Liga Inggris saat ini semakin seru meskipun belum ada penonton yang berada di stadion. Ada peluang bagi Tottenham untuk menjadi juara musim ini karena permainannya yang konsisten. Tottenham memiliki beberapa pemain bintang dan menampilkan permainan agresif dibawah kepelatihan Pochettino. Tapi sayangnya semua berubah ketika Tottenham berada dibawah kendali Mourinho.

Tottenham Hotspur merupakan klub asal Inggris, London. Saya terkejut ketika membaca berita bahwa Jose Mourinho, pelatih yang memiliki reputasi besar berani mencoba untuk melatih klub ini. Klub ini biasanya berada diperingkat empat atau lima, dan termasuk the big six. Klub yang sebenarnya belum berbicara banyak di Eropa, tapi biasanya mampu memberikan perlawan.  

Permainan Tottenham saat ini tidak menguasai bola, tetapi akurasi passing yang tinggi. Mereka tidak berlama-lama menahan bola dan langsung memberikan umpan direct. Serangan dominan dari tengah dengan melakukan serangan balik. Ditengah mereka menggunakan pemain yang memiliki body balance untuk menahan bola saat melakukan serangan balik. Pemain bernama Kane dan Ndombele contohnya. Kuat dalam menahan bola dan mampu memberikan umpan lambung dan terobosan yang indah.

Meski mereka melawan tim kecil, mereka tetap menurunkan hampir full team dengan rotasi yang minim. Tetapi di liga Inggris kita tahu bahwa klub kecil pun memiliki taktik dan strategi yang menarik. Sehingga wajar jika liga Inggris lebih menarik perhatian dibandingkan dengan liga lainnya.  

Trofi terakhir mereka pada tahun 2008 yaitu piala liga inggris, serta liga inggris 60 tahun yang lalu. Tottenham berpeluang meraih gelar piala liga inggris Carabou Cup melawan Manchester City yang akan bertanding pada tanggal 25 April 2021. Ini merupakan kesempatan pertemuan dua pelatih hebat yang telah meraih banyak gelar.

Untuk kedalaman skuad di liga Inggris ini ada tiga klub yaitu Liverpool, Manchester City dan Tottenham. Skuad Liverpool sayangnya memiliki kedalaman skuad yang kurang baik. Backup kiper, bek kiri dan kanan kualitasnya terlalu jauh berbeda sehingga pemain utamanya hampir sulit untuk dirotasi. Bek tengah dibutuhkan satu pemain, sebab gelandang yang dijadikan bek akan fatal karena bisa melakukan kesalahan taktik. Untuk di lini tengah beruntung ada pemain seperti Chamberlain, Milner, Shaqiri dan Jones. Sementara di depan ada Takumi dan Origi yang masih sulit diharapkan. Ditambah beberapa pemain yang performanya menurun seperti Firmino.

  

Sedangkan Manchester City memiliki kedalaman skuad terbaik sejauh ini. Kiper pelapis Zack Steffen yang bermain baik. Kemudian kedalaman bek tengah ada Ake dan Stones. Bek kiri dan kanan diisi nama Walker dan Zichenko. Sayangnya kekurangan mereka ada pada di lini tengah. Rodri kurang baik di tengah, ia bermain ke dalam. Sementara Fernandinho telah jauh menurun. Untuk sayap dan striker diisi dengan pemain yang memiliki nama.

Untuk skuad Tottenham, Gazzaniga dan Danny Rose bisa dijual. Sementara Alfie Whiteman, Japhet Tangaga, dan juga Dele Alli bisa dipinjamkan. Transfer Tottenham cukup bagus dengan meminjam pemain seperti Bale dan Vinisius, sayang Gedson Fernandes tak pernah dimainkan. Tottenham telah menghabiskan banyak uang untuk transfer, namun sepertinya Mourinho masih belum puas di lini tengah.

 

Liga Inggris memang memiliki jadwal yang padat, tetapi menumpuk pemain yang tidak pernah digunakan menyebabkan kita berpikir, kenapa pemain tersebut tidak dijual atau dipinjamkan. Sebab ada beberapa klub yang senang menumpuk pemain. Seperti Manchester United yang skuadnya terlalu penuh. Seharusnya Dean Henderson, Lee Grant (bisa dijadikan staf pelatih), Phil Jones, Williams, Fred, Matic, Mata, Ighalo, pemain-pemain tersebut seharusnya dijual. Selain sudah jarang dimainkan atau bahkan belum dimainkan musim ini, gaji pemain tersebut juga cukup besar. Hal ini akan semakin berdampak buruk terhadap finansial, karena MU saat ini cukup sulit meraih gelar dan dampak dari Covid 19.

Untuk Chelsea kiper Kepa yang sulit untuk dijual, sebab kontraknya masih panjang. Sebaiknya ia diberikan kesempatan bermain bergantian dengan Mendy. Sedangkan bek ada nama Rudiger, Christensen, Tomori, Alonso, serta Baba yang harus segera disingkirkan. Kemudian Jorginho, Kante, Musonda, serta Giroud sebaiknya dipertimbangkan untuk dijual. Sebab tidak terlalu dibutuhkan. Giroud dapat bermain di klub yang memberikannya jaminan pemain inti, seperti Ibrahimovic di AC Milan. Karena Giroud memiliki jiwa kepemimpinan dan sikap positif.

Untuk Manchester United, Chelsea, Liverpool, Manchester City dan Tottenham akan bersaing memperbutkan empat besar. Sementara Leicester dan Everton bisa bersaing di peringkat kelima dan keenam.

Klub Inggris bisa mendatangkan pemain dari Italia seperti nama kiper Udinese Juan Musso, Bek tengah Bastoni di Inter Milan, di tengah Zielinski dari Napoli, dan sayap Yann Karamoh di Parma. Pemain yang disebutkan memiliki kemampuan yang tinggi, sehingga mereka bisa pindah ke liga Inggris untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Mourinho kini menerapkan gaya bermain efektif. Ia tidak hanya melatih fisik, melainkan juga melatih mental juara. Melakukan taktik permainan yang agresif tetapi menunggu lebih dulu, dan melakukan passing terobosan yang akurat. Sehingga Tottenham sekarang lebih memiliki konsistensi permainan. Meski permainan menjadi lebih defensive, tapi permainan Tottenham yang sekarang lebih menjanjikan dalam segi efektivitas dan hasil pertandingan. Tottenham segera berusaha mendapatkan gelar dan menjadikan klub yang bermain lebih indah dibanding sebelumnya.