Mahasiswa
3 minggu lalu · 125 view · 3 min baca menit baca · Tips & Trick 16903_74888.jpg

10 Tips Jadi Pengusaha Sukses di Usia Muda

Sukses di usia muda adalah keinginan dan harapan semua orang, terutama para orangtua. Apalagi melihat putra dan putrinya sukses menjadi seorang pengusaha muda. Namun menjadi pengusaha muda yang sukses dizaman sekarang bukanlah hal yang mudah. Hanya sebagian kecil kaum muda yang mampu menggapainya.

Membangun bisnis di usia muda merupakan salah satu langkah tepat untuk mulai merintis kesuksessan sejak dini. Potensi sukses tidak hanya mengejar karir yang tinggi,tetapi juga bisa dimulai dengan mencoba bisnis kecil-kecilan.

Kita harus bisa membuka cakrawala berpikir yang lebih luas,bahwasanya kesuksesan tidak hanya dengan mencari kerja di perusahaan bonefit ataupun menjadi PNS. Tetapi dengan menjadi seorang pengusaha kamu jauh dibilang lebih sukses,karena kamu dapat membuka dan membangun lapangan kerja sendiri untuk orang lain.

Membangun usaha di usia muda bukan lah hal yang baru dikalangan pembisnis. Saat ini sudah banyak kaum muda yang sukses membangun bisnisnya. Mulai dari bisnis di bidang kuliner, properti,hingga busana.

Bahkan banyak dari anak muda sekarang yang telah memiliki perusahaan sendiri. Merintis sebuah usaha memang bukanlah hal gampang apalagi jika masih muda. Jatuh bangun dalam sebuah perjuangan pasti akan kita rasakan ketika kita sedang merintis usaha sendiri.

Menjadi pengusaha sukses tidak hanya bermodal sekolah saja,namun juga harus memiliki niat dan sifat yang pantang menyerah didalam jiwa. Para generasi muda yang ingin sukses harus memiliki jiwa muda yang bercita-cita tinggi untuk menjadi seorang pengusaha.


Maka dari itu banyak persiapkan yang harus dilakukan,yaitu mulai dari keuletan,kerja keras dan inovasi yang tinggi menjadi penyokong utamanya.

Kemajuan dan perkembangan teknologi yang pesat rupanya semakin memperbesar peluang bagi para muda-mudi untuk mendulang rupiah dalam jumlah besar. Jejaring sosial merupakan salah satu alternatif yang dapat memudahkan kita membangun sebuah usaha.

Kini banyak para anak muda yang memanfaatkan jejering sosial sebagai media promosi barang dagangannya. Karena sifat masyakat kini yang sangat dekat dan tak lepas dari internet maka hal inilah yang menjadi peluang bagi muda-mudi untuk mulai  membangun usaha dan mempromosikannya di media sosial.

Semua orang dapat menjadi pengusaha asalkan memiliki keinginan dan kemauan untuk berusaha serta mau belajar dari kesalahan. Pengusaha-pengusaha hebat juga tidak harus berasal dari keluarga yang kaya raya, bahkan kebanyakan dari mereka memulai usahanya karena terdesak oleh faktor ekonomi. Banyaknya tuntutan kebutuhan yang harus dipenuhi juga menjadi faktor utama seseorang memulai usaha untuk memperbaiki  ekonomi yang tidak stabil.

Segeralah rubah cara berfikirmu mulai dari sekarang, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi orang sukses,. Kita hanya perlu merubah cara berfikir kita menjadi lebih kreatif dan berfikir jauh kedepan. Ada beberapa tips  yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pengusaha sukses. Diantaranya:

1. Yakin dan percaya diri

Rahasia sukses yang paling utama yaitu mereka yakin kepada dirinya sendiri bahwasanya mereka bisa sukses. Karena dengan adanya rasa percaya diri yang tinggi akan lebih memudahkan untuk memulai usaha.

2. Berpikir kreatif


Berfikir kreatif merupakan salah satu kunci untuk kamu yang ingin sukses di usia muda, dengan berfikir kreatif kamu bisa dengan mudah mendapatkan ide mengenai usaha apa yang akan kamu lakukakan dan kerjakan

3. Mulai bisnis dari sesuatu hal yang sederhana

Menjadi sukses tidak harus dimulai dengan hal yang besar, kamu bisa memulai usahamu dari hal yang sederhana. Bahkan kamu juga bisa memulainya dari hobi yang kamu sukai

4. Bertanggung jawab pada apa yang dikerjakan

Sikap tanggung jawab memang menjadi sikap yang wajib kamu miliki, dengan adanya rasa tanggung jawab kamu pasti akan lebih serius menekuni usahamu.

5. Memiliki jaringan bisnis

Agar mudah mencapai impian,anda harus memiliki jaringan bisnis yang luas. Dan banyak membangun relasi dan kerja sama kepada pihak lain.

6. Berani bertindak

Dalam membangun usaha kita harus berani bertindak, jangan hanya membuang-buang waktu untuk mengkhayal saja. Tapi mulai lah bertindak dari sekarang. Dan dibarengi dengan sikap pantang menyerah.

7. Jangan Takut Gagal

Gagal itu pasti,tapi tetap kita harus tetap melangkah dan bangkit untuk memulainhya lagi,sebab keberhasilan itu adalah hasil dari kegagalan yang pernah kita rasakan.

8. Manfaatkan kuota Intenet dan Gedget

Gunakan gadget mu untuk hal-hal positif dan mengahasilkan keuntungan darinya. Kamu bisa memulainya dengan berjualan online di akun Sosial media kalian. Tanpa mengeluarkan modal yang besar.

9. Jadi yang berbeda dari yang lain

Jadilah orang yang berbeda dari yang lainnya. Jika kamu ingin sukses kamu harus munculkan sesuatu hal yang baru bahkan berbeda dan unik serta menarik dari kreativitas mu.

10. Perbanyak bertindak kurangi mengeluh

Jika kamu bisa mulai dari sekarang untuk bertindak dan memulai,maka kamu perlahan telah bisa merintis perjuangan mu. Mulailah dari sekarang untuk merintis usaha mu.

So guys... Percayalah bahwa siapapun bisa sukses! Karena tidak ada usaha yang mengkhianati hasil.asal tekun dan fokus kepada tujuan pasti bisa berhasil. Jangan habiskan waktu muda mu untuk hal-hal yang tidak berguna. Mulailah dari sekarang untuk bertindak menjadi seorang pengusaha sukses diusia muda.

Artikel Terkait