Apa yang kamu ketahui tentang kertas? Kertas ternyata barang yang tak asing lagi dan sangat familiar sekali, dengan mudahnya kita akan menemukan kertas, bahkan kertas tak mengenal usia, anak bayi sudah dikenalkan dengan kertas bahkan hanya dibuat sebagai alat membersihkan kulit bayi yaitu berupa tissue, anak – anak sudah mengeal kertas untuk belajar dan menulis, orang dewasa dan tua mengenal kertas untuk pekerjaanya dan untuk memenuhi kebutuhanya, ibarat dunia tanpa kertas adalah tak mungkin.

Kertas adalah bahan yang mudah menyerap tinta dan ada berbagai warna dan macamnya, juga kegunaanya terbuat dari apakah kertas itu “ Bahan baku utama yang digunakan dalam pembuatan kertas adalah serat yang diperoleh dari tumbuhan yang berasal dari kayu (wood) maupun bukan kayu (nonwood) dan terdiri dari rantai - rantai selulosa yang diikat oleh lignin dan hemiselulosa. 

Serat yang didapat dari jenis kayu dibedaklan menjadi 2 yaitu serat panjang (kayu jarum) dan serat pendek ( kayu daun), Disamping itu juga penggunaan bahan baku dari serat sekunder pada saat ini sedah banyak digunakan, karena selain untuk efisiensi penggunaan serat alam juga untuk memanfaatkan bahan baku yang sudah ada selain masih bisa dipakai. Serat sekunder berasal dari hasil proses daur ulanga kertas bekas (waste paper).” (portal plup dan kertas Indonesia: 2013)

 Sangat menarik sekali bukan sebuah kertas banyak sekali makna dan kegunaanya, ngomong ngomong dari mana ya kertas berasal awal mulanya kertas ditemukan oleh “Kertas ternyata sudah ditemukan di masa lampau oleh orang cina. Dia bernama Cai Lun (Ts’ai Lun). Cai Lun adalah orang yang berkebangsaan Tionghoa yang lahir pada zaman Dinasti Han yang sudah ada pada abad ke 1 Masehi. Cai Lun sendiri lahir di daerah Guiyang namun sekarang nama wilayahnya adalah Provinsi Hunan, nah Cai Lun ini nama lengkapnya adalah Cai jungzhon. Ia diperkirakan lahir pada tahun 50 Masehi” (wink : 2015)

 Awal mula pembutan kertas oleh “Cai Lun mendapat ide membuat kertas dari kulit pohon, sisa - sisa rami, kain kain, dan juga jaring ikan. Nah, dulu Cai Lun membuat kertas yang terbuat dari kulit kayu murbei.” (wink : 2015) Sejalan majunya tingkat peradapan dan perkembangan zaman sekarang ini hasil dan pengolahan kertasnya lebih bagus dengan teknologi canggih.

Ternyata temuan Cai Lun ini sangat bermanfaat sekali dan ini bisa menggantikan, batu untuk menulis, kulit binatang dan tulang binatang untuk menulis, juga daun dan kulit pohon untuk menulis, bahkan menggantikan kain sebagai bahan menulis, betapa besar keuntungan sebuah kertas apa lagi jaman sekarang rasanya mubadir atau sia – sia jika kita membuang secarik kertas, sebab kertas bisa bernilai uang, meskipun kertas adalah bahan yang mudah sekali diuraikan ditanah, namun manusia jaman sekarang tak merelakanya karena kertas yang bekas masih bisa didaur ulang dan menghasilkan bahan – bahan yang siap pakai kembali dan bernilai jual uang, misalnya sebagai pembungkus makanan, bisa digunakan sebagai tas dari kertas, berbagai macam hiasan dari kertas, misalnya Paper craft dan digunakan untuk undangan dan bahan hantaran pengantin dan mahal harganya.

Daftar Pustaka

http://pulppaperindonesia.blogspot.co.id/2013/08/bahan-baku-ke

http://www.penemu.co/penemu-kertas-cai-lun-tsai-lun/