Siapa pun yang memiliki hutang harus mampu mengelola pembayaran cicilan hutang mereka. Jika Anda hanya memiliki hutang dalam jumlah yang sedikit, Anda harus membayar cicilan secara teratur dan tidak kehilangan kontrol karena bunga tambahan dan denda jika telat membayar tepat waktu. 

Di lain pihak, jika Anda memiliki jumlah hutang yang besar, Anda harus berusaha keras dalam membayar hutang Anda dan memikirkan bagaimana Anda dapat membayar cicilan di bulan selanjutnya.

Tahu Kepada Siapa Anda Berhutang dan Nominal Hutang yang Anda Miliki

Buatlah catatan dari hutang-hutang yang Anda miliki, termasuk dari siapa Anda meminjam, jumlah hutang Anda, jumlah cicilan tiap bulan, dan tanggal batas pembayaran cicilan Anda. Anda dapat mencocokkan catatan yang Anda tulis dengan laporan kredit Anda, lihat secara periodik, perbaharui setiap beberapa bulan saat jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan berubah.

Bayar Tagihan Anda Tepat Waktu Setiap Bulannya

Pembayaran di akhir waktu atau bahkan telat akan memberikan Anda banyak masalah selain dari uang denda. Beban mental, capek pasti ada jika Anda terus menunda pembayaran cicilan hutang. Akan tetapi dengan menyiapkan uang cicilan jauh sebelum jatuh tempo pastinya akan memberikan ruang bernafas dan Anda dapat bermanuver antara setiap kebutuhan finansial. Apalagi jika telat membayar dalam dua bulan sekaligus, bunga pinjaman dan denda akan meningkat secara signifikan dan menyulitkan keuangan Anda nantinya. 

Jika Anda menggunakan kalendar digital di komputer ataupun HP, masukkan uang yang sudah Anda siapkan jauh-jauh hari dan bunyikan pengingat beberapa hari sebelum jatuh tempo. Jika sudah lewat masa tempo, jangan tunggu sampai tempo berikutnya untuk membayar. Langsung saja bayar, jadi tanggungan Anda pun menjadi lebih ringan untuk bulan berikutnya.

Capai Setidaknya Target Minimal Cicilan

Jika Anda merasa tidak sanggup untuk menabung sebulan lebih cepat untuk cicilan, paling tidak Anda harus capai cicilan bulan ini. Tentu saja hal ini tidak membantu Anda untuk melangkah lebih jauh dalam menyelesaikan tagihan Anda lebih cepat. 

Namun Anda dapat membatasi hutang agar tidak bergerak di luar kendali Anda. Pastinya harus ada manajemen keuangan yang baik dari Anda sendiri untuk dapat menyisakan uang yang cukup setiap bulannya.

Tentukan Hutang Mana Yang Lebih Dulu Harus Anda Bayar

Cicilan kartu kredit Anda haruslah menjadi prioritas utama. Dari semua kartu kredit yang Anda miliki tersebut, kartu yang memiliki bunga cicilan paling besar biasanya jadi pilihan selanjutnya, karena pastinya kartu tersebut yang paling banyak menghabiskan uang Anda. 

Buatlah sebuah catatan sebagai prioritas atas setiap hutang yang Anda miliki dan susunlah yang mana yang ingin Anda bayar terlebih dahulu. Anda juga bisa membayar hutang yang paling kecil terlebih dahulu dan menyisakan yang sulit belakangan.

Beberapa pinjaman online yang Anda miliki bisa jadi menjadi prioritas kedua. Hubungi pihak pemberi pinjaman dan berkonsultasilah dengan rutin supaya semua tagihan Anda dapat tepat waktu dan tanpa hambatan apa pun.

Ataupun jika Anda memiliki asuransi mobil, lebih bijak untuk memutuskan kerja sama terlebih dahulu sampai Anda dapat fokus membayarkan cicilan hutang Anda dengan teratur.

Prioritaskan Akun Yang Positif

Jika Anda memiliki dana terbatas untuk membayar cicilan, fokus untuk menyelesaikan tagihan lainnya dengan maksimal. Jangan korbankan satu akun dengan reputasi yang baik untuk kredit bermasalah di akun lainnya. Melainkan, bayarlah akun yang sudah lewat jatuh tempo saat Anda benar-benar bisa membayarnya.

Coba Mulai Tabungan Kecil Anda

Tanpa adanya tabungan, Anda harus berhutang jika Anda butuh dana secara mendadak. Bahkan tabungan kecil yang Anda miliki sebenarnya dapat membantu Anda di saat-saat seperti ini. Pertama-tama, coba tabung sedikit-demi sedikit mulai dari 2 juta sampai 5 juta rupiah. 

Jika Anda berhasil mengumpulkan uang tersebut, coba tingkatkan nilai tabungan Anda sampai 10 juta atau 20 juta rupiah. Paling tidak Anda seharusnya punya tabungan selayaknya selama 6 kali gaji per bulan Anda sekarang.

Rencanakan Pengeluaran Anda Setiap Bulan

Dengan merencanakan pengeluaran setiap bulan, Anda akan berhati-hati akan pengeluaran di luar rencana awal. Tambahannya, Anda juga dapat merencanakan ulang pengeluaran jika ada pengeluaran mendadak di awal bulan, sehingga tidak mencekak Anda di akhir bulan nantinya. 

Jika Anda dapat merencanakan dengan baik, siapa tahu ada uang lebih di akhir bulan nantinya yang dapat digunakan untuk membayar tagihan Anda lebih cepat.

Mengetahui Kapan Anda Butuh Bantuan

Jika Anda merasa sangat sulit untuk membayar tagihan setiap bulannya, jangan ragu untuk meminta bantuan pihak ketiga, atau bahkan berbicara dengan pemberi pinjaman secara langsung. 

Akan ada pilihan seperti opsi agunan, atau mendeklarasikan kebangkrutan secara legal kepada pihak notaris yang dapat menghilangkan tanggungan hutang Anda sama sekali. Namun Anda harus tetap memikirkan dengan lebih jauh konsekuensi dari keputusan yang Anda buat. 

Beberapa platform penyedia pinjaman uang di Indonesia menyediakan konsultasi, dan ini akan membantu Anda secara jangka panjang untuk dapat secara rutin membayar cicilan Anda tanpa masalah. 

Namun semuanya kembali lagi ke diri Anda masing-masing, apakah Anda meminjam sesuai yang Anda butuhkan, dan pada akhirnya akan  mampu Anda bayarkan tepat waktu.