Pernah merasakan sulit fokus karena terdistraksi oleh pikiran sendiri? Pikiran seakan dihantui oleh tugas yang belum tuntas, terpikir terus menerus cerita dari seseorang yang belum selesai tersampaikan, atau merasa penasaran dengan lanjutan kisah drama Korea yang sedang ditonton dan belum tamat?

Di dalam NLP atau Neuro Linguistic Programming, kondisi ini disebut dengan istilah Open Loop atau terbukanya lingkaran mental. Bagi Anda yang kurang familiar dengan istilah ini, dapat juga mencari tahu istilah lainnya di Psikologi, yakni Zeigarnik Effect. Sebuah fenomena keadaan pikiran saat menerima informasi yang belum tuntas.

Esensi dari efek ini adalah ketidaklengkapan. Saat sesuatu tidak lengkap, rasanya akan menjadi kurang nyaman. Perhatian pun akan tertuju pada ketidaklengkapan ini sampai kemudian bisa menemukan penyelesaian atau hal yang bisa melengkapinya. Saat mengalami efek ini, reaksi yang mungkin muncul adalah rasa ingin tahu, penasaran, bingung, atau rasa ketidakpastian.

 Zeigarnik Effect sebagai sebuah fenomena psikologi ternyata bisa kita manfaatkan untuk berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari, yakni :

1. Untuk meningkatkan daya ingat

Efek Zeigarnik mendukung gagasan tentang pentingnya waktu istirahat atau jeda saat belajar atau mengerjakan sebuah project untuk meningkatkan kemampuan dalam menyimpan informasi. Biasanya informasi disimpan dalam memori sensorik, segera setelah kita menerima informasinya. Jika kita memberi perhatian khusus pada informasi tersebut, maka informasi itu mungkin tetap ada dalam memori jangka pendek. Jika secara berkala dengan jeda kita terus aktif menggunakan dan melatihnya, maka informasi ini dapat berkembang ke dalam ingatan jangka panjang.

Ketegangan kognitif karena Efek Zeigarnik memungkinkan kita mengambil informasi dengan mudah tentang tugas yang belum diselesaikan atau pelajaran yang belum selesai dipelajari. Ketegangan ini membantu kita untuk menggunakan lebih banyak energi mental saat kita terus merangkum informasi di pikiran sehingga kita bisa menyimpannya dalam ingatan jangka panjang.

Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan efek ini dengan cara belajar sesuatu itu secara bertahap dengan disertai jeda istirahat di antara tahapannya. Hal ini dapat membantu Anda lebih mungkin mengingat materi pembelajaran Anda saat ujian atau pada saat Anda perlu menggunakan ilmu yang sudah dipelajari.

2. Untuk meningkatkan motivasi

Tetapkan tugas yang belum lengkap sebagai tujuan pribadi. Biarkan ia menempati ruang ruang utama dalam pikiran Anda dan menghabiskan sumber daya mental sehingga dapat mengurangi hal-hal lain yang dikerjakan dalam hidup Anda. Dan karena otak berpikir bahwa tugas yang belum selesai ini penting, maka pikiran akan menolak untuk berhenti berpikir sampai tugas tersebut terselesaikan.

Lalu, saat memerlukan dorongan motivasi ekstra untuk mencapai tujuan, cobalah mengerjakan aksinya dalam porsi kecil. Ini membantu untuk memastikan munculnya pikiran-pikiran ‘mengganggu’ yang diperlukan sehingga kita selalu bisa mengingat bahwa tujuan besar tersebut belum tercapai.

Secara konkritnya, Anda bisa mencatat tugas penting dan utama yang Anda ingin segera selesaikan di buku agenda, sticky notes, atau aplikasi kalender penjadwalan kegiatan Anda. Tuliskan target aksi-aksi kecil untuk mencapai penyelesaian tugas besar tersebut dan tetapkan kapan waktunya Anda perlu menyelesaikannya. Dengan begitu, Anda akan semakin termotivasi menyelesaikan setiap aksi kecilnya secara bertahap hingga dapat selesai pada waktu yang telah ditentukan.

3. Untuk mengurangi kecenderungan menunda

Banyak orang suka menunda menyelesaikan tugas hingga di menit terakhir, bukan? Menunda bisa membuat stress, terburu-buru dalam menyelesaikannya hingga mempengaruhi kualitas hasilnya.

Manfaatkan efek Zeigarnik dengan mengambil langkah pertama menyelesaikan tugas, jauh sebelum waktunya. Bahkan meskipun itu hanya sebuah tugas kecil dan sederhana. Setelah memulai tugas atau project, maka kita akan terus memikirkan pekerjaan yang belum selesai tersebut dan bertekad sampai benar-benar bisa menyelesaikannya. Setiap langkah kecil yang diambil, tidak hanya akan memunculkan motivasi untuk menyelesaikannya, namun juga akan membebaskan kapasitas mental kita dan memungkinkan kita dapat mulai mengerjakan sesuatu yang lain.

Maka dari itu, praktik konkritnya adalah dengan memulai saja dulu langkah kecil pertama Anda sedari jauh-jauh hari. Misalnya, jika Anda ingin menyelesaikan artikel Anda di minggu depan, mulailah sejak hari ini dengan membuka laptop terlebih dahulu dan membuat file dokumennya dengan diberi judul. Lalu langkah berikutnya, Anda bisa mulai menuliskan secara bebas ide-ide yang ingin anda tuliskan atau melakukan research pencarian ide menarik untuk perencanaan tulisan artikel Anda. Cara ini akan meningkatkan fokus dan daya tarik bagi Anda untuk menyelesaikan tugas Anda dengan segera tanpa menundanya.

4. Untuk meningkatkan produktivitas

Seringkali kita sulit berpindah ke tugas baru kita berikutnya karena apapun yang dikerjakan masih berada di garis terdepan ingatan kita. Kita mungkin kewalahan karena memikirkan begitu banyak tugas yang belum selesai. Ya, tentu karena pengaruh efek Zeigarnik ini juga. Untuk mengatasinya, tuliskanlah semua hal yang perlu dikerjakan untuk membantu menutup lingkaran mental yang terbuka agar mengurangi ketegangan mental karena terpikirkan banyaknya tugas yang belum selesai. Cara ini membantu meningkatkan produktivitas karena kita bisa lebih fokus secara penuh mengerjakan satu demi satu setiap tugas yang ada. 

Alternatif cara lainnya, gunakan efek Zeigarnik dengan sengaja membiarkan tugas tidak selesai. Jika dalam daftar tugas yang sudah ditulis, ada jenis tugas yang membuat kita takut karena rasanya sulit untuk dikerjakan, mulailah tugas itu, tapi selesaikan cukup setengahnya saja. Dan biarkan efek Zeigarnik bekerja memotivasi kita menyelesaikan tugasnya. Karena otak kita sangat tidak suka memikirkan tentang project yang belum selesai.

Maka, jika Anda ingin meningkatkan produktivitas dengan menggunakan efek ini, tuliskanlah semua tugas yang perlu Anda selesaikan agar tidak membuat pikiran Anda kewalahan. Buatlah rencana tahapan pengerjaan setiap tugas beserta target waktu penyelesaiannya. Fokuslah dengan satu demi satu aksi kecil dalam satu waktu, dari satu tugas utama yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. Lalu saat menghadapi tugas besar, berusahalah untuk memiliki target untuk menyelesaikan tahapan tugasnya hingga minimal bisa terselesaikan setengahnya, agar pikiran kita lebih tertarik untuk segera menyelesaikan sepenuhnya pada waktu pengerjaan yang dijadwalkan berikutnya.

Nah, setelah Anda mengetahui Efek Zeigarnik yang ternyata memiliki berbagai manfaat, selanjutnya Anda tentu dapat menerapkan fenomena psikologi ini dalam kehidupan sehari-hari ya. Selamat mencoba!