Masih banyak pihak-pihak yang suka mengklaim tanpa data mengenai jumlah massa yang berdemonstrasi seperti di Monas. Jumlah yang mereka klaim sering tidak realistis dan cenderung tidak logis. 

Dengan acuan logika matematika yang benar, maka kita tidak perlu terlalu berdebat lagi mengenai jumlah massa demonstran.

Hasil perhitungan dalam artikel ini memang hanya memberikan jumlah estimasi karena tanpa menghitung satu per satu demonstran (massa) yang ada. Metode perhitungan ini tidak memberikan nilai eksak. Tetapi, walaupun ini hanya hitungan estimasi, hasilnya dijamin mendekati kenyataan.

Lagi pula, ini hanya merupakan perhitungan matematika sederhana saja; tidak perlu sampai ribut-ribut berdebat. Dasar logika matematikanya mudah saja: ada berapa orang yang memungkinkan untuk menempati area seluas 1 m2?

Dasar Perhitungan Matematika

a. Area Bujur Sangkar

Di sini kita mengacu kepada geometri sederhana untuk menghitung luas sebuah bujur sangkar. Untuk menghitung luas sebuah bujur sangkar, kita gunakan formula (rumus): sisi x sisi.

Patokan kita adalah luas sebuah bujur sangkar berukuran 1 x 1 meter, yaitu 1 m2.

 Dokpri

Pada area berbentuk bujur sangkar seluas 1 m2, kita asumsikan cukup untuk memuat 1-5 orang Indonesia. Asumsi ini dilakukan berdasarkan observasi terhadap ukuran tubuh dan kerapatan massa di lapangan.

3 orang berdiri pada area 1 m2 memiliki sedikit rongga/jarak antara satu sama lain. 4 orang berdiri pada area 1 m2 memiliki kerapatan yang lebih kecil atau sangat rapat. Jika dipenuhi 5 orang, maka hampir tidak ada ruang gerak sama sekali.

Demikian patokannya: hubungan antara bujur sangkar seluas 1 mdan perkiraan jumlah massa per area tersebut. Pada praktiknya, kita dapat menggunakan area berbentuk persegi panjang dengan rumus luas: panjang x lebar.

Luas area kita beri simbol A (Area) dan simbol M untuk asumsi jumlah massa/orang per area seluas 1 m2. Jika kita memberikan simbol T untuk jumlah total massa, maka kita mendapatkan persamaan:

Total Massa (T) = Luas Area (A) x Massa per area seluas 1 m2 (M)

adalah perkiraan Total Massa. A mewakili luas seluruh area yang ditempati massa. M mewakili jumlah perkiraan massa per area seluas 1 m2. Kita sebut saja dengan rumus TAM.

b. Area Lingkaran

Jika area yang digunakan massa berupa lingkaran, kita melakukan pendekatan matematika yang sama seperti dengan luas Bujur Sangkar. Kita hitung luas lingkaran dan mengalikan hasilnya dengan M.

Tips: kita bisa menggunakan perbandingan antara luas lingkaran dan luas bujur sangkar yang berdimensi sama. Antara lingkaran dan bujur sangkar dengan ukuran ‘panjang-lebar’ yang sama, kita dapat mengatakan bahwa luas lingkaran adalah sekitar 80% dari luas bujur sangkar.  Misalnya, luas bujur sangkar = 90 m2, maka luas lingkarannya adalah 80% x 90 m2.

Dokpri

Google Map

Pada praktiknya, menghitung jumlah perkiraan massa di jalanan atau pada suatu area terbuka (outdoor), kita bisa menggunakan Google Map. Google Map memiliki citra satelit dan sistem pengukuran yang cukup akurat.

Setelah mengukur dimensi dan luas area yang ditempati massa, gunakan rumus TAM seperti di atas. Kalikan jumlah luas area tersebut dengan perkiraan massa per luas area 1 m2 (M), yaitu 1-5 orang.

a. Cara menggunakan measurement di Google Map

Buka Google Map dengan lokasi yang dituju. Klik kanan pada Map. Lalu pilih Measure Distance.

Dokpri

Setelah itu, akan muncul keterangan di bawah layar seperti ini:

Dokpri

Ikuti petunjuknya. Klik kiri pada titik lain di Map untuk membuat garis. Anda akan melihat sebuah garis menyerupai penggaris digital berwarna putih pada layar sekarang.

Dokpri

Atur posisi ‘titik awal’ dan ‘titik akhir’ dengan cara ‘klik+geser’ (click and drag). Anda akan mendapatkan keterangan jaraknya (panjang) secara real time di bawah layar bertuliskan Total distance; satuannya adalah Meter (m) dan Feet (ft).

Tips: Jika kita klik pada garis ‘penggaris’, kita akan membuat titik poin (point) baru yang memungkinkan kita untuk membuat titik-titik sudut baru pada garis; titik-titik baru ini juga bisa di geser ke posisi baru. Klik kiri titik ini jika ingin menghapusnya.

b. Lapangan Sepak Bola GBK Senayan

Ukuran real lapangan sepak bola di GBK Senayan adalah 105 x 68 m. Panjangnya 105 m dan lebarnya 68 m. Kita akan mengukur dimensi lapangan tersebut secara kasar dengan Google Map.

Gunakan metode Measurement pada Google Map untuk mengukur panjang dan lebar lapangan hijau GBK:

Dokpri

Dokpri

Sebagai contoh, panjang yang didapatkan adalah 111 m dan lebarnya 72 m (mendekati ukuran real-nya). Berdasarkan data tersebut, maka luas dari lapangan GBK adalah 111 x 72 = 7992 m2.

Berikut ini adalah daftar perkiraan jumlah massa pada lapangan GBK dengan berbagai asumsi M:

  • Jika M = 3 orang. Maka T = 7992 x 3 = 23.976 orang
  • Jika M = 4 orang. Maka T = 7992 x 4 = 31.968 orang
  • Jika M = 5 orang. Maka T = 7992 x 5 = 39.960 orang

c. Silang Monas

Dilihat dari satelit, secara keseluruhan, bentuk area Monas tidak simetris, cenderung tidak beraturan; tidak rapi.

Dokpri

Untuk menghitung jumlah massa yang berdemonstrasi di Monas, kita perlu memisahkan bagian-bagian yang bisa digunakan massa untuk berdiri/berkumpul. Itu berarti bagian yang ditumbuhi pohon atau rumput yang dilarang diinjak dan yang berupa bangunan TIDAK termasuk dalam hitungan. Setelah itu, baru kita bisa mendapatkan ukuran luas yang dibutuhkan.

Jika pihak Kepolisian dan Pemerintah ingin lebih profesional, mereka akan harus mengukur setiap bidang di area Monas untuk mendapatkan dimensi pasti. Seperti areal kuning pada gambar berikut:

Dokpri

Sementara ini, kita biarkan dulu bagian rumitnya. Mari terlebih dahulu kita hitung secara kasar luas keseluruhan area Monas, termasuk dengan area pepohonan dan bangunan-bangunannya. Ini adalah perhitungan untuk menentukan batas maksimal kapasitas seluruh area Monas untuk massa.

Dokpri

Dokpri

Secara kasar, berdasarkan pengukuran melalui Google Map, didapatkan panjang seluruh area Monas = 957 m. Lebar keseluruhan area Monas = 872 m. Maka luas seluruh area Monas adalah 957 x 872 = 834.504 m2.

Berikut ini adalah daftar perkiraan batas maksimal jumlah massa pada area Monas dengan berbagai asumsi M:

  • Jika M = 3 orang. Maka T = 834.504 x 3 = 2.503.512 orang
  • Jika M = 4 orang. Maka T = 834.504 x 4 = 3.338.016 orang
  • Jika M = 5 orang. Maka T = 834.504 x 5 = 4.172.520 orang

Hasil-hasil perkiraan tersebut berdasarkan luas yang ditambahkan area pepohonan dan bangunan. 

Saya telah membuatkan sebuah web app sederhana untuk memudahkan Anda menghitung perkiraan jumlah massa menggunakan rumus  'TAM'. Silakan lihat link ini.