Sebanyak 249 gol adalah catatan gol milik Sir Bobby Charlton, legenda hidup Manchester United era Busby Babes. Sebuah torehan yang begitu lama bisa dipecahan bahkan oleh striker-striker hebat milik Manchester United seperti Andy Cole, Van Nistelrooy bahkan pemain terbaik sekarang yang selama 6 Musim berseragam merah itu Cristiano Ronaldo.

Tentu semua pemain hebat di dunia ini ingin menjadi pencetak gol terbanyak di klub yang ia bela karena namanya akan selalu dikenang oleh fans dan klub tersebut. Dua pemain terbaik dunia saat ini telah melakukannya di klub mereka masing-masing, siapa lagi kalau bukan Cristiano Ronaldo di Real Madrid dan Alien dari Argentina Lionel Messi di Barcelona.

Manchester United sebagai klub ke-3 terbaik dunia di bawah Real Madrid dan Barcelona sepertinya akan memiliki pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub menggantikan sang legenda Sir Bobby Chartlon yaitu dalam diri Wayne Rooney. Pemain berambut transplantasi yang sekarang telah menumbuhi jenggot ini bernama lengkap Wayne Mark Rooney lahir 31 tahun silam memiliki 12 tahun yang berliku-liku di Manchester united.

Sejak didatangkan dari Everton (2004) Wazza—begitu dia dipanggil—selalu menjadi andalan lini serang Manchester united di era Sir alex Ferguson. Memiliki hubungan yang naik turun dengan managjr terbaik sepanjang masa Primer Leageu itu, rooney Sempat 2 kali meminta berganti kostum yang dilanjutkan dengan perpanjangan kontrak dan kenaikan gaji.

Di akhir era Sir Alex Ferguson (2013) rooney sangat santer dikabarkan berpindah klub, namun selalu diakhiri dengan kenaikan gaji yang menempatkan rooney sebagai pemilik gaji termahal primer league sebelum dipecahkan oleh pemain termahal dunia saat ini yang masih dimiliki oleh Manchester United, Paul pogba.

Tongkat estafef Sir Alex Ferguson yang diteruskan oleh pria Skotlandia, The Choosen One David Moyes masih memberikan jatah striker utama kepada Wayne Rooney, walaupun pada musim itu, 2013-2014. menjadi musim terburuk Manchester United selama era Sir Alex Ferguson, berada di tangga ke-7 Primer League yang sesungguhnya bukan tempat yang dihuni klub sekelas United maka manajemen memecat Moyes sebelum musim berakhir.

Menjadi Kapten

Musim 2014-2015 sampai musim 2015-2016 Manchester United diarsiteki oleh pionir dari Belanda Luis van Gaal, ini menjadi musim yang seharusnya menjadi puncak kegemilangan Wayne Rooney.

Menjabat menjadi kapten Manchester United mengantikan para senior yang sudah hengkang meninggalkan United sebut saja Rio Ferdinand, Ryan Giggs yang menjadi asisten Luis van Gaal hingga Evra dan Vidic yang hijrah ke Italia membela Juventus dan Inter Milan.

Menjadi kapten Manchester United tidak membuat langkah Rooney menjadi mudah, mulai melambat seiring pertambahan usia menjadikan rooney dianggap tidak cocok lagi sebagai juru gedor klub terbaik liga Inggris itu. Sehingga kritikan selalu berdatangan baik dari fans maupun dari legenda seperti Paul Scholes.

Hal itu membuat seorang Luis van Gaal memutar otak dan membuat evolusi menjadikan seorang Wayne Rooney menjadi seorang gelandang. Hal ini tidak begitu berdampak mulus walaupun di beberapa kesempatan Wayne Rooney sangat baik melakukannya sehingga Roy Hudgson juga melakukannya di timnas Inggris.

Peran Rooney yang berubah itulah membuat catatan golnya juga mengalami penurunan dengan hanya mencetak 14 gol di Primer League pada musim 2014-2015 dan 15 gol di musim 2015-2016 menjadikan catatan gol tersebut menjadi yang tersedikit sepanjang Rooney membela MU.

Namun di akhir kepemimpinan Luis van Gaal United meraih Trofi FA ke-12 mereka, trofi pertama Wayne Rooney sebagai kapten United dan United setelah terakhir 2004.

Gol Pamungkas

Setelah menjalani 3 musim yang tidak begitu baik untuk tim sekelas Manchester United pemilik titel terbanyak Primer league dan tim yang terbaik di tanah Ratu Elisabeth itu, pada musim ini, Manchester United punya harapan baru bagi manajer anyar spesial one Jose Mourinho yang memiliki skuat yang mumpuni seperti Zlatan Ibrahimovic dan pemain temahal dunia Paul Pogba.

Meskipun begitu, Manchester United masih belum bisa bersaing di papan klasemen liga Inggris yang masih kalah bersaing dengan Chelsea dan Liverpool. Seiring dengan itu, Wayne Rooney juga kehilangan tempatnya di skuat utama Manchester United.

Ini menjadi kali pertama sejak datang 2004 ke Old Traford, Wayne Rooney bukan lagi menjadi pilihan utama di skuat Jose Mourinho Musim ini. Hingga berakhir paruh musim ini, Rooney hanya mencetak 1 gol pamungkasnya, ya ... hanya 1 gol lagi dalam 14 kali main di Primer Legaue, Rooney tentu tak pernah melakukan itu hanya 1 gol yang ia ciptakan, dan 2 gol di Europa League.

Hal ini  menjadikan Rooney dirasa tidak pantas lagi berada di klub berjuluk Setan Merah tersebut. Banyak kalangan menilai sebaiknya Rooney mempertimbangan tawaran klub Beijing atau MLS.

Walaupun begitu, Wayne Rooney yang tidak mendapat skuat utama lagi di United hanya membutuh 1 gol lagi untuk menyamai torehan gol Bobby Chartlon. Menghasilkan 1 gol sangat lama buat Wayne Rooney setelah tidak bermain pada boxing day 26 Desember lalu.

Rooney juga diberitakan tidak ambil bagian pada laga ke-19 Primer League penutup tahun ini melawan Middlesbrough. Sehingga, untuk menciptakan 1 gol lagi, Wayne Rooney harus bersabar hingga tahun depan dan pada malam tahun baru ini mungkin hanya 1 doa untuk Wayne Rooney yaitu 1 gol saja di tahun 2017.