Tepat 7 Agustus 2015, media online Tekape lahir. Kelahiran itu berpedoman dari pembelian domain tekape.co pada 7 Agustus 2015 lalu. Kini, 7 Agustus 2018, Tekape tepat berusia tiga tahun.

Tekape merupakan salah satu media online di Sulawesi Selatan, khususnya Luwu Raya yang dihuni puluhan pemuda. Tak ayal, dalam memberikan informasi, Tekape selalu bernuansa kritis, inovatif, dan kreatif.

Jika dilihat dari sisi filosofi angka di tanggal kelahirannya, angka 7 dalam simbol budaya Bugis-Makassar diidentikkan dengan badik, yang diartikan sebagai simbol keberanian. Berani dalam menegakkan siri’ na pacce; berani melakukan kritik membangun, sebagai manifestasi fungsi kontrol sosial pers.

Sementara untuk angka 8, Agustus, yang merupakan bulan kedelapan dalam hitungan kalender miladiyah, biasa disimbolkan sebagai kesinambungan. Dalam sisi bisnis, angka 8 biasa disimbolkan rezeki yang tak pernah terputus. Angka 7 adalah proses dan 8 adalah harapan.

Tekape selalu tumbuh dan eksis dalam semangat kekeluargaan, dengan berdasarkan pada niat atau i’tikad baik. Hanya saja, Tekape tumbuh dan berkembang dalam ibarat keluarga yang masih cukup terbatas.

Tekape lahir hampir persis seperti seorang bayi. Ia lahir tanpa sehelai benang pun, hanya cukup biaya persalinan pada saat itu. Itupun di klinik murah, kalau tidak mau disebut lahir atas bantuan dukun beranak. Setahun kemudian, ia mampu mulai jalan terseok. Usia kedua, mulai mampu jalan dan bicara.

Namun demikian, memasuki usia ketiga tahun ini, sudah mulai melompat keluar Kota Palopo. Sudah ada biro di beberapa daerah, seperti Luwu, Luwu Utara, Toraja, dan Wajo, bahkan sudah ada di Morowali, Makassar, hingga Batam.

Sementara untuk ranking versi Alexa, Tekape sempat masuk ranking 20.948 per 30 Juni 2018. Ranking alexa ini membuat Tekape menjadi ranking pertama khusus website berita di Luwu Raya dan Toraja, serta masuk ranking 20 besar untuk website berita regional Sulsel.

Di Balik Kesuksesan Tekape Ada Perempuan Hebat di Belakangnya

Memiliki seorang pasangan (perempuan) yang memiliki kualitas, kapabilitas, dan berintelektual merupakan keberuntungan tersendiri bagi lelaki. Tak hanya mampu menjadi ibu rumah tangga yang baik, dengan segala kompleksitas permasalahan rumah tangga, ia juga mampu menjadi seorang solutif, inovatif, dan kreatif. Tak hanya terpaut dalam hal itu, namun ia juga mampu menjadi guru bagi anak-anaknya kelak.

Selalu kita dengarkan idiom: di balik kesuksesan seorang lelaki, selalu ada sosok perempuan hebat yang mendampingi. Sosok perempuan itu bisa jadi ibunya, istrinya, anaknya, dan bisa jadi pula pasangannya (pacar).

Bagaimana tidak, pasangan (perempuan, red) yang paling tahu perjuangan seorang lelaki demi menghidupi keluarganya. Baik seorang pegawai maupun wirausahawan dan apa pun profesinya, semuanya melewati setiap proses untuk menempuh kesuksesan. Sementara, bagi pria yang sudah berkeluarga, kesuksesan semata-mata bukan puncak karier tapi juga untuk membahagiakan keluarga.

Selama proses menempuh kesuksesan itu, perjalanan tidaklah selalu berjalan mulus begitu saja serta sesuai harapan. Sudah pasti ada hambatan yang bisa membuat perjuangan yang dilakukan menuai kegagalan. Saat-saat seperti itulah biasanya sosok pasangan berperan. 

Dia akan memberikan dukungan penuh supaya bisa membuat lelakinya semangat dan kembali bangkit melawan keterpurukan dan keterputusasaan.

Hal ini juga telah diakui dalam kajian ilmiah. Beberapa hasil penelitian menyimpulkan, perempuan yang selalu memberikan dukungan kepada lelakinya bisa membuat karier lelakinya meningkat dan lebih mudah merebut kesuksesan. 

Meskipun banyak, tidak dapat dinafikan pula perempuan juga mengejar karier pribadinya. Tetapi sebagian besar lebih memilih untuk maju bersama dengan lelakinya, memulai dari nol agar hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Hal ini pula juga yang para karyawan Tekape rasakan. Dalam prosesnya, media Tekape selalu mendapat rintangan, hambatan, dan jalan yang berliku-liku, sehingga membuat para tim Tekape yang didominasi lelaki itu merasakan kekecewaan.

Namun demikian, kehadiran perempuan serta pasangan hebat itu, yang selalu memberikan support dan dedikasi yang tinggi, sehingga membuat para karyawan selalu giat bekerja, tumbuh dan eksis dalam semangat kekeluargaan, yang selalu berdasarkan pada niat atau i’tikad baik.

Maka dari itu, tak cukup hanya berterima kasih pada mereka yang telah berperan serta bermain di balik layar Tekape.

Selain perempuan hebat itu pula, pencapaian ini tentunya tak lepas dari konsistensi dan dukungan penuh pembaca setia Tekape.

Terima kasih, para perempuan hebatku.