Apa yang kita dengar pertama kali tentang kertas?

Pasti satu ide yang muncul adalah buku, karena buku sendiri terbuat dari lembaran-lembaran kertas yang telah disusun dengan sedemikian baik. Kertas yang telah dijadikan buku sangat membantu bagi seseorang yang baru memulai belajar. Seperti halnya anak kecil yang baru mengenal pendidikan sekolah dan baru memulai menulis.

Anak yang baru memulai dunia pendidikan akan belajar dari media kertas yang ada. Biasanya terdapat tulisan dan gambar yang terdapat di kertas tersebut, agar anak-anak semangat dalam proses belajarnya.

Kertas sendiri terbuat dari bahan pepohonan, seperti dari pohon papyrus, mulberry, dan pinus. Dari pepohonan tersebut seseorang dapat mengolahnya menjadi kertas-kertas yang berharga bagi kehidupan masyarakat.

Begitu manfaatnya kertas bagi kehidupan, dapat digunakan untuk para penggunanya dalam menuangkan pikiran dan ide mereka. Kertas sangat membantu seseorang dalam segala hal, dan digunakan dalam hal yang bermanfaat pula.

Beberapa kegunaan kertas dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai berikut:

1. Kegunaan kertas sebagai media informasi. Dengan adanya kertas, seseorang dapat mengetahui informasi terbaru setiap harinya, seperti koran, majalah, dan alat cetak yang berupa kertas lainnya.

2. Kegunaan kertas sebagai media belajar. Dengan kertas, pelajar dapat membeli buku tulis maupun buku pelajaran yang dia inginkan. Buku tulis yang digunakan pelajar untuk mencatat pelajaran yang ada dan buku pelajaran sebagai panduan belajar mereka.

3. Kegunaan kertas sebagai media transaksi, yaitu berbentuk sebagai alat pembayaran berupa kertas yang terdapat nominal uang dan sebagai alat jual beli.

4. Kegunaan kertas sebagai media kreativitas. Biasanya para pengagum karya, khususnya pada bahan kertas, mereka mempunyai ide-ide kreatif yang menghasilkan berbagai macam hasil dari kertas.

5. Kegunaan kertas sebagai media seni, seperti seni lukis maupun seni gambar. Seni-seni yang telah digunakan tersebut mempunyai bahan utama, yaitu kertas sebagai media utamanya.

6. Kegunaan kertas selanjutnya, yaitu sebagai tempat pembungkus, biasanya kertas ini digunakan oleh seorang penjual untuk dijadikan tempat pembungkus makanan.

Itulah kegunaan kertas sebagai media serba guna, yang sangat membantu seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya pelajar namun seorang pegawai dan lainnya, pasti membutuhkan kertas sebagai alat dokumentasi maupun sebagai alat yang lainnya.

Namun berkembangnya zaman, media cetak yang terbuat dari kertas mulai menurun. Dikarenakan telah ada media alektronik baru yang berupa digital. Masyarakat luas sekarang lebih mengutamakan media digital dari pada kertas. Menurut mereka lebih cepat dan lebih mudah menjangkaunya.

Bagi pelajar dua alat tersebut sama bermanfaatnya, tetapi pelajar zaman sekarang tidak memperdulikan kertas yang ada. Mereka lebih mementingkan media digitalnya dan mengabaikan kertas yang ada di depannya.

Padahal dengan keadaan yang ada, media kertas lebih benar keakuratannya dibanding media digital. Media digital biasanya hanya memaparkan kepalsuan dan kekeliruan yang dijadikan rujukan. Berbeda dengan media kertas, yang benar-benar jelas media cetaknya dan jelas penulisnya.

Tetapi kenyataan yang ada, masyarakat lebih suka membaca dengan menggunakan media digital dari pada media cetak, khususnya kertas. Kita sebagai pelajar, haruslah melestarikan media kertas yang sangat berharga dan bermanfaat bagi kehidupan. Bukan hanya mengandalkan media digital yang serba instan.

Penjelasan di atas telah menjelaskan sedikit tentang kegunaan kertas, yang harus kita jaga dan lestarikan pada dunia pendidikan. Walaupun media digital tidak kalah manfaatnya, untuk kehidupan sehari-hari.

Kita dan kertas merupakan satu kesatuan yang saling membutuhkan. Kita yang membutuhkannya untuk kita baca agar kita mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat. Dan menanti akan kita baca agar kita menghasilkan ilmu yang jelas dan keasliannya.

Di sisi lain, media digital dapat menurunkan atau memperosotkan media kertas, disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu media digital lebih mudah jangkauannya, kapan dan di mana saja dapat ditemukan dengan cepat. Tidak seperti media kertas, yang sulit membawanya dan tidak menarik di kalangan masyarakat.

Maka oleh karena itu, peran kita sebagai seorang pelajar, harus dapat menjadi pelopor masyarakat agar tetap melestarikan media kertas sebagai sumber utama. Terutama dalam menerima informasi.

Keadaan digital yang berkembang saat ini, kenyataan yang ada, digital lebih diminati oleh semua kalangan. Sedangkan kertas dihiraukan begitu saja.

Pada kenyataannya di dunia pembelajaran, kertas masih sangat dibutuhkan. Meskipun digital diperlukan, namun yang terjadi dari media digital tersebut dicetak. Dari media cetak tersebut kertaslah bahan utamanya.

Jadi kita dan kertas tidak dapat dipisahkan. Begitu pula dengan media-media lain, yang dianggap manfaat dan berguna bagi kehidupan manusia.