Kelapa terkenal dengan filosofinya yang mendalam. Akarnya dapat digunakan sebagai obat kumur dan obat diare, batangnya sebagai bahan baku pembuatan rumah atau jembatan, daunnya dapat digunakan untuk kerajinan anyaman, tulang daunnya bisa ditransformasikan menjadi sapu lidi, belum lagi bunga, batok, daging, dan air dari kelapa. Seolah setiap jengkalnya memiliki kegunaan bagi kehidupan. Tidak ada yang bersisa,tidak ada yang sia-sia.

Begitupun dengan kacang hijau. Salah satu jenis kacang-kacangan ini kerap menjadi teman anak kampus di tanggal tua karena harganya yang murah namun dapat mengganjal perut. Kacang hijau juga berguna bagi para pengidap anemia.Kandungan zat besi di dalamnya berfungsi sebagai penambah darah.

Jika kelapa dan kacang hijau tersebut digabungkan, tentu akan menghasilkan perpaduan yang tidak biasa.Seperti yang dilakukan oleh Pak Dwi pada inovasi minumannya. Dia mencampurkane s degan dengan kacang hijau. Minuman itupun disebut sebagai es campur (degan +kacang hijau).

Nama yang sederhana, meski tidak sesederhana rasanya. Pencampuran air dan daging degan menghasilkan tekstur yang unik saat bertemu dengan butiran-butiran kacang hijau. Manisnya air gula ditambah es sukses menambah kesegaran. Terlebih jika dinikmati saat cuaca panas. Pak Dwi juga memiliki resep rahasia untuk menambah rasa khas pada setiapgelas es degan kacang hijau ini.

Meskipun begitu, es degan kacang hijau tidak hanya dapat dinikmati ketika teriknya matahari. Malam pun tetap menjadi waktu yang cocok untuk mencecap segelas—atau bisa lebih—dari minuman racikan Pak Dwi ini. Malah, kedai milik Pak Dwi semakin padat saat malam tiba.Padahal Pak Dwi sudah membuka kedai mulai jam 13:30 dan tutup pada jam 22:00. Sayangnya, hari Minggu Pak Dwi memutuskan untuk rehat sejenak dan memilih meliburkan kedai.

Bukan hanya kenikmatan yang kerap diutarakan para pembeli, namun juga alasan kesehatan yang menjadi poin lain dari keinginan pembeli untuk menandaskan es degan kacang hijau. Hal ini terbukti dari beberapa dokter yang menjadi pelanggan setia Pak Dwi. Pasti mereka memahami betul kandungan dari minuman ini sehingga tidak segan-segan mengonsumsinya secara rutin. Selain sebagai penambah stamina, minuman ini juga dipercaya dapat melancarkan aliran darah serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Kehigienisan juga menjadi perhatian khusus bagi Pak Dwi. Dia memasak campuran air untuk minumannya sampai benar-benar matang, mencuci peralatan hingga benar-benar bersih, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir terkait masalah kebersihan. Pak Dwi sangat memerhatikan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan yang pada akhirnya diimplementasikan lewat produk minuman yang dia jual.

Sebenarnya, alasan Pak Dwi terinspirasi untuk mengombinasikan antara degan dan kacang hijau adalah supaya air degan yang digunakan tidak terlalu boros. Untuk mendapatkan air degan yang berkualitas bukan hal yang sulit, memang. Namun diperlukan kejelian dan profesionalitas yang terasah agar dapat membedakan kualitas air degan tersebut.Tentu pada akhirnya akan berpengaruh kepada manfaat dan rasa dari air degan itu sendiri. 

Bisa dibilang, belum pernah ada yangmelakukan pencampuran antara es degan dan kacang hijau di tempat lain sebelumnya. Maka, penemuan Pak Dwi otomatis disambut dengan hangat oleh para penikmat kuliner, khususnya yang tinggal di sekitar Pare, Kediri. Kedai Pak Dwi terletak di Jl. Lawu, Pare sejak tahun 2000. 

Wilayahnya pun tidak jauh dari Kampung Inggris, Pare. Bagi siswa Kampung Inggris yang suka berkelana mencari kuliner baru, es degan kacang hijau ini wajib dicoba. Jaraknya tidak lebih dari tiga kilometer dan dapat ditempuh dengan sepeda.

Bukan hanya es degan kacang hijauyang ditawarkan. Pak Dwi juga menjual es degan original, es kacang hijau, es teh dan kopi. Pelanggan tinggal memilih ingin minuman hangat atau dingin.Dengan merogoh kocek kurang dari Rp.10000,- pelanggan dapat menikmati kesegaran minuman beserta manfaatnya.

Dalam satu hari, Pak Dwi sanggup mengantongi sekitar Rp.900000,-. Berarti kurang lebih 180 gelas laris setiap harinya. Pak Dwi pun membuka pesanan untuk acara lain seperti lamaran, pengajian, reunian, dan pernikahan. Pemesanan tertinggi bisa mencapai 400 gelas. 

Respon positif selalu hadir dari para pelanggan setia Pak Dwi tersebut. Untuk itu, tidak heran jika kedai es degan kacang hijau selalu ramai didatangi pelanggan. Saat berkunjung ke Pare, Kediri,tidak afdol rasanya jika belum mendatangi Kedai Es Degan Kacang Hijau milik Pak Dwi ini.