Para pencinta atau penyuka K-Pop pasti sudah tidak asing lagi dengan acara variety show Running Man. Ya, Running Man salah satu variety show Korea Selatan yang sudah amat melegenda. Sudah 8 tahun sejak penayangan Running Man, 423 episode sudah disiarkan.

Running Man pertama kali tayang pada tahun 2010, tepatnya pada tanggal 11 Juli. Running Man menjadi variety show pengganti dari acara Family Outing. Pada awal mula Running Man sudah memiliki 8 anggota tetap, yaitu Yoo Jae Suk, Kim Jong Kook, Ji Seok Jin, Song Ji Hyo, Kang Gary, HaHa, Song Joong Ki, dan Lee Kwang Soo.  

Sebagai salah satu variety show yang sudah banyak dikenal diberbagai belahan dunia, Running Man telah banyak mengalami pasang surut dan hal-hal menarik lainnya. Tentu hal tersebut merupakan sesuatu yang biasa dalam membangun sebuah program. Berikut penulis berikan beberapa ulasannya,

Rating rendah di awal-awal penayangan

Pada awal penayangannya, Running Man memiliki rating yang rendah karena dinilai membosankan. Namun kerja keras dari para member dan staff membuahkan hasil, kerja keras mereka dengan terus bervariasi dengan berbagai macam game. Bahkan dengan adanya Yoo Jae Suk yang merupakan Nation MC-nya Korea tidak banyak membantu rating mereka. 

Bahkan HaHa dan Kang Gary dalam beberapa episode sempat mengatakan kesulitan mereka dalam memasuki dunia variety show. Saat itu mereka bukanlah yang ahli dibidangnya, mereka saling membantu untuk dapat memberikan yang terbaik untuk Running Man. Hasilnya kerja keras mereka terbukti dengan semakin dikenalnya mereka dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Virus K-Pop

Kerasnya Variety Show

Di balik senyum dan tawa para member Running Man di depan kamera, mereka juga harus merasakan kerasnya dunia variety show. Tubuh mereka merupakan salah satu aset berharga untuk dapat menghibur para penonton. Berbagai macam game harus mereka lakukan, tidak jarang game tersebut banyak melibatkan fisik para member. 

Sebagai seorang yang profesional, tentu para member harus melaksanakan game-game tersebut. Bahkan HaHa sempat menyebutkan bahwa ia harus menjalani operasi pada tulang punggungnya, lalu Yoo Jae Suk yang mengalami masalah pada pergelangan kaki dan jari tangannya, Kang Gary (bisa dilihat pada episode perpisahan Gary 324) yang sampai saat ini masih bermasalah dengan tulang bahunya. Bahkan Gary tidak bisa memegang mangkuk karena ligamennya yang robek.

Terkenal di Asia dan dunia

Dengan semakin meningkatnya popularitas Running Man di Korea, hal ini semakin mendongkrak ketenaran mereka di Asia dan dunia. Fans mereka semakin bertambah, terbukti dengan antusiasme yang ditunjukkan para fans. 

Setiap kali Running Man melakukan syuting di luar korea seperti Thailan, Vietnam, HongKong, China, Jepang bahkan Indonesia, sambutan para fans di bandara serta dukungan yang diberikan tidaklah main-main. Sekarang siapa yang tidak mengenal mereka, seluruh belahan dunia sudah mengenal mereka.

Keluarnya Song Joong Ki, Lizzy dan Kang Gary

Song Joong Ki keluar dari Running Man pada episode ke-41, walaupun hanya 41 episode tapi Joong Ki sudah menganggap para member seperti keluarnya sendiri. Joong ki keluar dengan alasan ingin fokus pada karirnya sebagai aktor, ketampanan Joong Ki yang dijuluki Flower Boy-nya Running Man menjadi daya tarik tersendiri. 

Keakraban dirinya dengan Lee Kwang Soo dan Song Ji Hyo juga menjadi satu hal yang dirindukan para fans Running Man. Pada episode 66. Joong Ki sempat kembali menjadi bintang tamu dan menjadi rekan satu tim Kwang Soo dan Ji Hyo. 

Lizzy yang sempat diangkat menjadi member tetap pun akhirnya keluar karena kesibukannya. Lizzy dikenal sebagai member yang ceria namun sering kali tidak beruntung seperti Kwang Soo. Pada episode 292 Lizzy kembali di undang sebagai guest dengan tema "The Unlucky Hand". Yang terakhir ada Kang Gary yang keluar dari Running Man. 

Sebenarnya Kang Gary sudah sempat keluar dari RM pada tahun 2012 lalu, ia absen dalam beberapa episode Running Man karena memilki masalah dengan Running Man yang akhirnya bisa terselesaikan dan akhirnya ia bergabung kembali. Namun pada akhirnya pada 2016 lalu Gary memutuskan untuk keluar karena ingin lebih fokus pada karirnya dalam bermusik, episode 324 "Goodbye Gary" menjadi episode terakhir Kang Gary saat itu. 

Lucunya, setelah menjadi episode terakhir, pada episode berikutnya Kang Gary kembali dilibatkan dalam misi para member. Gary juga sempat kembali pada episode 336 dengan tema Gary's Week, di sini menjadi minggu spesial yang khusus untuk Gary. Para member pun terkejut dengan kembalinya Gary.

Pergantian PD, penurunan dan naiknya kembali rating 

Im Hyung Taek dan Myeok PD bisa dibilang merupakan otak dibalik suksesnya Running Man. Myeok PD dikenal sebagai PD yang membawa Song Ji Hyo agar bisa anggota tetap Running Man karena mereka sudah pernah bekerja sama pada program Inkigayo. 

Myeok PD juga dikenal karena seringnya para member mencengkram kerah baju dari PD ini, hal ini disebabkan karena game-game atau aturan menyebalkan yang ia buat. Myeok PD resmi keluar dari Running Man pada tahun 2016.

PD Im Hyung Taek juga keluar pada tahun yang sama sesaat setelah episode Running Man di Dubai (eps 290). PD yang sudah menangani Running Man sejak 2010 ini digantikan oleh Jung Chul Min. Namun sejak pergantian PD, running man dirasa mengalami kemunduran karena game yang disajikan selalu begitu-begitu saja. 

Bisa dibilang, tahun 2016 hingga 2017 menjadi tahun yang berat bagi Running Man, karena penurunan rating, isu dikeluarkannya Jong Kook dan Ji Hyo serta penambahan member baru Yang Se Chan dan Jeon So Min yang mengundang pro kontra dari para fans. 

Namun semua masalah ini dapat mereka atasi dengan lebih banyak bervariasi pada tiap episode dan pemilihan bintang tamu yang mampu meningkatkan rating serta suasanya syuting Running Man. Penulis sendiri mulai merasakan peningkatan kualitas Running Man sejak mereka mendatangkan Lee Sang Yeob, Hong Jin Young dan Lee Da Hee. 

Kehadiran para bintang tamu yang mampu tampil lepas atau tidak jaim alias jaga image juga menjadi kunci kesuksesan Running Man saat ini. Di luar itu usaha para member dan staff juga patut diacungi jempol karena tidak mudah mempertahankan acara variety show hingga delapan tahun.

7012

Sebagai fans tentu akan tahu arti dari angka 7012 di running man. 7 diartikan sebagai 7 member running man, 012 jika dibaca dalam bahasa Korea yong-one-ee yang artinya forever. Jadi jika diartikan angka 7012 adalah Running Man with 7 member forever. 

Walaupun di awal memiliki 8 anggota, Running Man akan selalu dikenal dengan 7 anggotanya yaitu Yoo Jae Suk, Ji Seok Jin, Kim Jong Kook, Song Ji Hyo, Kang Gary, HaHa, dan Lee Kwang Soo. Tanpa mengucilkan anggota baru yang sekarang, anggota baru juga akan memiliki tempat tersendiri di hati para fans. 

Sebagai tambahan berikut penulis berikan beberapa episode terbaik Running Man yang tentunya terbaik menurut opini penulis, 

1. Eps 50-51

Episode ini merupakan pertama kalinya Running Man syuting di luar Korea tepatnya di Thailand. Bisa dilihat bagaimana sambutan para fans Thailand bagi para member. 

Di episode ini menghadirkan Nickhun 2pm serta Kim Min Jung. Keseruan episode ini adalah dimana mereka harus berinteraksi dengan penduduk setempat maupun para turis, di episode ini kita dapat melihat Jong Kook dan Jae Suk menjadi satu tim serta Nickhun yang harus menahan diri untuk tidak berbicara dengan bahasa Thailand. 

2. Eps 63-64

Ini sebenarnya episode favorit penulis sekaligus episode running man yang pertama kali ditonton. Di episode ini bintang tamu yang dihadirkan adalah SNSD yang saat itu sedang dalam masa kejayaannya. Pada episode ini para member RM dipasangkan dengan para member SNSD, tema yang dihadirkan adalah Couple Race. Tingkah konyol para member yang selalu terpukau saat melihat bintang tamu cantik terutama HaHa dan Kwang Soo serta persaingan para bintang tamu menjadi hal yang menarik pada episode ini.

3. Eps 38, 91, & 140

Di tiga episode ini kita dapat melihat kelincahan dan kehebatan Yoo Jae Suk dalam menjadi spy dan akhirnya memiliki julukan Yoomes Bond. Jae Suk di tiga episode ini bisa dikatakan berhasil mengelabui para member dengan wajah dan akting polosnya. Pintarnya Yoo Jae Suk dalam menyusun strategi agar tidak ketahuan juga menjadi keseruan dalam tiga episode ini. Sangat menegangkan dan juga dijamin mampu mengocok perut.

4. Eps 267

Pada episode ini para member harus satu suara dalam menjalankan tiap misi yang diberikan. Tentunya mereka menganggap kebersamaan mereka menjadi senjata utama namun tidak semudah yang mereka bayangkan. Mereka harus memiliki visi dan misi yang sama dalam menjalankan misi. Para member dikurung dalam sebuah bangunan dan harus menyelesaikan semua misi mereka dengan waktu yang yang sudah ditentukan. Yoo Jae Suk menjadi penentu kemenangan pada episode kali ini. Di episode ini juga bisa kita lihat bagaimana para member berjuang sebagai satu keluarga untuk bisa menyelesaikan misi walaupun dengan segala perbedaan karakteristik mereka.

5. Eps 324

Menjadi episode terakhir Kang Gary di running man, walaupun menjadi episode terakhir Gary namun episode ini juga bisa dibilang seru dan menghibur. Para member diharuskan mengambil barang pribadi milik Gary tanpa diketahui sang pemilik. Kepolosan Gary dan tingkah liciknya para member membuat episode ini sangat menghibur. Namun di akhir episode kita harus melihat air mata kesedihan dan juga salam perpisahan untuk Kang Gary dari para member lain.

Itulah sedikit ulasan dari Running Man menurut penulis. Begitu banyak sebenarnya hal yang bisa dibahas dari Running Man, namun penulis tidak bisa menuliskannya semua (harap dimaklumi). Running Man sudah menjadi variety show yang melekat di hati para fans, sebagai sebuah acara pastinya akan ada awal dan akhir. 

Kita tidak tahu kapan Running Man akan berakhir tapi yang pasti kita hanya perlu menikmati setiap episode yang disuguhkan. Sebagai fans dan penonton setia Running Man,acara ini akan selalu ada di hati.