Masa kanak-kanak atau masa kecil merupakan masa yang paling menyenangkan. Pikiran hanya dipenuhi dengan bermain, tertawa atau bertengkar dengan teman bermain. Masa itu pun menjadi masa yang tak terlupakan sepanjang usia.

Mata-mata yang polos dan jujur saling memandang langit ketika sore hari atau berkejaran di tanah lapang sambil tertawa bahagia. Tak lupa mimpi-mimpi yang coba untuk dirangkai menjadi kenyataan.

Impian masa kecil menari-nari dalam pikiran dan terkadang semua itu menjadi gambaran masa depan. Di mana impian-impian tersebut tercetus di kala istirahat bermain, saling bertanya dan bercerita dengan gurauan yang terdengar lucu.

Angin sepoi-sepoi di senja itu menjadi saksi akan impian masa kecil dari anak-anak yang mungkin setelah dewasa mereka baru menyadari betapa berharganya masa kanak-kanak mereka.

Sering kali impian masa kecil dianggap hanya sebuah khayalan dari anak-anak yang belum mengetahui kerasnya dunia. Akan tetapi, jangan pernah menyepelekan impian sekecil apa pun karena bisa jadi impian tersebut menjadi jalan kesuksesan seseorang.

Tetapi, tak sedikit anak-anak yang tetap bermimpi meskipun mimpi itu mustahil ia wujudkan. Mungkin di pikirannya suatu hari nanti apa yang diimpikan bisa ia wujudkan. Tak ayal impian masa kecil merupakan harapan anak-anak yang masih lugu dan tulus dalam memandang dunia.

Seiring berjalannya waktu, impian masa kecil mungkin hanya akan tersimpan dalam kotak yang tertutup rapat tanpa pernah dibuka kembali oleh sang pemiliknya. Bisa jadi impian tersebut sudah bukan lagi cita-cita yang dianggap atau mungkin ia telah nyaman dengan kehidupannya saat ini.

Terlepas dari itu semua, masih banyak orang yang menganggap impian masa kecil adalah hal yang berarti bagi dirinya. Bahkan bisa jadi sebuah motivasi penggerak dirinya agar mampu meraih impian masa kecilnya tersebut.

Bukan Sebuah Masalah

Bukan sebuah masalah ketika impian masa kecil tidak lagi menjadi prioritas seseorang. Entah karena dia telah menemukan impian sejatinya atau telah sukses dengan kehidupannya tanpa perlu mewujudkan impian masa kecil yang mungkin jika dipikirkan sekarang terlihat konyol.

Namun, di luar sana masih banyak anak yang memiliki impian masa kecil yang beragam dan tak jarang impiannya merupakan sebuah kemustahilan. Walaupun begitu, mereka tetap bahagia dengan impian masa kecil mereka yang mungkin hanya akan menjadi angan ketika mereka dewasa nanti.

Apa pun itu, memiliki impian di masa kecil bukanlah sebuah masalah. Karena anak-anak memiliki daya imajinasi tinggi di mana dirinya bisa membayangkan sesuatu yang di luar ekspektasi kebanyakan orang dewasa. Mereka juga tak takut untuk terus bermimpi disertai senyuman yang memancarkan semangat dan harapan masa depan.

Meskipun ketika dewasa impian masa kecil mereka hanya menjadi kenangan yang akan selalu terkenang ketika mereka sendiri menatap langit yang kan berganti warna. Bisa jadi mereka akan tersenyum sendiri mengingat betapa tidak realistisnya impian mereka ketika masih anak-anak.

Akan tetapi, impian masa kecil tersebut tetap mempunyai tempat yang indah dalam benak mereka, yang mungkin akan mereka ceritakan kepada generasi mereka selanjutnya, tak lupa mengajarkan bahwa memiliki impian di masa kecil mampu menjadi penyemangat dalam menapaki kehidupan di dunia ini.

Beragam Impian

Pada saat masa kecil, banyak impian yang terlintas dalam benak setiap orang. Ada yang memiliki impian ingin menjadi dokter, pilot, guru, sampai impian yang tidak masuk di akal, seperti menjadi robot atau tokoh animasi yang sering ditonton anak-anak.

Membayangkan itu semua, tentunya membuat diri bernostalgia dengan masa yang hanya ada pikiran bermain, makan dan aktivitas sederhana lainnya, tanpa perlu memikirkan dan memusingkan masalah pekerjaan atau tugas kuliah yang tak kunjung usai.

Selain impian realitis dan non-realistis, anak-anak pada usia TK dan SD sering kali bermimpi bisa segera menjadi orang dewasa. Karena mereka mengganggap bahwa orang dewasa itu hebat dan luar biasa. Padahal sesungguhnya orang-orang dewasa memiliki banyak masalah yang membuat dirinya dilanda stres.

Malah orang-orang dewasa terkadang membayangkan bisa kembali ke masa kanak-kanak agar mereka tak perlu dikejar masalah hidup yang tak kunjung usai dan malah bertambah setiap waktunya.

Namun, dari sudut pandang anak-anak, apa yang dikerjakan dan dilakukan orang dewasa di sekitarnya adalah sebuah hal yang membuat mereka takjub. Maka tak sedikit anak-anak yang berharap segera bisa menjadi orang dewasa.

Tak dipungkiri kehadiran orang dewasa di sekitar anak-anak memengaruhi daya imajinasi mereka dalam menggambarkan impian masa kecilnya. Ketika mereka melihat orangtua atau saudara mereka begitu terlihat keren saat akan berangkat bekerja, mereka jadi bermimpi untuk bisa seperti orang-orang terdekat mereka.

Begitu pula dengan tontonan yang mereka tonton. Ketika mereka menonton animasi superhero, mereka juga memiliki keinginan untuk bisa menjadi tokoh superhero tersebut.

Namun, apa pun yang menjadi impian di masa kecil, sudah seharusnya menjadi sebuah kenangan indah yang terpatri dengan kuat dalam ingatan. Meskipun ketika telah dewasa impian di masa kecil tersebut tak dapat terwujud.