Instagram memang tempat menarik bagi kita untuk cuci mata. Selain sebagai tempat untuk melihat foto maupun story teman, kita juga bisa berbelanja di online shop Instagram. Akun online shop di Instagram semakin memberikan banyak pilihan dalam berbelanja secara daring, terlebih di masa pandemi sekarang ini.

Salah satu daya tarik dari suatu online shop di Instagram adalah foto pada feed-nya yang bagus sehingga menarik pembeli untuk melakukan transaksi. Beberapa pengguna instagram cukup bijak sebelum melakukan transaksi dengan mengecek apakah akun online shop tersebut terpercaya atau tidak.

Namun, tidak sedikit juga yang akhirnya menjadi korban penipuan online shop di Instagram. Penipuan kerap terjadi karena pembeli terburu-buru membeli. Foto-foto produk yang sangat menarik membuat pembeli tergiur sehingga dengan cepat melakukan pembelian.

Baru-baru ini ketika saya scrolling instastory teman instagram saya, dia mengunggah tentang penipuan yang baru saja dialaminya. Dia menceritakan bagaimana proses hingga akhirnya kena tipu toko sepatu, dan sekarang akun teman saya di blokir oleh si penjual sehingga ia tidak bisa lagi mengakses akun tersebut untuk meminta ganti rugi.

Karena penasaran, saya pun akhirnya membuka akun penjual yang disebutkan pada story teman saya. Terheran saya melihatnya, dalam hati saya bergumam pantas saja teman saya kena tipu, akun ini fotonya meyakinkan sekali!

Tapi beberapa cara di bawah bisa digunakan untuk menjadi langkah preventif agar kita tidak menjadi korban penipuan online shop di Instagram.

  1. Cek kolom komentar dalam beberapa postingan

Pada profil toko sepatu yang saya ceritakan tadi, ketika saya membuka kolom komentar ternyata penjual mematikan kolom komentar tersebut. Saya pikir hanya pada beberapa postingan baru, mungkin karena terlalu ramai pembeli bisa jadi penjual memilih menonaktifkannya.

Namun ternyata tidak, sejak unggahan awal-pun penjual memang mematikan kolom komentar. Hal ini patut menjadi pertanyaan bukan? Sebab pada online shop terpercaya, kolom komentar biasanya akan ramai dengan komentar dari para calon pembeli yang menanyakan berbagai macam hal tentang produk.

Tidak hanya pembeli yang akan aktif dalam kolom komentar tersebut, pihak online shop sendiri akan turut aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan customer. Namun, apabila tidak ada kegiatan dalam kolom komentar atau bahkan pihak online shop mematikan kolom komentar maka kita patut curiga.

  1. Perhatikan laman tandai (tag) dalam profil instagram online shop

Instagram memiliki fitur tandai di dalamnya, dimana kita bisa melihat foto dari pengguna Instagram lain yang menandai akun kita. Jika suatu toko daring merupakan toko yang terpercaya, maka kita bisa melihat banyak pengguna Instagram lain menandai akun toko tersebut di fotonya.

Mengapa? karena biasanya yang menandai akun online shop merupakan pembeli yang sedang menggunakan produk toko itu. Bahkan pada beberapa foto juga memuat ulasan dan testimoni tentang produk yang dibeli, sehingga kita juga bisa mendapatkan info tentang kualitas produk yang diinginkan.

  1. Cari tahu apakah foto yang ada merupakan foto yang orisinal

Foto merupakan hal yang paling penting bagi online shop di Instagram, oleh karena itu pihak online shop akan berlomba-lomba membuat foto produknya sebaik mungkin. Salah satu ciri online shop terpercaya yaitu memiliki foto yang orisinal sehingga tidak akan sama dengan toko lain.

Bahkan beberapa toko memberikan watermark pada hasil foto produk mereka. Namun, cukup sulit mengidentifikasi apakah foto yang ada merupakan foto orisinal dari suatu toko daring atau bukan.

Hal ini dikarenakan beberapa toko merupakan reseller ataupun dropshipper sehingga fotonya tentu akan sama dengan toko pusat. Jika kamu menemukan foto yang sama dengan toko lain pada suatu online shop, maka kamu wajib perhatikan juga poin-poin lain dalam artikel ini.

  1. Cek profil online shop merupakan akun bisnis atau bukan

Pada online shop terpercaya biasanya akan mengatur profil akun mereka menjadi akun bisnis. Jika suatu toko memiliki profil bisnis di instagram mereka maka akan tertera secara jelas informasi suatu akun pada bagian profil mulai dari email, tautan pemesanan, website, hingga alamat toko.

Dengan kelengkapan informasi ini pembeli bisa mengecek kebenaran informasinya melalui laman google, sehingga diharapkan dapat meminimalisir terjadinya penipuan.

  1. Cari akun online shop dalam e-commerce

Sebelum saya mengenal e-commerse berlogo orange atau hijau seperti sekarang, saya pernah tertipu ketika berbelanja online. Saat itu saya asal memilih toko berdasarkan hasil pencarian. Alhasil karena tidak berhati-hati, setelah saya melakukan pembayaran, barang tidak dikirimkan alias saya kena tipu.

Namun sekarang, sudah banyak e-commerce bermunculan sehingga membantu mencegah hal tersebut, mengapa? Karena dalam e-commerce pembayaran dilakukan secara terpusat pada rekening e-commerce, bukan ke rekening online shop secara langsung.

Hal ini dianggap dapat mengurangi penipuan karena pembayaran dilakukan melalui pihak ketiga yaitu pihak e-commerce. Dalam e-commerce, penjual akan mengirimkan barangnya setelah pembeli melakukan pembayaran ke rekening bersama.

Jika nanti barang sudah diterima oleh pembeli, penjual baru bisa menerima uang dari e-commerce. Sistem ini dinilai cukup melindungi pembeli dari kemungkinan adanya penipuan oleh online shop.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli barang di online shop instagram, pastikan cek dulu apakah toko tersebut terdaftar dalam e-commerce atau tidak ya.

Berbelanja daring tentu sangat menyenangkan karena menawarkan kemudahan dalam berbelanja dan juga menyajikan produk-produk bagus melalui foto yang menarik. Tetapi, perlu tetap berhati-hati karena tidak semua akun online shop di instagram dapat dipercaya ya.

Dengan menerapkan lima kiat diatas sebelum kamu berbelanja online, semoga membantumu agar terhindar dari penipuan oleh online shop di instagram.