Saat ini pandemi COVID-19 masih jadi kendala bagi Anda melakukan trip ke sejumlah destinasi wisata. Namun tak perlu khawatir, ketika pandemi ini berakhir, setidaknya Anda  banyak pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya, di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

Ya, daerah ini menyimpan ragam potensi pariwisata tak kalah ciamik dibandingkan daerah lain. Terletak di bagian Utara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Sitaro pun termasuk beranda negeri ini. Wilayah dari kabupaten tersebut berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina.

Sitaro sejatinya dibekali berbagai keunikan dan keindahan alam luar biasa nan keren. Terutama keindahan alam bahari. Tak bisa ditampik memang, sebagai daerah kepulauan, Sitaro memiliki wilayah laut yang lebih luas dari daratan. So, hal ini yang menjadikan potensi wisata bahari di daerah ini mengundang decak kagum jika berkunjung. 

Maka bagi Anda yang ingin ke daerah 47 Pulau ini sebutan lain Sitaro, wajib mengunjungi tiga destinasi wisata pilihan yang dipastikan bisa menjadi obat penawar kepenatan akibat pandemi virus corona.

1. Pasir Putih, Pulau Mahoro

Inilah salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Sitaro yang menyimpang ragam keindahan. Pulau Mahoro yang terletak di depan Pulau Siau ini termasuk pulau yang tak berpenghuni. Pulau ini bisa dijadikan lokasi Anda bermanja ria jika ingin menikmati pantai yang asri dan bersih.

Belum lagi, hamparan pasir putih halus yang membentang sepanjang pulau tersebut. Maka dipastikan ketika Anda berkunjung lenyaplah segala kepenatan yang membekap. Sedangkan, bagi penyuka birunya lautan yang seakan tak bertepi. Maka Pulau Mahoro adalah jawabannya. Kebebasan dan keindahan alam yang ditawarkan sangat sulit tuk diabaikan.

Bentangan biru lautnya, juga menyimpan spot-spot selam yang luar biasa. Dua kegiatan yang patut dicoba yakni snorkeling dan diving yang biasanya menjadi tujuan wisatawan ketika berkunjung. Pulau Mahoro adalah salah satu 'surga' tersembunyi di tengah kefanaan dunia ini.

Bahkan, karena keindahannya, Pulau Mahoro pun beberapa waktu lalu dijadikan lokasi pengambilan scene acara reality show populer Korea, Law Of The Jungle. Sehingga cobalah seharian mengarungi pulau ini, maka dipastikan Anda akan lupa tuk beranjak. Mengunjungi Pulau Mahoro sangat mudah, tersedia fasilitas perahu wisata yang siap kapan saja. Dan pastinya pula sangat ramah di kantong.

2. Danau Cinta, Pulau Makalehi

Berbeda dengan Pulau Mahoro yang terletak di wilayah Timur Kepulauan Siau. Pulau Makalehi memposisikan 'dirinya' berada di wilayah Barat. Pulau inilah menjadi pembatas dengan negara Filipina. Lantas apa yang menjadi daya tarik dari Pulau Makalehi? Danau Cinta!

Keunikan dari danau itu karena berbentuk seperti simbol hati. Makanya dilabeli dengan sebutan Danau Cinta. Jika kita memandang dari puncak bukit sekitar danau, akan terlihat gamblang bentuk danau yang seperti simbol hati itu. Unik bukan? Setidaknya panorama alam danau dapat menghilangkan beban setelah sekian lama berjibaku dengan pandemi COVID-19.

Namun tawaran berkunjung ke Pulau Makalehi tak sampai disitu saja. Keindahan bawah lautnya juga tak bisa dipandang sebelah mata. Ada beberapa spot diving yang menjadi primadona. Bahkan disebut-sebut keunikan biota laut di perairan ini tidak akan ditemui di tempat lain. Meski jika Anda ingin menyelam, maka sangat disarankan menggandeng master dive lokal agar keamanan lebih terjaga. Karena bagaimanapun, laut tak selamanya tenang. Keramahannya terkadang berganti tak terduga.

3. Pantai Air Panas, Timbako

Nah, jika Anda sudah bosan atau telah merasa puas setelah menikmati pemandangan birunya pantai dan pasir putih, maupun keelokan Danau Cinta, maka kompas perjalanan Anda bisa diubah. Ada jalur destinasi lain yang sudah pasti tak kalah keren. Masih di Kepulauan Siau, destinasi itu dikenal dengan sebutan Pantai Timbako.

Loh apa daya tariknya?

Pantai Timbako digadang-gadang sebagai satu-satunya pantai di Indonesia dengan sumber air panas. Inilah daya tarik sekaligus keunikan pantai yang terletak di bagian Utara Pulau Siau tersebut. Dari sumber air panas pantai ini, bisa pula jika Anda ingin merebus telur. Selain pantai Timbako dibekali dengan lanskap yang sangat cantik, terutama untuk dijadikan sebagai lokasi swafoto. 

Namun jangan lupa, berkunjung ke Pantai Timbako, tak sekadar Anda mencari lokasi foto yang instagramable. Tapi harus menikmati air pantai yang tidak biasa itu. Sekadar informasi saja, sumber air panas pantai ini berasal dari Gunung Api Karangetang. Salah satu gunung teraktif di Indonesia.

Sudah pasti segala kepenatan kan hilang ketika berendam. Sebagaimana berendam di air panas pantai disebut dapat membuat otot tubuh lebih rileks. Maka Pantai Timbako ini patut jadi pilihan  bagi Anda yang ingin berkunjung ke Sitaro. Jangan lupa gaess!

Sementara menuju Kepulauan Sitaro ini cukup mudah. Ke daerah ini bisa ditempuh dengan kapal laut pada skedul perjalanan pagi dan sore hari dari Manado, Ibu Kota Provinsi. Meski ke depan pengunjung akan lebih dimanjakan, karena bandar udara (bandara) sudah selesai dibangun, dan segera beroperasi. Moda transportasi udara ini dipastikan akan lebih memudahkan bagi yang ingin mengunjungi wilayah tersebut.

Selain mencari tempat untuk menginap pun tak sulit. Jadi Anda tidak perlu khawatir, jika butuh tempat pembaringan. Karena di Sitaro tersedia sejumlah penginapan dan hotel yang representatif. Sekalian pula wajib menikmati beragam kuliner, lebih khusus ikan bakarnya yang memiliki ciri khas tersendiri. Kalau biasanya proses pembakaran ikan menggunakan tempurung kelapa. Namun di Sitaro agak sedikit berbeda. Anda akan menjumpai ikan yang dibakar menggunakan tempurung biji pala, sehingga membuat aroma wewangian bumbu ikan lebih menggoda selera. 

Dan tak perlu heran,  seperti ini karena stok tempurung biji pala cukup melimpah di daerah ini. Sitaro adalah kabupaten dengan komiditi unggulan buah pala, selain sebagai penghasil buah pala terbaik di dunia. Menarik bukan? 

Semoga saja pandemi ini segera berakhir, sehingga Anda bisa segera menghilangkan segala kepenatan akibat pandemi, dengan mengunjungi semua destinasi wisata pilihan ini.