Pada saat ini penggunaan bahasa Inggris amat diperlukan, baik dalam lingkup pendidikan, dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Di lingkup pendidikan, bahasa Inggris dimasukkan ke dalam mata pelajaran siswa sekolah dan juga skor tes bahasa Inggris merupakan bagian dari syarat kelulusan di perguruan tinggi.

Tidak jauh berbeda di dunia kerja, angka kelulusan tes bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang cukup dipertimbangkan.

Untuk mengukur pemahaman bahasa Inggris tersebut, ada banyak hal yang dapat kita lakukan, salah satunya adalah dengan mengikuti tes bahasa Inggris bersertifikasi, seperti TOEIC.

Dalam menghadapi tes berbahasa Inggris seperti TOEIC ini tentu membuat kita sangat khawatir. Apalagi jika kita kurang mempunyai kemampuan dalam berbahasa Inggris.

Tapi tenang, jangan khawatir. Kali ini kita akan membahas tentang TOEIC dan juga tips penyelesaian soalnya. Sehingga kita dapat mengikuti TOEIC dengan baik dan mendapat skor sesuai harapan.

Di TOEIC, ada 2 bagian yang akan diujikan, yaitu listening comprehension dan reading comprehension. Total jumlah soal dalam TOEIC ada 200 soal, di listening comprehension terdapat 100 soal dan reading comprehension terdiri dari 100 soal.

1. Listening Comprehension

Di bagian listening comprehension, kita akan mendapat 4 bentuk soal.

a. Picture description

Di bentuk soal seperti ini kita akan melihat 10 gambar. Kemudian narator akan menyampaikan pilihan jawaban A, B, C dan D yang berisi pilihan deskripsi gambar melalui rekaman. Pilihan jawaban beserta deskripsi gambar tersebut tidak ditulis di lembar soal kita, sehingga kita harus mendengarkan dengan baik.

Tips penyelesaian soal ini adalah kita perhatikan gambar dengan cepat sebelum narator menyampaikan pilihan jawabannya, kemudian fokus pada pertanyaan what, who, where dan when tentang gambar tersebut.

Selanjutnya, pilih jawaban yang mendeskripsikan gambar secara menyeluruh dan berhati-hati dengan pilihan jawaban yang terdengar mirip pengucapannya tapi berbeda artinya dan jawaban yang benar namun tidak menyeluruh.

b. Question-responses

Di model soal seperti ini, kita akan menyimak 30 soal mengenai pertanyaan atau pernyataan dan kita harus memilih di antara 3 pilihan jawaban yaitu A, B atau C yang paling tepat untuk merespon. Pertanyaan atau pernyataan dan pilihan jawaban tidak ditulis di lembar soal kita.

Tips penyelesaian soal ini adalah kita harus berhati-hati dalam menyimak kata-kata yang mirip pengucapannya namun memiliki arti berbeda yang tidak berkaitan dengan pertanyaan ataupun pernyataan yang disampaikan dan fokus jika soal berbentuk pertanyaan.

Pastikan apakah soal pertanyaan tersebut memerlukan jawaban yes/no atau jawaban what, who, where, when, why dan how.

c. Short conversation

Di model soal seperti ini, kita akan mendengar 10 percakapan singkat antara dua orang. Setiap percakapan hanya akan disampaikan oleh narator satu kali, sehingga kita harus menyimak dengan baik.

Setelah percakapan selesai, kita akan menjawab pertanyaan mengenai isi percakapan. Setiap percakapan memiliki 3 pertanyaan. Pertanyaan dan pilihan jawaban tertulis di lembar soal kita. Dalam jenis soal ini, ada 4 pilihan jawaban yaitu A, B, C dan D.

Tips penyelesaian soal ini adalah sebaiknya kita baca pertanyaan dan pilihan jawaban sekilas sebelum narator menyampaikan percakapan agar kita mendapat menemukan hal yang akan ditanyakan di soal.

Kemudian fokus dengan kemungkinan pertanyaan what, who, why, where, when dan how dan kita harus berhati-hati dengan pengucapan yang terdengar mirip namun berbeda makna.

d. Short talks

Di bagian ini, kita akan menyimak 10 narasi yang akan disampaikan hanya satu kali oleh narator. Setiap narasi memiliki 3 pertanyaan. Setelah narasi selesai, kita akan menjawab pertanyaan mengenai narasi tersebut.

Pertanyaan dan pilihan jawaban tertulis di lembar soal kita. Dalam jenis soal ini, ada 4 pilihan jawaban yaitu A, B, C dan D.

Tips penyelesaian soalnya adalah sebaiknya kita baca pertanyaan dan pilihan jawaban secara sekilas sebelum kita menyimak narasi agar kita mendapat menemukan hal yang akan ditanyakan di soal.

Lalu fokus dengan kemungkinan pertanyaan what, who, why, where, when dan how dan  berhati-hati dengan pengucapan yang terdengar mirip namun berbeda makna.

2. Reading Comprehension

Di bagian reading comprehension, kita akan mendapat 3 bentuk soal.

a. Incomplete sentences

Di bagian ini, kita diminta untuk memilih satu jawaban yang benar untuk melengkapi kalimat yang belum lengkap. Pada bagian ini terdapat 40 butir soal dan setiap soal terdapat 4 pilihan jawaban yaitu A, B, C dan D.

Tips penyelesaian soal ini adalah kita harus memperhatikan susunan tata bahasa karena soal jenis ini berkaitan dengan grammar dan kita harus berhati-hati dengan kata-kata yang terlihat mirip namun berbeda makna.

b. Text completion

Di bagian ini, kita diminta untuk melengkapi teks karena ada bagian kata yang hilang. Pada bagian ini terdapat 4 pilihan jawaban yaitu A, B, C dan D.

Tips penyelesaian soal jenis ini adalah kita harus memperhatikan susunan kosa kata, tata bahasa dan konteks kalimatnya karena soal jenis ini berkaitan dengan grammar, kemudian kita harus berhati-hati dengan kata-kata yang terlihat mirip namun berbeda makna.

c. Reading comprehension

Di bagian ini, kita akan dihadapkan dengan berbagai macam bentuk soal, baik berupa teks, surat, memo dan lain-lain. Di sini kita diminta untuk menjawab pertanyaan sesuai teks. Pada bagian ini terdapat 4 pilihan jawaban yaitu A, B C dan D.

Tips penyelesaian soal seperti ini adalah kita tidak perlu membaca semua teks, cukup langsung baca pertanyaan kemudian cari jawabannya di teks untuk menghemat waktu.

Lalu jika kita harus membaca teks, maka kita harus membaca cepat dan jika ada kosa kata yang tidak kita ketahui, coba tebak maknanya berdasarkan konteksnya.

 Itulah tadi beberapa tips yang dapat kita gunakan untuk menyelesaikan soal TOEIC. Semoga tips ini bermanfaat bagi kita untuk mencapai skor TOEIC yang memuaskan sesuai harapan. Terus latihan mengerjakan TOEIC sebelum ujian dapat meningkatkan kepercayaan diri lho. Semangat ujian TOEIC ya.