan atau kegabutan kalian auto sirna karena kesibukan kalian menciptakan kreasi makanan yang lezat.

4. Bermain game.

Kalian sudah tahu kan kalau saat ini beberapa game masuk ke ajang ekshibisi eSports PON XX di Papua. Dan game yang di pertandingakan adalah game yang biasa kalian mainkan seperti,Mobile Legend, eFootball PES 2021 dan Free Fire. 

Nah mainkan game-game ini, karena selain bisa mengusir kebosanan, kejenuhan atau kegabutan kalian, bermain game ini bisa untuk mengasah skill kalian dalam menyusun strategi atau rencana untuk mengambil langkah dalam memutuskan sesuatu.

Dan siapa tau kalian bisa ikut turnamen atau masuk ke ajang PON berikutnya.

Cobalah mendamaikan mood kalian dengan Game favorite kalian. Kalian juga bisa open mic saat bermain dan ngobrol dengan teman main kalian, sehingga kalian akan merasa berkumpul dengan teman-teman kalian. 

Di sini kalian juga bisa menemukan teman baru dari berbagai daerah atau bahkan negara lain. Kalian bakalan punya teman di dunia maya yang sefrekuensi, yakni hobby main game. Kegabutan kalian akan tertutup dengan skill kalian memainkan game kesukaan kalian.

5. Merapikan dan membersihkan taman atau tanaman hias di rumah.

Memamg pekerjaan satu ini agak menyebalkan bagi sebagian orang. Tapi daripada kalian menderita kegabutan hakiki lebih baik mencoba hal satu ini. Selain taman bunga kalian di rumah rapi, badan kalian pun akan terasa bugar.

Jika kalian melakukan di pagi hari, kalian akan mendapatkan tambahan vitamin D alami dari sinar matahari. Tapi inget sinar matahari yang bagus ada sebelum jam 11 siang yaa. 

Karena saat sinar matahari sudah meninggi dan panas kalian hanya akan mendapat kulit kalian terbakar karena paparan sinar mataharidan iritasi jika kulit kalian tergolong kulit sensitif. Selain mendapat asupan vitamin D alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh kalian. 

Percayalah bersih-bersih dan menata ulang taman bisa membakar kalori kalian.

 Bagaimana ini bisa terjadi? Bisa saja. Karena kalian melakukan gerakan-gerakan seperti olah raga kecil. Misalnya saat kalian mengangkat dan memindahkan pot tanaman ketempat lain. Pergerakan badan kesana kemari seperti berjalan, bisa membakar kalori kalian juga.

Nah menarik bukan? Lebih baik menangkal kebosanan sebelum menjadi kegabutan yang hakiki dengan mencoba beraktifitas dan menikmati setiap apa yang kita lakukan dari pada wasting time hanya bengong, melamun seorang diri dan meratapi nasib.

Gunakan kesendirian kalian untuk melakukan kegiatan bermanfaat yang bisa menghibur kalian.