FAQ

Apakah setiap orang bisa menerbitkan tulisannya?

Iya, setiap orang bebas menerbitkan tulisannya di Qureta. Silahkan daftarkan diri Anda sebagai anggota untuk menulis dan mengirimkan tulisan.

Apakah Qureta memberlakukan seleksi terhadap naskah-naskah yang masuk?

Benar. Penyeleksian dilakukan secara minimal. Maksudnya adalah jika sebuah artikel memenuhi syarat minimal, baik format tulisan maupun ukurannya, maka artikel tersebut layak diterbitkan. Namun, Qureta terpaksa akan menolak artikel-artikel yang sangat pendek (misalnya kurang dari 700 kata) atau tidak mengabaikan format tulisan (tanpa spasi atau tanpa paragraf). Lebih jelasnya, baca tautan ini.

Topik apa saja yang bisa ditulis di Qureta?

Qureta menerima tulisan tentang tema apa saja. Ada sekitar 25 kategori topik yang bisa dipilih para penulis. Untuk lebih jelas tentang kategori, silahkan baca artikel ini.

Apakah penulis mendapatkan honorarium atas tulisannya?

Iya. Jika artikel Anda telah mencapai 5000 view dan masuk dalam daftar Trending di halaman depan, silahkan kirim email ke redaksi-at-qureta-dot-com untuk mengklaim honorarium, dengan menyertakan data rekening bank, nama, dan alamat cabang bank.

Qureta akan membatalkan pemberian honorarium jika view sebuah naskah didapati menggunakan bot (perangkat pengganda trafic). Kami juga akan membatalkan keanggotaan penulis yang melakukan peningkatan view secara tidak wajar.

Apa manfaat bagi penulis menerbitkan tulisannya di Qureta?

Selain mendapatkan kesempatan terpilih menjadi penulis profesional yang akan di-hire redaksi, setiap artikel yang terbit dipromosikan ke sosial media. Qureta memiliki lebih dari 200 ribu follower di Facebook dan Twitter. Dengan menjadi penulis Qureta, Anda juga berhak mengikuti setiap lomba esai berhadiah yang diadakan Qureta.

Mengapa tulisan saya ditolak?

Umumnya, tulisan ditolak atau dikembalikan redaksi karena penulis tidak mengikuti aturan yang sudah diberikan redaksi. Baca aturannya di sini. Lengkapi profil Anda dengan foto dan keterangan singkat. Qureta tidak menerima naskah dari penulis yang anonim. 

Mengapa tulisan saya tidak muncul di halaman depan?

Redaksi Qureta menerima puluhan (kadang ratusan) artikel setiap hari. Tidak semua artikel yang diterbitkan kami tampilkan di halaman depan, karena keterbatasan ruang. Hanya artikel-artikel menarik dan terbaik yang kami tampilkan di depan. Karena itu, buatlah tulisan Anda semenarik mungkin bagi pembaca.

Bagaimana caranya mengubah Profile?

Setelah Login, arahkan kursor ke ikon profile. Lalu, klik menu Edit Profile. Di menu ini, Anda juga bisa mengubah nama, username dan password.

Apakah penulis bisa menghapus tulisannya?

Qureta tidak mendukung penghapusan tulisan, karena akan merusak tautan (link) yang sudah beredar. Karena itu, sebelum mengirimkan sebuah tulisan, sebaiknya dipertimbangkan dulu. Jika ragu-ragu, sebaiknya jangan dikirimkan.

Bagaimana caranya membuat Buqu?

Pertama-tama, silahkan login jika Anda sudah menjadi member Qureta. Lalu, kunjungi halaman ini. Isilah judul buqu yang Anda inginkan dan masukkan gambar/ilustrasi sebagai cover buqu. Lalu, tekan tombol "create." 

Tahap pertama pembuatan buqu selesai. Selanjutnya, Anda tinggal mengisi artikel-artikel yang sesuai dengan judul buqu dengan cara menekan tombol buqu yg ada di sebelah paling kanan di bagian bawah setiap artikel. Anda bisa memuat banyak artikel yang relevan dalam sebuah buqu.

Apakah boleh menayangkan ulang artikel-artikel yang sudah diterbitkan di Qureta?

Tidak. Pemuatan artikel secara utuh harus mendapatkan izin dari Qureta. Pengutipan dibolehkan dengan syarat mencantumkan alamat web Qureta.

Apa maksudnya tulisan-tulisan Terpopuler di Qureta? 

Terpopuler adalah daftar artikel terbanyak dibaca (view) selama tiga hari. Di halaman muka, ada 4 artikel yang ditampilkan.

Apakah Qureta punya program aplikasi (apps) untuk iPhone dan Android?

Iya. Anda bisa mengunduh aplikasi mobile Qureta di Google Playstore. Untuk aplikasi iPhone masih dalam pengembangan.