Hadir pada medio tahun 2000 lalu, software akuntansi terbukti banyak membantu pengusaha dalam menyusun jurnal dan juga laporan keuangan. Fitur-fiturnya yang menarik membuat perusahaan yang menggunakan aplikasi akuntansi menjadi sangat terbantu. Apalagi untuk saat ini, banyak sekali penyedia layanan akuntansi yang menawarkan masing-masing fitur unggulannya, mulai dari server berbasis cloud, hingga fitur keamanan tingkat tinggi. 

Nah, jika Anda tertarik untuk menerapkan aplikasi akuntansi dalam perusahaan Anda, ada baiknya Anda memperhatikan berapa tips memilih software akuntansi di bawah ini supaya implementasi aplikasi tersebut bisa maksimal sesuai dengan harapan Anda. Yuk, baca tipsnya..!

Tentukan Kebutuhan Bisnis

Membeli aplikasi akuntansi sama seperti dengan merekrut karyawan baru dalam perusahaan Anda. Anda harus mengerti betul spesifikasi yang Anda butuhkan supaya nantinya aplikasi akuntansi tersebut bisa berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa mulai dengan menentukan jenis bisnis yang Anda jalankan. 

Kebutuhan aplikasi akuntansi untuk bisnis kecil, menengah, hingga besar tentu saja berbeda. Tentukan terlebih dahulu kira-kira di level manakah bisnis Anda berada. Setelah itu, tentukan juga jenis bisnis yang Anda miliki. 

Sebuah software akuntansi untuk produk makanan akan berbeda dengan software akuntansi jasa periklanan. Semuanya sudah dikhususkan dengan maksimalisasi fiturnya masing-masing. Jangan lupa pula untuk menyesuaikan aplikasi tersebut dengan gaya manajerial keuangan perusahaan Anda supaya tidak memerlukan waktu terlalu banyak untuk beradaptasi.

Perhatikan Harga

Tips selanjutnya adalah dengan memerhatikan harga aplikasi akuntansi yang ditawarkan. Jelas jika Anda memilih aplikasi yang memiliki harga tinggi, maka fitur yang Anda dapatkan pun akan semakin lengkap. Begitu juga sebaliknya, semakin murah harga software akuntansi, semakin minim pula fiturnya. Namun semuanya kembali lagi ke kebutuhan perusahaan Anda. 

Apakah dengan memilih harga mahal semua fitur nantinya akan berguna? Jika perusahaan Anda masih dalam tahap menengah dan minim transaksi, maka membeli aplikasi akuntansi dengan harga terlalu mahal sepertinya bukan pilihan bijak. Usahakan agar semua fitur yang ditawarkan bisa maksimal Anda gunakan nantinya.

Pertimbangkan Sistem Keamanan

Mengingat software akuntansi adalah software yang menangani semua urusan keuangan perusahaan, maka sudah seharusnya Anda mempertimbangkan aspek keamanan yang ditawarkan. Saat ini, hampir semua software akuntansi yang ditawarkan menggunakan sistem berbasis cloud sehingga mudah untuk Anda akses di manapun Anda berada. 

Namun demikian, kelemahan yang paling rentan adalah karena sistem tersebut berbasis online, risiko kehilangan data keuangan perusahaan pun semakin meningkat. Jangan ragu untuk menanyakan hal ini kepada pihak penyedia aplikasi akuntansi. Tanyakan seputar sistem keamanan yang digunakan. 

Jangan ragu pula untuk bertanya kepada klien perusahaan penyedia. Dengarkan review mereka seputar aplikasi akuntansi tersebut dalam hal keamanannya. Biasanya, perusahaan penyedia aplikasi akuntansi akan memberikan informasi kepada Anda bagaimana server pusatnya bekerja dan pertahanan terhadap serangan peretas dapat di atasi.

Layanan Purna Jual

Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan, aplikasi akuntansi tetaplah sebuah software yang memiliki risiko kerusakan atau penurunan performa. Maka dari itu, pelayanan purna jual sangat perlu Anda perhatikan. Tanyakan kepada penyedia aplikasi, apa saja layanan yang akan Anda peroleh seperti maintenance, upgrade software, hingga instalasi ulang jika terjadi crash dan kesalahan. Layanan ini berlaku layaknya garansi bagi perusahaan Anda.

Itulah beberapa tips sebelum membeli software akuntansi yang bisa Anda ketahui. Beralih ke software akuntansi adalah pilihan tepat untuk mempermudah mengurus keuangan perusahaan Anda.