Jakarta - Awal Juni lalu saya memulai menulis di "Blog Qureta". Hal ini termotivasi pasca mengikuti kelas menulis online yang metodenya setiap peserta mengirim tulisan, lalu di koreksi oleh "mentor atau guru menulis online" melalui voice note lewat group telegram.
*** 
Masing-masing peserta yang ikut diwajibkan mengirim tulisan dengan judul suka-suka tergantung individu yang ikut kelas menulis onine tersebut. Sehingga tulisan yang dinilai bagus direkomemdasikan di beberapa pilihan media online diantaranya "Blog Qureta" yang menjadi pilihan untuk mengirim tulisan dari hasil pembelajaran dan praktek menulis.

Pertama kali mengirim tulisan di "Blog Qureta" sempat dikembalikan oleh editor karena masih belajar dan belum tahu secara teknis penulisannya. Sekitar 4 tulisan dikembalikan atau tidak diterbitkan diantaranya "mempersiapkan kematian sebelum ajal menjemput, cara efektif menyusun kerangka tulisan online, 7 rahasia mencari ide tulisan online dan 5 strategi mengatur waktu menulis online".
*** 
Adapun tulisan yang dikoreksi dari Qureta adalah naskah belum layak terbit disarankan untuk membaca petunjuk penulisan di Qureta, agar sesuaikan cover image dengan judul, naskah tidak boleh mengandung unsur promosi diri, berikanlah tulisan yang bagus dan menarik, maka diri anda sendirinya akan baik dan cover image tidak ada. Hal ini tidak membuat saya patah semangat untuk terus menulis, justru mendorong diri untuk belajar dan terus mencoba menulis dan mengirim tulisan di "Bloq Qureta".

Menyerah bukan solusi? Akhirnya tulisan diterima dan diterbitkan oleh "Blog Qureta" yang saat ini sudah 49 tulisan. Dengan perjalanan menuju 50 tulisan bukan lah hal yang mudah, karena membutuhkan waktu, ide, pikiran, konsep dan membaca juga tulisan orang lain terutama yang terbitnya di halaman depan atau halaman utama Qureta, karena pilihan dan tulisan benar-benar terseleksi dari team editor Qureta.
*** 
Biasanya dalam dua hari baru selesai satu tulisan. Itu pun nyicil mencari waktu yang luang untuk menulis dan menyelesaikan tulisan, kemudian baru mengirim tulisan ke Qureta lalu setelah 3 hari menerima balasan email dari Qureta bahwa tulisan terbit atau  tergantung juga dengan tema tulisan baik yang fakta dan aktual atau yang sedang viral biasanya lebih cepat terbitnya. Sebaliknya bila tulisan dikembalikan editor ada temuan yang tidak sesuai dengan teknis dan ada catatan hal apa saja yang harus diperbaiki.

Hitungan tulisan dalam satu bulan yang diterbitkan sekitar 10 sampai 12 tulisan dari bulan Juni sampai dengan awal Oktober 2021. Artinya setiap hari masih tetap menulis namun belum utuh atau tulisan belum selesai 100 %, setidaknya sudah menggabungkan ide dan gagasan tulisan berdasarkan analisa dan fenemona yang terjadi di lingkungan sekitar. Dengan rutin mengasah pikiran melalui rangkaian kata-kata menjadi kalimat, sehingga menjadi sajian tulisan yang gurih, renyah dan nikmat.
*** 
Tentunya bisa bermanfaat untuk orang lain terutama bagi pembaca yang mencari dan membutuhkan informasi melalui tulisan yang sudah diterbitkan. Berbagai macam kategori tulisan yang terbit seperti tentang politik, ekonomi, hukum, bisnis, sosok, motivasi, pendidikan, olahraga, pengamanan, kesehatan, lingkungan, strategi, kiat atau trik dan lain sebagainya. Kategori tulisan untuk menentukan bahwa setiap yang kita tulis berhubungan dengan apa, sehingga lebih mudah untuk merangkai kata menjadi kalimat serta mencari contoh yang terjadi.

Dari beberapa tulisan yang saya tulis, mengupayakan untuk bisa tampil di layar utama Qureta, karena nilai kebanggaan bisa mendorong untuk semangat terus menulis. Namun itu semua, tergantung dari tim blog Qureta atas kelayakan tulisan yang akan di tampilkan di layar utama. Bila tidak menjadi di depan setidaknya sudah berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain melalui karya tulis yang kita sajikan.

Untuk mewujudkan agar tulisan kita bisa terbit dan tampil di layar utama di "Blog Qureta" berikut strategi teknis yang bisa dilakukan :

# Membaca Panduan Bloq Qureta :

Ini petunjuk dan paling utama yang harus diperhatikan seperti baca tentang Qureta supaya jelas tujuan penulisannya, baca tip menulis dari Qureta, aturan penggunaan blog Qureta dan FAQ nya juga. Bila semua sudah di ikuti lebih mudah untuk terbit di Qureta dengan catatan sudah mempelajari petunjuk teknis yang ada di blog Qureta tersebut. Kebanyakan tulisan tidak terbit karena malas membaca petunjuk, sehingga tidak melanjutkan menulis atau putus asa karena tulisan dikembalikan.
*** 
Adapun tulisan yang sering dikembalikan oleh editor Qureta adalah cover image atau photo untuk tulisan tidak sesuai dengan tema, ukuran cover image photo terlalu kecil dibawah 700 MB sehingga photo terlihat samar-samar dan buram, teknis tulisan tidak sesuai dengan keinginan Qureta baik itu dari EYD, FEUBI, jumlah kata tulisan terlalu sedikit atau terlalu banyak, mengandung unsur pornografi, menghina, memojokan dan menjelek-jelekan seseorang dalam tulisan dan lain sebagainya. Itu ulasan agar tidak terjadi dikembalikan sebelum mengirim tulisan di blog Qureta.

#Kunci Tulisan Tampil Layar Utama :

Sebetulnya ini lebih ke teknis, bila kita rajin menulis dan sering melihat serta membaca di blog Qureta, secara otomatis kita memahami bagaimana seharusnya tulisan bisa terbit di layar utama. Saya bongkar sedikit rahasianya untuk bisa tampil di layar utama bisa di lihat dari judul awal tulisan seperti menggunakan "trik dan tip, kunci, rahasia,teknik, jurus jitu, cara, metode, strategi" dan masih banyak lainnya. Artinya bisa mengawali judul atau tema tulisan dengan kalimat yang dimaksud atau bisa juga menggunakan kalimat dibawah ini.
*** 
Bisa menggunakan kalimat "memaknai, mengukir, menerawang, meneropong, mencerdaskan, membangun, merubah, mewujudkan, meningkatkan" dan lain sebagainya. Namun ini semua bukan menjadi panduan khusus, melainkan tergantung penulis untuk memilih gaya tulisannya masing-masing sesuai selera yang akan digunakan dalam memberikan judul atau tema tulisan tersebut.

Semoga bermanfaat, mari menulis di blog Qureta pasti Anda merasa senang setelah tulisan terbit. Terus lah menulis, menulis dan tetap menulis.