Apa yang akan terlintas di benak kalian jika saya menyebut salah satu band legendaris dunia, Queen? Yang pertama akan muncul sudah pasti sosok vokalis flamboyan nan kontroversial, Freddy Mercury.

Selanjutnya adalah lagu-lagu fenomenal macam Bohemian Rhapsody, Love of My Life, We Will Rock yYu, We are the Champions, Radio ga ga, Don't Stop Me Now, Somebody to Love, Too Much Love Will Kill You, dan masih banyak lagi lagu hits yang dengan sangat cerdas mereka ciptakan.

Queen memang terkenal dengan musiknya yang jenius dan lirik yang sangat sederhana namun out of the box dan cemerlang. Hampir selalu di tiap potongan lirik dalam lagunya memiliki makna yang begitu dalam dan menarik untuk kita bahas dan resapi.

Mari kita kenang dan coba artikan beberapa potongan lirik ajaib menurut saya dari band satu ini.

If I'm not back again this time tomorrow (Bohemian Rhapsody)

Potongan lagu ini memiliki kalimat yang cukup sederhana, namun memiliki makna yang dalam. Ada banyak versi di mana lirik tersebut seolah menjadikan tanda bahwa suatu saat nanti Freddy Mercury tak akan kembali lagi (meninggal). Sedih sekali, kan?

Gotta leave you all behind and face the truth (Bohemian Rhapsody)

Potongan lirik di atas menggambarkan seorang Freddy Mercury yang memutuskan untuk meninggalkan (kritikan) keluarga dan orang-orang terdekatnya, untuk menatap sebuah kebenaran bahwa dirinya seorang gay dengan risiko terjangkit penyakit menular dan mematikan

I sometimes wish I'd never been born at all (Bohemian Rhapsody)

Potongan lirik yang masih dari bagian lagu Bohemian Rhapsody ini mencerminkan sebuah kegelisahan seorang Freddy Mercury yang mulai berandai-andai bahwa dirinya tidak pernah meminta untuk dilahirkan dan menghadapi rumitnya sebuah kehidupan. Wow, terkadang saya pun berpikiran sama dengannya!

Oh, how would it be if you were standing in my shoes.. Can't you see that it's impossible to choose (Too Much Love Will Kill You)

Lirik ajaib yang keempat ini merupakan sebuah curahan hati Freddy Mercury yang ingin orang lain jangan menilainya tanpa melihat apa yang dia alami. Freddy ingin mereka mencoba untuk berada di posisinya dan melihat bahwa tidak ada pilihan apa pun di sana.

Each night I cry I still believe the lie.. I love you 'till I die (Save Me)

Lirik ini menceritakan kesedihan seseorang yang terlalu percaya akan sebuah kebohongan yang (mungkin) dibuatnya sendiri dengan mengatakan bahwa ia mencintai kekasihnya sampai mati dan menjadi sebuah beban dan luka atas hal tersebut.

Love of my life, you've hurt me. You've broken my heart, And now you leave me. (Love of My Life)

Lirik ini berkisah tentang seorang pria yang menganggap kekasihnya adalah pasangan terbaiknya, satu-satunya cinta dalam hidupnya, akan tetapi orang yang sangat dicintainya juga yang menghancurkan hatinya dan pergi meninggalkan dia. Lirik sederhana namun mengandung ironi yang sangat menyayat hati.

Lord, what you're doing to me, I have spent all my years in believing you. But I just can't get no relief, Lord! (Somebody to Love)

Potongan baris lagu dengan judul Somebody to Love tersebut memiliki makna atas kebingungan seseorang yang heran dengan nasibnya yang kurang baik. Bahkan ketika dia sudah menyerahkan segala hidupnya untuk Tuhan, dia tetap tidak merasakan lega sedikitpun.

How do you think I'm going to get along. Without you when you're gone? You took me for everything that I had.. And kicked me out on my own (Another One Bites the Dust)

Lirik ini bercerita tentang segala upaya, usaha, dan pencapaian yang dia punya, namun dalam sekejap direnggut oleh orang tersayang dan menendangnya keluar dari kisah percintaan tersebut. Ada yang pernah merasakan demikian? Miris!

Whatever comes of you and me, I love to leave my memory with you (Now I'm Here)

Penggalan lirik dari hits Queen berjudul Now I'm Here di atas memiliki makna yang dalam meskipun hanya dianalogikan dalam sebuah lirik sederhana. Mengisahkan seseorang yang hanya ingin meninggalkan dan memiliki sebuah kenangan dengan satu orang yang dia cintai saja. So deep, ya! 

Whatever this world can give to me, It's you you're all I see (You're My Best Friend)

Penggalan lirik terakhir ini menceritakan sebuah pujian terhadap orang lain yang sangat berati baginya. Bahkan baginya, orang lain tersebut telah memberi segalanya lebih dari apa yang dunia berikan kepada orang tersebut. Wow!

Sungguh gila, bukan, lirik-lirik lagu dari Queen tersebut? Memiliki musik yang enak didengar dalam suasana hati apa pun dengan lirik sederhana yang mudah dicerna namun memiliki makna yang luar biasa dalam.

Sebenarnya masih banyak lagi penggalan lirik lagu dari band ini yang tak kalah dahsyat arti dan maknanya, namun keterbatasan penulis hanya sanggup menuliskan beberapa potongan lirik saja.

Meskipun sudah coba dijabarkan menurut banyak sudut pandang, segala lirik dalam lagu Queen dapat kita maknai sesuai bagaimana hati kita menerimanya, guys!

Long life Queen! And we love Freddy Mercury! We will not let you go, Freddy!