Biasanya ketika akan menonton serial atau film yang menjadi menarik adalah pemeran utama. Misalnya Kevin McCallister yang diperankan oleh Macaulay Culkin dalam film Home Alone. Dengan karakternya yang nakal dan berhasil mengelabuhi para penjahat, Culkin berhasil membuat para penonton ingin terus melihat tingkahnya. Ini terbukti ketika RCTI tak sungkan untuk terus memutar film terlebih pada masa liburan tiba.

Selain Culkin, ada Liu Yifei yang juga berhasil memikat para penontonnya lewat film yang diproduksi Disney, Mulan. Dengan mengangkat tema feminisme, Yifei berhasil membuat para penonton sadar akan budaya patriarki yang sudah seharusnya lenyap dari muka bumi. Film ini juga baik dikonsumsi oleh masyarakat awam untuk memperkenalkan paham feminis.

Namun, ada beberapa film dan serial yang menjadi menarik justru bukanlah pemeran utamanya. Pesona karakter yang ditampilkan dalam film dan serial tersebut yang akan terus dikenang oleh para penontonnya hingga menjadi karakter favorit. Lalu, siapa sajakah mereka yang berhasil mencuri perhatian lebih dari penontonnya?

1. Aurora

Awal tahun lalu, saya khawatir tidak bisa menangis lagi gara-gara air mata saya tumpah saat menonton film dari garapan sutradara ternama Angga Dwimas Sansongsoko, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Bagaimana tidak, film ini berhasil menyuguhkan konflik keluarga yang masih sangat related dengan kehidupan nyata.

Contohnya adalah Aurora yang diperankan Sheila Dara Aisha (saat usia dewasa) dan Nayla Denny Purnama (saat usia anak-anak). Dalam karakter film yang diprakasai oleh rumah produksi Visinema Picture, Aurora kecil merasa dilupakan oleh keluarganya sendiri dan merasa kurang dirangkul dalam mengejar impiannya. Contohnya ketika ia meraih hasil tercepat dalam latihan renangnya. Bukannya mengapresiasi hasil tersebut, justru ayahnya, yang diperankan oleh Oka Antara (saat itu masih usia muda), meminta Aurora kecil untuk membimbing Awan, yang diperankan oleh Alleyra Fakhira, agar bisa meraih hasil yang sama dan bahkan lebih.

Tak hanya itu, ketika menggelar pameran seninya, Aurora (Sheila Dara) justru disajikan Awan yang diperankan Rachel Amanda dan ayahnya, yang diperankan oleh Donny Damara (sudah memasuki usia paruh baya) malah ribut gara-gara keterlambatan Awan untuk menghadiri pameran tersebut. Dengan adanya konflik tersebut, Aurora merasa tak dihargai atas kerja kerasnya hingga berhasil mewujudkan impiannya.

Kuatnya memikul beban yang dirangkul Aurora sebagai anak tengah inilah yang berhasil membuat hati saya berdecak kagum. Bahkan, saya dan para netizen lainnya menginginkan adanya film khusus untuk Aurora setelah rilisnya film Story of Kale yang diperankan oleh Ardito Pramono. Kale sendiri sebelumnya juga terlibat dalam kisah film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.

2. Lee Roo-da

“Saya tidak setuju pernikahan adalah akhir romansa bahagia.” Itulah kalimat yang diucapkan Lee Roo-da yang diperankan oleh Choi Ri dalam drakor yang berjudul Birthcare Center. Pernyataan itu keluar dari mulut pengusaha pakaian dalam tersebut saat diminta oleh ibu dari sang pacar agar segera menikah dengan putranya. Permintaan tersebut semakin menguat saat Lee Roo-da sudah melahirkan seorang anak dari hasil hubungan intim dengan pacarnya.

Selain itu, Lee Roo-da juga mengatakan setiap orang memiliki standard kebahagiaan hidup masing-masing. Salah satunya adalah dengan tidak menikah yang justru bisa mencapai kebahagiaan karena tak terikat oleh siapa pun.

Kesakitan masa kecil yang dialami oleh Lee Roo-da ternyata berdampak dengan hubungannya bersama sang pacar. Ia takut jika sudah menikah, kehidupan ke depannya seperti keluarganya yang hancur berantakan. Walaupun demikian, Roo-da berhasil menjadi pengusaha sukses di usianya yang masih muda.

Brithcare Center adalah drakor delapan episode yang menyuguhkan fakta betapa beratnya menjadi perempuan ketika sudah menikah dan memiliki anak. Drakor ini sangat cocok ditonton terlebih jika kamu ingin menikah dan memutuskan untuk memiliki anak.

3. Kim Eun-Joo

Saat Eun-Joo yang diperankan oleh Choo Ja-hyun menentang keinginan ibunya untuk segera memiliki anak, saya langsung kaget sekaligus kagum dengan keberanian Eun Joo. Menurutnya, memiliki anak bukanlah penguat dari pernikahan. Hal ini terbukti dengan pernikahan kedua orang tuanya yang tak jauh dari kehancuran.

Selain itu, Eun Joo juga berhasil menampilkan kekuatannya sebagai anak pertama yang dituntut untuk segera memiliki penghasilan guna meringankan beban orang tua. Namun, Eun Joo merasa kurang diapresiasi ketika sudah berhasil melakukannya. Eun Joo merasa bahwa ibunya tidak pernah berterima kasih atas kerja kerasnya.

Cobaan Eun Joo yang tak hanya berhenti di situ saja. Fakta bahwa suaminya, Yoon Tae-hyung yang diperankan oleh Kim Tae-hoon yang ternyata seorang gay adalah beban lain yang harus diterima dan dipikul.

My Unfamiliar Family adalah drakor produksi tvN yang menyuguhkan konflik keluarga yang juga masih sangat related dengan kehidupan nyata. Minimnya komunikasi ternyata berdampak dengan hubungan berkeluarga yang dapat memicu ketegangan berumah tangga.

Itulah tiga tokoh bukan pemeran utama yang membuat hati saya berdecak kagum. Dengan adanya ketiga karakter tersebut, menginspirasi saya untuk tetap kuat dalam menghadapi hidup yang penuh dengan kebangsatan.