1 bulan lalu · 65 view · 4 min baca menit baca · Tips & Trick 45801_57081.jpg

17 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan kulit

17 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Cuka apel adalah herbal serbaguna yang disebut-sebut dapat memberikan efek positif bagi kesehatan. Cuka apel merupakan salah satu bahan pengobatan yang banyak dipakai oleh ahli kesehatan dimasa lalu. Namun, pada saat ini cuka apel masih belum diketahui banyak orang karena penggunaannya memang belum terlalu banyak diketahui.

Cuka apel merupakan pengembangan dari pengolahan buah apel. Saat masa panen, hasil buah apel menjadi berlimpah sehingga mulai dibuatlah cuka apel agar manfaat buah apel ini menjadi lebih optimal, karena buah apel ini memang mudah rusak.

Manfaat cuka biasa digunakan untuk menambah rasa asam sebagai penyedap makanan. Namun untuk cuka apel, sebenarnya telah dimanfaatkan sebagai pengobatan untuk berbagai permasalahan penyakit sejak dahulu.

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Pada manfaat buah apel sendiri memang sangat mampu menstabilkan tekanan darah tinggi yang akan melancarkan peredaran darah. Meskipun sudah di fermentasi menjadi cuka, khasiatnya tidak berubah.

Meredakan Penyakit Rematik


Permasalahan persendian seperti rematik biasanya terjadi karena endapan zat asam disekitar sendi sehingga mengganggu kekuatan tulang. Kandungan magnesiumnya berfungsi sebagai perekat yang dapat merekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang dalam tubuh.

Mendetoksinasi/Membuang Racun Dalam Tubuh

Cuka apel penting untuk membuang racun dalam tubuh, cuka apel memiliki kandungan yang sangat baik untuk membantu tubuh membuang berbagai racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Menghilangkan Noda Di Gigi

Zat asam dalam cuka apel sangat efektif dalam membersihkan berbagai noda dalam gigi.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dalam minuman lalu meminumnya, efektif untuk menurunkan berat badan anda yang mengalami masalah berat badan.

Mengatasi Gula Dalam Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka apel sangat berperan penting dalam menurunkan kadar gula dalam darah yang memungkinkan anda mencegah diabetes. Carol Johnston, Ph. D pakar gizi Arizona State University telah mempelajari sari cuka apel selama lebih dari 10 tahun dan percaya dampaknya pada gula darah yang mirip dengan obat-obatan tertentu.

Menekan Kolesterol

Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka apel meningkatkan profil lipid darah dengan mengurangi kadar trigliserida dan low-density lipoprotein atau kolesterol jahat.

Di antara ke tujuh manfaat di atas, cuka apel juga dapat digunakan untuk kecantikan  yaitu:

Mengatasi Jerawat

Cuka apel sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. Cuka apel dapat membantu membunuh bakteri, mengurangi peradangan, dan membantu mencegah munculnya jerawat.

Karena aroma yang kurang nyaman jika diaplikasikan di pagi hari, maka cuka apel sebaiknya digunakan di malam hari. Gunakan setelah dicampur dengan air, sehingga cuka apel tidak disarankan untuk langsung diaplikasikan ke wajah, karena dapat menyebabkan luka bakar.


Mengatasi Ketombe

Manfaat kecantikan lainnya dari cuka apel adalah mengatasi ketombe, kulit kepala kering, dan gatal. Aplikasikan cuka apel menggunakan bola kapas ke kulit kepala setiap malam sebelum tidur.

Cuci bersih di pagi hari. Cara ini akan membantu menyeimbangkan minyak di kulit kepala dan membuat rambut lebih sehat.

Mandi

Mandi menggunakan cuka apel dapat digunakan sebagai detoksifikasi keseluruhan yang bagus dan dapat membantu mengatasi nyeri otot karena aktivitas fisik. Namun berhati- hati ketika melakukannya, karena cuka apel dapat mengiritasi bagian pribadi tubuh.

Masker Wajah

Masker wajah dari cuka apel dapat dibuat dengan sangat sederhana dan membuat kulit bercahaya hanya dalam 20 menit pemakaian. Aplikasikan cuka apel dengan teknik spot treatment, diamkan selama beberapa waktu, dan lihat hasilnya.

Masker Rambut

Selain menenangkan kulit, cuka apel juga dapat membantu mengatasi rambut kering dan rusak. Cuka apel dapat membantu menyeimbangkan pH dan menutup kutikula rambut. Jangan gunakan terlalu sering karena dapat melucuti minyak alami dari rambut dan membuatnya kering.

Membilas Rambut

Membilas rambut menggunakan cuka apel satu kali dalam seminggu dapat membantu menghilangkan penumpukan produk kimia yang berat.

Merendam Kuku Kaki

Merendam kaki dan kuku ke dalam cuka apel dapat mengurangi pembengkakan dan membuat kulit di sekitarnya menjadi lebih halus. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu kuku yang kusam atau menguning.

Toner


Cuka apel telah lama dikenal sebagai toner alami yang baik untuk kulit wajah, khususnya Anda dengan tipe kulit berminyak. Sifat astringent dalam cuka apel membantu menghambat produksi minyak secara berlebih pada kulit sekaligus mengecilkan pori-pori wajah. Penggunaan cuka apel secara teratur dapat mencerahkan kulit wajah. Cuka apel juga membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit Anda, mencegah kulit menjadi terlalu berminyak atau terlalu kering.

Cara penggunaan: siapkan botol atau botol spray ukuran sedang, tuang 8 sendok makan cuka apel dan tambahkan air sebanyak 16 sendok makan dengan perbandingan 1:2. Anda dapat menambahkan minyak essensial favorit Anda untuk menambah aroma. Aduk rata hingga tercampur. Basahi kapas dan gunakan toner seperti biasanya. Gunakan toner satu sampai dua kali sehari.

Menenangkan Kulit Yang Terbakar Sinar Matahari

Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit, termasuk iritasi sekaligus kemerahan. Cuka apel dikenal sejak lama sebagai pengobatan alami untuk kulit terbakar. Sifat astringent pada cuka apel membantu menenangkan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, cuka apel juga menenangkan kulit akibat iritasi, gatal dan peradangan.

Cara penggunaan: Campurkan ½ cangkir cuka apel dan empat cangkir air. Gunakan kapas atau kain lembut untuk mengaplikasikan larutan ini ke area kulit yang terbakar untuk menenangkan rasa sakit dan rasa terbakar. Ulangi beberapa kali dalam sehari selama beberapa hari hingga kondisi kulit Anda membaik.

Memudarkan Noda Pada Wajah

Noda pada wajah bisa disebabkan oleh bekas jerawat yang menghitam atau penuaan dini. Selain melawan jerawat, cuka apel juga dapat membantu memudarkan noda pada wajah. Kandungan Alpha Hidroxy Acid dalam cuka apel juga mempercepat regenerasi kulit.

Cara penggunaan: campurkan sesendok cuka apel dengan dua cangkir air lalu aplikasikan menggunakan kapas lembut pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini beberapa kali dalam seminggu agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Semoga dengan adanya tuisan iini, semua orang tau akan kegunaan cuka apel yang sanaagat banyak manfaat tapi jarang diketahui oleh orang ramai.

Artikel Terkait