Saat muncul sebagai fenomena, tulisan-tulisan tentang Ahok sudah tak terhitung lagi jumlah pastinya. Sebagaimana yang terbit di Qureta, ragam ulasan itu menjadi pertanda bahwa Ahok adalah politisi dan tokoh publik yang mampu menginspirasi banyak orang untuk menulis.

Memang, dalam waktu yang relatif singkat, Ahok telah membangun namanya lewat performa kerja yang luar biasa. Itu terlihat selama dia menjabat sebagai Wakil Gubernur dan kemudian Gubernur DKI Jakarta.

Tetapi yang menarik bagi banyak orang untuk menulis tentu bukanlah status Ahok sebagai pejabat publik semata. Ada puluhan gubernur di negeri ini dan belasan gubernur yang pernah memimpin DKI Jakarta. Hanya saja, belum pernah ada tokoh politik yang menyamai Ahok dalam hal coverage media dan bagaimana orang-orang menulis tentang dirinya.

Bisa disebut, tak pernah DKI Jakarta mengalami perubahan yang begitu menggeliat seperti dipimpin Ahok. Setiap hari selalu ada saja hal baru yang bisa diberitakan media. Setiap langkah dan ruang gerak Ahok adalah spotlight yang menjadi gravitasi buat para wartawan.

Demikian halnya bagi para penulis Qureta. Ada banyak cerita baik tentang Ahok yang mereka rekam. 11 Tulisan Terbaik yang redaksi rangkum di bawah ini merupakan beberapa di antaranya:

  1. Ahok dan Muslim Indonesia yang Kian Besar Kepala – Zulfikar Akbar
  2. Ahok Pemimpin yang Islami – Nong Darol Mahmada
  3. Ahok, Tetaplah Menjadi Jongos Ibukota! – Novriantoni Kahar
  4. Kasidah Ahok di Pulau Pramuka – Hamid Basyaib
  5. Lawan Ahok dan Fitnahnya – Mohamad Guntur Romli
  6. Maafkan Saya, Ahok – Maman Suratman
  7. Mengapa Gus Dur Dukung Ahok Jadi Gubernur? – Ahmad Hifni
  8. Rindu Ahok, Rindu Pengawal Uang Rakyat – Raja Juli Anthony
  9. Rindu, Pak Ahok – Tsamara Amany
  10. Saya Mewawancarai Pendemo Ahok dan Dia Kesulitan Menjawab – Rio Tuasikal
  11. Sehari Membuntuti Ahok Bekerja – Dian Paramita

Tulisan-tulisan tentang Ahok memang layak dikumpulkan. Ahok adalah fenomena yang tidak datang setiap saat. Tulisan-tulisan di atas bukan hanya penting sebagai informasi tentang figur paling berpengaruh di DKI Jakarta, melainkan juga berguna sebagai pengingat agar kita tak jatuh pada kesalahan yang sama.