Zoomgenic? Apanya fotogenik nih?

Jika fotogenik adalah orang yang terlihat lebih menarik di foto daripada aslinya, maka zoomgenic adalah orang yang terlihat lebih rupawan di zoom meeting daripada kenyataanya. Jika fotogenik merupakan anugerah Tuhan yang dikaruniakan kepada orang-orang tertentu, berkat teknologi, zoomgenik bisa diupayakan oleh semua pengguna zoom dalam tiga langkah mudah berikut ini.

  1. Pastikan anda login ke zoom, menggunakan zoom desktop, dan menginstall zoom versi terbaru

Fitur-fitur yang dapat membuat anda zoomgenic ini hanya bisa digunakan lewat desktop, tidak melalui HP. Anda juga harus memastikan sudah login ke zoom. Tidak sekadar bergabung menggunakan link, karena fasilitasnya terbatas. Untuk memastikan anda sudah login, silahkan dibuka aplikasi zoomnya dan klik gambar foto (1) di pojok kanan atas, jika ada pilihan sign out (2) di bagian bawah berarti sudah login.

Selanjutnya klik juga check for updates (3), silahkan diupdate versi terbaru dari zoom.

2. Aktifkan Touch Up My Appearance  

Masih dari halaman yang sama, klik ikon baut (1). Anda akan masuk ke halaman settings. Pilih video (2) dan aktifkan touch up my appearance (3). Fitur ini sama dengan filter beauty di HP. Silahkan dinaik-turunkan sesuai selera. Apakah mau poreless seperti artis-artis korea atau mau terlihat ada sedikit cela agar tampak manusiawi.


3. Aktifkan alis, kumis, atau lipstick di filter

Masih di halaman settings (1), klik bagian Background & Filters (2) di tempat biasanya kita mengubah virtual background.

Pilih Studio Effect (3) di kanan bawah dan silahkan bereksperimen memilih bentuk alis atau kumis, serta warna lipstik.

Di bagian alis dan kumis, anda juga bisa memilih warnanya. Mau hitam, coklat, atau warna-warna lain. Namun, kalau anda menggunakan kerudung, filter alis ini nantinya tergambar di kerudung. Sehingga ketahuan deh kalau itu filter. Saran saya sih tidak usah diaktifkan. Kalaupun kepepet, tidak sempat menggambar alis dan harus mengaktifkan filter ini, hindari tampak samping agar tidak ketahuan. Tampak depan aja ya, Bun.

Di bagian lipstik, anda juga bisa memilih mau warnanya sayup-sayup alami atau pekat seperti fotomodel dengan mengatur opacity-nya. Filter lipstik di zoom ini bagus, tidak kentara kalau dia filter. Ia hanya muncul di bibir dan bergerak sesuai gerakan bibir. Jadi kalau kita menutup mulut dengan tangan, bibirnya tidak otomatis berpindah ke tangan. Cakep deh. Paling hati-hati saja kalau hanya kelihatan setengah bibir. Filternya hilang sampai seluruh bibir terlihat.

Kalau sudah puas dengan make up ala zoom ini, silahkan pilih apply to all future meetings, agar di zoom meeting-zoom meeting berikutnya alis, kumis, maupun lipstiknya otomatis terpakai.

-----

Mudah dan cepat bukan? Selamat mencoba dan selamat tampil mempesona di rapat-rapat zoom anda berikutnya.

Oh ya, Langkah ketiga itu juga menjadi jawaban bagaimana menghilangkan kumis yang tiba-tiba ada di zoom meeting anda setelah laptopnya dipinjam anak-anak. Tinggal plih none atau reset aja maka hilanglah make-upnya. Jangan panik ya.


-----


Suci Humaira

Tukang zoom.