Sebelum ditemukan kertas, bangsa-bangsa dahulu menggunakan tablet dari tanah lempung yang dibakar. Hal ini bisa dijumpai dari peradaban bangsa Sumeria, Prasasti dari batu, kayu, banbu, kulit atau binatang, sutra bahkan daun lontar yang dirangkai seperti dijumpai pada naskah-naskah Nusantara beberapa abad lampau. Pada 105 sesudah Masehi dan seterusnya, pembuatan media tulisan dibuat dari berbagai tanaman yang berserabut. Peradaban Mesir Kuno menyumbangkan papyrus sebagai media tulis menulis, tetapi penggunaannya masih sangat mahal.

Kemudian, tercatat dalam sejarah adalah peradaban China yang menyumbangkan kertas bagi dunia. Tsai Lun menemukan kertas dari bahan bambu yang mudah didapat di seantero China pada tahun 1012 Masehi. Penggunaan kertas meluas di seluruh Cina, dalam beberapa abad Cina sudah sanggup mengekspor kertas ke negara-negara Asia. Lama sekali Cina merahasiakan cara pembuatan kertas ini. Di tahun 751, beberapa tenaga ahli pembuat kertas tertawan oleh orang-orang Arab sehingga dalam tempo singkat kertas sudah diproduksi di Baghdad dan Samarkand. Teknik pembuatan kertas menyebar ke seluruh Arab dan baru abad ke-12 orang-orang Eropa belajar teknik ini. Sesudah itulah pemakaian kertas mulai berkembang luas dan sesudah Gutenberg menemukan mesin cetak modern, kertas menggantikan kulit kambing sebagai sarana tulis-menulis di Barat. Eropa maju dengan pesat, Ini menunjukan bahwa penemuan Gutenberg merupakan salah satu faktor penting dalam memicu perkembangan revolusioner di masa modern ini.

Siapa yang tidak tahu kertas? Semua orang mengenal kertas karena kertas selalu ada dan digunakan dalam keseharian kita. Kertas pertama kali di kembangkan oleh bangsa China. Dengan penemuan kertas ini, telah merubah kebiasaan orang-orang dalam mendokumentasikan tulisannya yang telah terbiasa menulis lewat media kain, batu, tulang, serta daun. Di Indonesia sendiri dahulu biasa mendokumentasikan lewat daun lontar. Kertas tak hanya dijadikan media tulis saja, seperti kertas tisu yang fungsinya untuk membersihkan dan juga kertas bisa dijadikan objek seni seperti origami.

Kertas sendiri telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia tidak hanya untuk kebutuhan belajar mengajar. Kertas sendiri sering kita gunakan seperti pada waktu belanja, parkir kendaran, bayar tagihan,atm dan masuk jalan tol. Semua kita terima dalam bentuk Struk Kertas bukan hanya itu kertas digunakan juga untuk membungkus makanan kita.

Kertas sejak awal diciptakan untuk mendokumentasikan karya baik tulisan ataupun dalam bentuk gambar. Seiring dengan perkembangan zaman, kertas sendiri berubah bentuk berdasarkan fungsi dokumentasinya seperti pada buku bacaan, buku tulis, majalah, brosur, kartu nama, sertifikat, poster, kop surat dan lainnya. Kesemuanya itu memiki ciri khas permukaan kertas yang berbeda-beda berdasarkan fungsinya.

Adapun jenis-jenis kertas yang kita kenal antara lain kertas HVS, kertas kuarto, kertas A4, book paper, art/matt  paper, art carton, karton BW, jasmine, concorde, linen Jepang, buffalo, NCR, sticker cromo, sticker vinyl, kertas kalkir, kertas kado, kertas duplex (coated), kertas ivory, cWb/duplex putih, samson kraft, corugated (gelombang),

Segudang manfaat kertas dalam kehidupan kita sehari-hari, antara lain :

-Untuk menulis dan menggambar apa yang kita inginkan.

-Sebagai bahan untuk media pemasaran misalnya brosur, pamflet, poster dan banner.

-Sebagai dokumentasi suatu peristiwa, seperti ijazah, surat tanah, surat perjanjian, sertifikat.

-Sebagai bahan untuk pendidikan dan pengajaran dibuat dalam bentuk buku-buku pelajaran.

-Sebagai bahan pelindung untuk pengiriman barang seperti kardus.

-Untuk membungkus makanan.

-Sebagai kertas tisu untuk membersihkan kotoran.

-Sebagai kerajinan tangan misalnya kertas lipat/origami.

-Untuk bahan baku sepatu.

-Untuk pembersih kaca.

-Bahan pembuatan uang kertas.

-Sebagai kertas dinding (wallpaper).

-Sebagai hiasan.

-Dipakai buat hasil photo dan undangan.

-Untuk pembuatan kartu nama.

-Sebagai kertas memo peringatan.

-Kertas kado untuk membungkus hadiah.

-Kertas mm untuk menggambar bidang bangunan.

-Digunakan sebagai perlengkapan kantor dan perusahaan lainnya.

-Sebagai tempat untuk membuat suatu karya.

-Digunakan sebagai alat untuk mengeriting rambut.

-Digunakan sebagai dompet dadakan.

-Digunakan untuk membuat mainan dari kertas.

-Digunakan untuk ganjalan sepatu.

Kertas ada dimana-mana, kita sampai tidak menyadari bahwa semua itu terbuat dari bahan yang sama, yaitu kertas. Itulah segudang manfaat dari kertas sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang belum kita ketahui dari kertas. Jadi, jangan pernah meremehkan kertas ya!

Kertas adalah salah satu benda yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Penemuan kertas adalah salah satu penemuan yang mengubah peradaban dunia ke era yang modern. Terkadang kita menyepelekan benda yang kecil dan sederhana, kita tidak pernah berpikir bagaimana, kapan, oleh siapa benda itu ditemukan. Bagaimana jika benda itu tidak ditemukan? Pastinya kita belum memasuki era modern jika kertas belum ditemukan. Kita masih menulis pada tablet dari tanah lempung yang dibakar, belum ada Koran, majalah, buku pengetahuan, buku cerita, informasi yang kita dapatkan terbatas hanya dari mulut ke mulut, hanya hal-hal penting yang bisa di tulis oleh orang penting seperti raja, itupun di tulis pada buku yang terbuat dari bambu yang sangat berat dan tidak praktis, atau ditulis pada kain sutera yang sangat mahal dan tidak semua orang bisa memilikinya, kita juga membersihkan kotoran hanya dengan batu dan tanah, membungkus barang dengan daun, tidak ada permainan monopoli, ular tangga, bahkan mungkin kita tidak bisa membaca karena tidak ada media untuk membaca. Dan pastinya jika kertas belum ditemukan, para penemu-penemu lain akan susah menuliskan idenya dan susah untuk mewariskan penemuan itu pada generasi seterusnya karena tidak ada media yang tepat selain kertas untuk menulis dan menyimpan hasil penemuan pada waktu itu. Jadi, apakah sekarang anda sudah sadar betapa pentingnya kertas bagi kehidupan anda dan bagi perubahan peradaban dunia?

Tetapi tidak ada yang sempurna, selain memiliki segudang manfaat kertas pun memiliki kekurangan, yaitu menghabiskan pohon di bumi. Oleh karena itu penggunaan kertas yang banyak juga harus diimbangi dengan pelestarian alam seperti menanam pohon, menjaga lingkungan, dan mengurangi polusi agar global warming tidak meningkat dengan pesat. Kita juga dapat melakukan daur ulang.

Pada zaman sekarang, pemakaian kertas juga sudah mulai berkurang dengan adanya teknologi komputer, tablet, dan gadget-gadget lain yang lebih praktis daripada kertas. Kita bisa membaca buku, mengetahui informasi terbaru, menulis hal-hal penting, dan mengirim surat elektronik melalui gadget. Membungkus makanan pun sekarang bisa digantikan dengan plastik. Itu semua sudah membantu mengurangi pemakaian kertas dan membantu mengurangi penebangan pohon besar-besaran. Tetapi bukan berarti kertas tidak di gunakan sama sekali, karena ada lebih banyak lagi kegunaan kertas yang masih dibutuhkan oleh manusia. Tentu saja seiring dengan perkembangan zaman. Fungsi kertas akan semakin meningkat sesuai kebutuhan karena kertas banyak dimanfaatkan seluruh orang di dunia untuk berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan kertas dan fungsi kertas tidak akan tergantikan walaupun peradaban teknologi sudah canggih.