Ide menulis tips kencan daring atau online dating ini saya dapatkan dari cerita beberapa teman yang sudah duluan njegur di dalamnya. Ada teman yang memiliki kekurangan fisik, yaitu memiliki kulit berwarna gelap. Aneh tapi nyata di negeri ini warna kulit gelap bisa masuk dalam kategori kekurangan fisik loh! Teman ini mengharapkan, bila partnernya di online dating mengenalnya lebih dalam, kekurangan fisiknya (baca : kulit gelap) dapat diabaikan.

Ada pula teman yang bekerja lama diluar negeri sehingga kehilangan banyak kontak dengan teman-teman lama. Mencari jodoh offline tentu butuh waktu dan usaha yang besar karena ia belum memiliki komunitas baru disini. Teman lain berpisah dari suaminya, dan setelah beberapa tahun hidup sendiri, ia memutuskan untuk mulai menjalin relasi. Tentu bukan mudah juga menjalin relasi dengan status dan usia kepala lima.

Apapun alasan, tujuan, dan motivasi seseorang njegur ke online dating sah-sah saja. “Gue mau nyari cowok yang nambang bitcoin, bukan nandur salak pondoh”. Ya monggo. “Gue mau dapat paus, salmon, kakap, tenggiri, ikan lele”. Ya sana ambil sepedanya.

Sebagai orang yang bergaul cukup karib dengan para peselancar situs online dating, bahkan memiliki saudara sebagai admin salah satu situs online dating terkenal, saya mencoba memberi tips serampangan buat klean. Judulnya Do’s and Don’t’s berselancar di online dating dengan gembira dan jauh dari marabahaya. Let’s go!

1.      Cari Tau yang Kamu Mau

Kalau kamu mau penjajakan yang santuy, ga dikejar setoran, mau berteman alon alon waton kelakon, kamu bisa memilih situs pertemanan macam penpal-penpal gituh. Salah satunya ada interpals, aplikasi lain adalah yang sudah biasa kita kenal macam facebook, instagram, line, dan lain-lain. Di aplikasi interpals misalnya, kamu bisa memilih negara, jenis kelamin, ataupun usia teman yang sesuai kriteriamu. Aplikasi-aplikasi model begini cocok untuk kamu yang old-fashioned, mau berteman santuy, memulai relasi dengan menjadi teman ngobrol, less expectation, ga mau di sosor-sosor apalagi buru-buru diseret ke KUA.

Sebaliknya, kalau kamu dikejar umur, sudah lelah menjomblo, bolak balik putus nyambung kayak listrik PLN, males berpanjang-panjang kata, aplikasi-aplikasi seriyes macam Tinder, OKCupid, Setipe, Tantan, Match itu cocok buat kamu. Atau sila gunakan DateMyAge, aplikasi kencan Tante atau Om-om yang anggotanya berusia minimal 40 tahun, kurang seriyes apa coba?

2.      Miliki Konsep dan Citra Diri yang Sehat

Di dalam konsep diri yang sehat terdapat pertemanan yang sehat. Bukan Cuma dalam hal jodoh, dalam relasi pertemanan, bisnis, dan lain lain, berlaku hukum LoA. Pikiran bawah sadar menarik apa yang kita pikirkan dan rasakan dengan intens. Seorang wanita yang sangat membenci sosok Ayahnya yang temperamen dan bersumpah untuk menemukan laki-laki yang tidak seperti Ayahnya malah mendapatkan laki-laki temperamen seperti Ayahnya.

Jadi, masukilah arena perjodohan ini dengan sikap, konsep diri, dan citra diri yang sehat dan positif. Orang-orang yang alim tapi matre, ganteng tapi brengsek, berondong minta diemong,  pasti ada dimanapun. Bila kamu memiliki konsep diri yang positif, spesies-spesies model gitu tinggal dihempaskan saja.

3.      Jujurlah dan Jadi Diri Sendiri

Pakai aplikasi FaceApp sah-sah saja, tapi yang kira-kira juga keles. Jangan memoles wajah seakan kamu makhluk dari planet lain, walau jangan juga tampil dengan sangat ‘apa adanya’. Intinya jangan ada dusta di antara kita.

Bayangkan betapa kecewanya teman kencanmu saat ngarep rendang dapatnya lengkuas! Begitu kira-kira analoginya bila kamu menggunakan FaceApp dengan semena-mena.

4.      Bersikaplah Realistis

Ingat, dakor itu adalah drama. Jadi kisah-kisah bucin, romantis ala-ala itu mostly adanya di drama. Jadi ingat untuk tetap menjejak di bumi, jangan mengawang-awang untuk meminimalisir di PHP, ghosting, kena rayuan gombal, atau kena jebakan betmen. Ingat-ingat kalau upik abu itu dikejar pangeran setelah dia jadi Cinderella!

Dan satu lagi, kalau kamu wanita berparas cantik, carilah laki-laki yang berparas lumayan, biar ga jomplang. Kalau kamu ditolak misalnya, lebih nyesek mana ditolak orang cakep atau sebaliknya?

Sikap realitis juga sangat membantu kamu tetap waspada bila ada teman kencan dari negeri wakanda yang perfecto dilihat dari segala sisi. Too good to be true! Sinyal di kepala kamu langung siaga satu.

5.      Sadarilah : Takkan Lari Gunung Dikejar

Walau status kamu berondong senja dan udah dikejar jam tayang, jalani relasi kalian dengan santai dan bahagia. Jangan ngejar-ngejar pasangan kamu untuk segera naik pelaminan. Ambil waktu lebih lama untuk bersama, mengenal dia, teman-teman, dan komunitasnya, thus berkenalan dengan keluarganya. Kalau jodoh ga lari kemana, kalian akan memasuki relasi yang bakal jadi seumur hidup loh!

Gitu aja gaes, semoga bermanfaat dan berhasil dalam perselancaran online datingmu!