Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga atau familly development session (FDS) atau P2K2 merupakan proses belajar peserta PKH berupa pemberian dan pembahasan informasi praktis di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan kesejahteraan keluarga yang disampaikan melalui pertemuan kelompok bulanan secara rutin.

Tujuan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga pertama meningkatkan pengetahuan praktis, pola asuh dalam keluarga, pengelolaan keuangan keluarga dan pengembangan kewirausahaan, kesejahteraan keluarga, dan semacamnya kedua, meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat. Memberikan      kontribusi perubahan ke masyarakat (empowerment)

Selanjutnya, ketiga, menjaga dan memperkuat perubahan perilaku positif terkait pendidikan, kesehatan, kesadaran  dalam pertemuan kelompok peserta Program Keluarga Harapan, keempat meningkatkan keterampilan orang tua dalam pola pengasuhan anak, kelima meningkatkan kemampuan peserta untuk mengenali potensi yang ada pada diri dan lingkungannya agar dapat digunakan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, keenam memberikan pemahaman kepada peserta untuk menemukan potensi lokal agar dapat dikembangkan secara ekonomi. 

Salah satu kegiatan secara rutin yang perlu diikuti oleh keluarga penerima manfaat ialah pertemuan peningkatan kemampuan keluarga. Modul kedua yang diterima materinya ialah mengelola ekonomi dan perencanaan usaha. Salah satu yang ingin diberdayakan untuk mereka melalui kelompok usaha bersama sesuai kemampuan kelompok salah satunya.

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya. 

Seiring berjalannya waktu, perkembangan ekonomi sampai pada taraf ekonomi kreatif setelah beberapa waktu sebelumnya, dunia dihadapi dengan konsep ekonomi informasi yang mana informasi menjadi hal yang utama dalam pengembangan ekonomi.

Ekonomi kreatif adalah suatu kegiatan ekonomi di mana input dan output adalah gagasan atau dalam satu kalimat yang singkat, esensi dari kreativitas adalah gagasan. Dan sebaiknya konsep kewirausahaan maupun konsep ekonomi kreatif terdapat unsur benang merah yang sama yakni terdapat konsep kreativitas, ide atau gagasan serta konsep inovasi.

Selain ekonomi kreatif, yang sering salah didefinisikan oleh kebanyakan orang adalah pengertian  industri kreatif. Mereka berpikir Pengertian industri kreatif sama dengan industri. Industri kreatif adalah industri yang mengandalkan ketrampilan, talenta dan kreativitas yang berpotensi dalam meningkatkan kesejahteraan. Definisi dari industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan ketrampilan, kreativitas dan bakat individu dalam menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. 

Industri ini biasanya akan berfokus untuk memberdayakan daya cipta dan daya kreasi suatu individu. Ekonomi kreatif gabungan dari ekonomi dan kreatif. Makna ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari salah satu aktivitas manusia yang berhubungan erat dengan masalah produksi, distribusi serta konsumsi terhadap sebuah jasa atau barang. Sedangkan kreatif adalah kemampuan untuk memberi suatu gagasan baru dalam pemecahan masalah.

Masalah perkembangan dan pembaharuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan penciptaan ekonomi kreatif bagi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menjadi bahasan utama Rapat Koordinasi sumber daya manusia Program Keluarga Harapan di Kampung Lumbung bersama ketua (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) PHRI Kota Batu. 

Beberapa pembicaraan yang dibahas pada kesempatan pagi menjelang siang tersebut pertama apa yang dibutuhkan hotel dengan pelaku unit usaha binaan Program Keluarga Harapan ada sinkronisasi agar bisa maksimal dalam pelaksanaan. Kedua, industri kreatif yang dibutuhkan masyarakat sehingga memiliki nilai jual, termasuk di dalamnya mengandung aspek pengembangan, kemauan untuk berubah, mentalitas dalam menghasilkan karya kompetitif, ramah lingkungan.

Pembahasan koordinasi ini merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya di Hotel Orchid Sumberejo Kota Batu. Pertemuan ini turut hadir sekretaris Dinas Sosial, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, korkot dan pekerja sosial supervisor. Pasalnya dalam rapat koordinasi sebelumnya selain dibahas terkait perkembangan dan pemberharuan Program Keluarga Harapan yang sudah serba non tunai, juga dibahas pula upaya menciptakan ekonomi kreatif bagi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

Hotel Royal Orchids Garden adalah salah satu Mitra PKH-Dinas Sosial Kota Batu yang yang memiliki kepedulian untuk memberikan ruang KPM-PKH Desa Sumberejo dalam berkreasi pembuatan jajanan tradisional. Koordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia(PHRI) Kota Batu dalam rangka membangkitkan kepedulian pengusaha hotel di Kota Batu pada masyarakat sekitar. 

"Terpenting saat ini adalah bagaimana para pelaku usaha bisa memberikan wadah untuk menampung karya-karya KPM. Hotel Orchid adalah salah satu contoh nyata keterlibatan pelaku usaha dalam proses pembangunan ekonomi kreatif,' ujar Bambang ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia.

Selanjutnya untuk mendorong ibu-ibu Keluarga Penerima Manfaat mau menciptakan ekonomi kreatif atau memproduksi sesuatu sangatlah mudah, misalnya dengan pelatihan-pelatihanbaik yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Penanaman Modal atau belajar langsung dari praktisi usaha terdekat yang eksis usaha produktifnya baik lokal maupun regional. 

Kemauan belajar dan belajar merupakan salah satu kunci kemauan positif maju. Hikmah pertemuan tersebut ialah memaksimalkan jaringan dengan menghubungkan ke sistem sumber yang ada di Kota Batu yaitu antara binaan usaha keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia. Salam Program Keluarga Harapan.