Apa yang terbesit di pikiran kamu ketika mendengar frasa “tujuan hidup”? Frasa tersebut terlihat sederhana seperti lazimnya pertanyaan-pertanyaan dasar lainnya. Akan tetapi, karena frasa itu justru bisa membuat seseorang berpikir lebih lama dari biasanya. Karena ketika seseorang berpikir mengenai “tujuan hidup”, orang-orang akan berpikir lebih dari sekadar mencari tahu pengertian dari frasa itu.

Ya, frasa tersebut terdengar sangat berat dan cenderung sensitif bila ditanyakan kepada orang-orang yang bimbang dalam hidupnya. Karena frasa tersebut bisa memiliki peran besar dalam kelangsungan hidup seseorang.

Tak semua orang bisa dengan mudah menemukan atau menetapkan tujuan hidupnya. Terkadang untuk menemukan jawabannya, seseorang perlu merenung dalam waktu yang cukup lama. Tak jarang, meski sudah menghabiskan waktu yang cukup lama, seseorang itu masih belum juga menemukan jawabannya.

Karena itu, kadang seseorang butuh pendamping atau bimbingan dari seorang ahli yang bisa membantunya keluar dari permasalahan yang dihadapinya. Tak perlu tatap muka secara langsung, pendampingan itu bisa saja didapatkannya dari media sosial atau pun Youtube yang kini sudah berkembang dengan cepat. Berikut adalah 3 orang yang sering ngomongin tujuan hidup di media sosialnya.

  • 1. Henny Kristianus
  •  

  • Sumber gambar: Instagram/hennykristianus
  •  


    Henny Kristianus adalah seorang pendiri Yayasan Tangan Pengharapan yang merupakan sebuah yayasan yang aktif dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan kemanusiaan. Dengan yayasannya itu, ia telah bertahun-tahun mengabdi pada kemuliaan dengan cara membantu orang-orang yang sedang kesusahan. Totalitas yang ia miliki pun tak main-main, ia bersama suaminya selalu menyishikan se-per-30% gajinya untuk kemudian disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Hasilnya, hingga kini ia telah berhasil membantu meningkatkan kesejahteraan banyak orang.
  •   
    • Lebih dari itu, dengan berkembangnya media ia turut membagikan ilmu dan pengalamannya itu di laman media sosialnya. Ia terlihat sering membicarakan tentang solusi-solusi yang bisa dilakukan seseorang agar bisa keluar dari permasalahan hidupnya. Karena dedikasinya itu, hingga kini media sosialnya diikuti oleh banyak orang. Tercatat, di laman Instagram-nya, ia telah diikuti oleh sebanyak 356 ribu pengikut. Selain aktif membagikan ilmunnya melalui Instagram, ia pun aktif memberikan ilmunya itu di kanal Youtube-nya. Tercatat hingga saat ini kanal Youtube-nya telah memiliki subscribers sebanyak 618 ribu dengan 467 vide yang berhasil diunggah.
  •  
    • 2. Ali Zaenal Abidin

  •  
    • Sumber gambar: Instagram/alizaenalabidin
  •   
    • Ali Zaenal Abidin adalah seorang CEO dari Insight Out dan seorang Co-founder dari I’m On My Way yang merupakan perusahaan yang berfokus pada pengembangan diri dan mempermudah orang untuk menemukan dan menjalani tujuan hidupnya. Berkat ilmunya itu berhasil mengantarnya menjadi seorang pembicara di 37 negara. Selain itu, keahlian ia pun diperkuat oleh sertifikasi Coaching yang ia dapatkan dari Columbia University Coaching Certification Program. Bahkan pada tahun 2017, Ali mendapatkan penghargan CITIZEN 4.0 UNDER 40 for Contributions to Society and Humanity dari majalah Marketeers.  

      • Selain memberikan ilmunya melalui seminar-seminar, saat ini Ali menggunakan media sosialnya sebagai media untuk meluaskan ilmu dan pengalamannya itu. Tercatat di Instagram-nya, ali memiliki pengikut sebanyak 17,7 ribu dan 701 postingan yang ia buat. Selain di Instagram, Ali pun membagikan ilmu dan pengalamannya itu melalui media daring lainnya, yakni Youtube. Tercatat, kanal Youtube dimiliki Ali saat ini memiliki 7,59 ribu subscriber dengan video yang berhasil ia unggah sebanyak 168 video. Terakhir, Ali telah menyelesaikan tulisannya yang kemudian dibukukan dan diberi judul “Hidup Mau Ngaoain?” yang akan terbit pada bulan maret 2021. 

        • 3. Merry Riana 
        • Sumber gambar: Instagram/merryriana
      •  


        Merry Riana adalah seorang motivator dan pengusaha. Ia terkenal karena kisah inpiratifnya yang dapat membuat orang-orang termotivasi untuk mengikuti jejaknya. Berawal dari kerusuhan yang terjadi pada tahun 1998 memaksa untuk pergi ke negeri seberang yakni, Singapura. Di sana ia berjuang sendirian dari titik nol dari pertama mendapat uang pinjaman untuk dana kuliahnya. Karena ada kewajiban untuk membayar pinjamannya itu ia pun mulai bekerja dan berbisnis. Berbagai rintangan menghalangi perjuangannya hingga sampai akhirnya ia berhasil melewati semua itu dan kini termasuk ke dalam jajaran orang yang memiliki pengaruh bagi orang lain.

        • Lalu kemudian karena kesuksesan yang ia sudah dapatkan itu, ia pun memiliki keinginan untuk membantu orang-orang agar sama seperti dirinya. Hingga akhirnya, ia pun membuat tulisan yang kemudian ia bukukan dan diberi judul Mimpi Sejuta Dollar. Buku yang ia tulis itu pun berhasil menjadi best seller dan diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama.

      • Selain melalui buku, ia pun aktif membagikan ilmu dan pengalamannya di laman media sosialnya, terutama di Instagram dan Twitter. Di Instagram ia telah memiliki pengikut sebanyak 2,9 juta. Selain Instagram, diketahui bahwa Merry pun aktif membagikan ilmunya di media lain seperti, Youtube. Tercatat, saat ini Youtube-nya sudah menembus angka 3,58 juta subscriber dengan video yang telah diunggah sebanyak 1,7 ribu video.