Kini semakin majunya perkembangan teknologi sangat berpengaruh pada sisi kehidupan, termasuk layanan jasa. Jika dahulu seseorang harus datang langsung bila ingin membeli makanan atau suatu barang tertentu, kini tidak lagi karna adanya teknologi yang membuat kegiatan tersebut menjadi lebih cepat, mudah dan praktis.

Akibat kesibukan dan keterbatasan waktu, kini seseorang lebih memilih untuk memakai layanan jasa antar atau sering disebut delivery order. Karena pada saat ini fitur layanan jasa antar dapat dengan mudah diakses melalui gadget masing-masing orang.

Saat ini ditengah masa sulit situasi pandemi covid-19, banyak sekali yang mengandalkan layanan jasa antar ini. Karena masyarakat yang tidak boleh keluar rumah hingga berkerumunan, kini layanan jasa antar makin digemari diseluruh dunia. Mereka memakai jasa antar tersebut dengan alasan mengurangi bertemu dengan orang banyak agar dapat memutus rantai penyebaran virus Corona, bahkan ada yang berasalan karena malas keluar rumah dan lebih memilih untuk memakai jasa ini.

Akibat ketidakpastian pandemi covid-19 ini, banyak sekali toko-toko diseluruh Indonesia membuka layanan jasa delivery order. Orang-orang memesan barang maupun makanan, lalu si penjual mengantarkan sampai depan rumah mereka masing-masing dengan gratis ongkir jika jangkauan rumah mereka tidak jauh dengan toko si penjual. Itu lah akibat yang membuat banyak digemari orang dan menjadi solusi pada saat pandemi covid-19 seperti ini.

Contohnya banyak di Kabupaten Lampung Timur khususnya Kecamatan Way Jepara yang membuat usaha dan menjalankan jasa antar barang maupun makanan. Mereka tidak hanya menawarkan layanan jasa antar barang dan makanan tetapi juga mengantar jemput orang. Kini tidak lagi satu dan dua pengusaha saja, tetapi lebih dari itu bersaing ketat menunjukkan eksistensinya sebagai layanan jasa antar yang terbaik. 

Praktisnya kita hanya membayar dengan uang yang sangat terjangkau. Kita pun sudah sampai tujuan, bahkan barang dan makanan pesanan kita sudah sampai didepan mata kita. Bahkan sebelum pandemi covid-19 menyebar, banyak perusahaan di Indonesia kini yang sudah fokus menjadi penyedia jasa antar makanan (food delivery). 

Walaupun menggunakan layanan jasa antar ini memiliki banyak keuntungan, tetapi ada juga kekurangannya seperti, makanan yang dipesan tidak sesuai dengan yang diharapkan dari rasa maupun tampilannya. Ketika pesanan tidak sesuai dengan menu yang tertera. Bahkan rasanya pun yang kurang enak untuk dimakan, membuat kita harus berhati-hati.

Maka sebaiknya jika kita ingin memesan pesanan menggunakan layanan jasa antar ini,  lebih baik jika sebelumnya kita sudah pernah memesan makanan yang sama dan ditoko yang sama pula. Hal ini agar menetralisir pesanan yang kita beli sesuai dengan tampilan dan rasa sesuai dengan ekspektasi kita.

Kekurangan selanjutnya adalah masalah mengenai harga. Sebagian besar toko atau restoran pada umumnya memasang harga sedikit lebih mahal di aplikasi daripada ketika kita memesan secara langsung ke tokonya. Hal ini mungkin terjadi karena adanya biaya tambahan wadah kemasan untuk penyajian makanan tersebut.

Tidak hanya harga yang dimahalkan. Kekurangan selanjutnya adalah mengenai ongkos kirim pesanan. Adanya ongkos kirim sudah menjadi barang tentu yang wajib dibayarkan ketika menggunakan layanan jasa antar makanan. 

Ongkos kirim ini bervariasi tergantung jarak tempuh antara toko penjual dengan rumah pembeli. Jika jarak semakin jauh, maka ongkos kirim pun semakin mahal, bahkan bisa melebihi harga makanan yang dipesan. Sehingga hal ini perlu kita pertimbangkan sebelum benar-benar ingin memesannya.

Tetapi kebanyakan orang lebih suka menggunakan layanan jasa antar ini karena lebih praktis dan mudah, mereka tidak perlu keluar rumah mengantri bahkan kepanasan. Hal ini menjadikan peluang besar bagi orang yang ingin membuka layanan jasa antar tersebut. Apalagi di tengah situasi pandemi covid-19 banyak orang yang tidak lagi bekerja karena di berhentikan oleh pabrik kerjanya, kini bisa mengambil keuntungan dengan jalan lain dari fenomena maraknya orang berbelanja online.

Caranya dengan menggunakan strategi yang tepat, kini kesempatan mendapatkan penghasilan besar bisa terbuka dengan lebar. Kemudian agar layanan jasa antar kita banyak dipakai orang, maka kita harus mempromosikannya bisa melalui penyebaran brosur dan juga sosial media. Apalagi saat ini banyak pengguna gadget, jadi dengan penyebaran melalui media sosial adalah hal yang bagus agar layanan jasa antar kita bisa dikenal banyak orang.

Layanan jasa antar ini tentu sangat membantu dalam keadaan tertentu, terlebih jika kesibukan membuat seseorang tidak punya waktu membeli pesanan secara langsung. Namun perlu diperhatikan pula kekurangan dari layanan ini, agar penggunaannya dapat lebih bijak dan menguntungkan.

Jadi kita sebagai pengusaha penyedia jasa antar barang maupun makanan, sebaiknya kita harus mengedepankan kepada kepuasan pelanggan dalam menjalankan tugas dengan baik dan tepat waktu. Kemudian menjamin atas keselamatan barang dari resiko kerusakan dan kehilangan harus menjadi perhatian utama, sehingga banyak konsumen yang mempercayakan layanan jasa antar yang kini kita jalankan.