Maraknya toko yang menjual jus buah meingindikasikan kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan satu ini. Secara fisik, buah ini memiliki bentuk yang hampir menyerupai buah nanas. Sedangan bentuk kulitnya berwarna merah dan memiliki sisik yang berwarna hijau. Untuk rasa buahnya, manis bercampur asam. 

Untuk manfaatnya, tidak perlu dipungkiri lagi. Buah ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah berwarna merah dan memiliki sisik berwarna hijau ini merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi dengan cara dijus. Rasanya cukup manis dan juga dapat dikonsumsi langsung sebagai penghilang dahaga.

Buah naga atau yang populer dengan nama Pitaya, merupakan salah satu buah tropis yang unik. Kandungan buah naga juga terdiri dari kadar air yang tinggi, yaitu sekitar 90% dari berat buah. Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, buah naga juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Cosmo Politan Indonesia, dinyatakan bahwa daging buah naga mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit.

Salah satu manfaat buah naga untuk kesehatan kulit adalah untuk meredakan kulit yang terbakar sinar matahari. Hanya dengan menggunakan buah naga sebagai krim, kita sudah bisa mengobati kulit yang terbakar karena sinar matahari. 

Menurut Melinda Sarraswati yang ditulis dalam Glitzmedia, hanya dengan mengoleskan air perasan buah naga ke seluruh kulit bisa meredakan kulit yang terbakar sinar matahari. Wikipedia mempublikasikan bahwa, bukan hanya daging buah naga yang bermanfaat. Akan tetapi, batang hingga kulit buah naga juga mengandung banyak vitamin dan zat yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Selama ini yang kita ketahui hanya daging lidah buaya saja yang dapat membantu perawatan rambut. Namun faktanya, buah naga yang mengandung banyak manfaat ini juga dapat membantu perawatan rambut. Buah naga memiliki nutrisi yang dapat mengobati kerusakan pada rambut yang disebabkan karena pemakaian pewarnaan pada rambut, styling, atau gaya hidup yang kurang sehat. 

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah naga juga dapat membuat rambut berkilau dan dapat memperkuat akar rambut. Hanya dengan pemakaian buah naga secara rutin, hal tersebut dapat mengobati kerusakan pada rambut.

Jerawat biasanya disebabkan oleh kulit berminyak yang biasanya ditandai pada masa-masa awal pubertas, terkadang kemunculan jerawat sampai kita menginjak usia 30 tahun. Tidak hanya dari luar, penyembuhan jerawat juga dapat diobati dari dalam. Kandungan vitamin C dalam buah naga efektif mengobati jerawat dan pertumbuhannya supaya tidak terjadi iritasi dan meradang pada kulit jika pemakaian dilakukan secara rutin.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut, akan tetapi buah yang memiliki kulit berwarna  merah jambu dan memiliki sisik berwarna hijau ini juga ternyata dapat mencegah penyakit kanker. Sama seperti buah merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. 

Apa itu lycopene? Lycopene adalah pigment merah dari tomat yang sudah matang. Tomat memberikan kontribusi lebih dari 85% dari asupan likopen yang diperlukan tubuh sehari-hari. Lycopene yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena penyakit kanker prostat.

Bukan hanya lycopene saja yang terkandung dalam buah tropis ini, akan tetapi buah tropis ini juya kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. 

Buah ini juga kaya akan serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta zat yang dapat membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker. Selain berfungsi sebagai pencegah penyakit kanker, lycopene juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung. 

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang penting. Apabila kita mengalami penyakit yang berhubungan dengan jantung, hal tersebut dapat berakibat kematian. Sebenarnya, penyakit mematikan ini dapat dihindari dengan berbagai cara. Hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga, kita dapat mencegah penyakit yang berakibat kematian ini. Kandungan phytochemical captin yang terkandung di dalam buah naga ini berperan penting untuk memperkuat jantung. 

Saat ini, banyak sekali produk-produk atau obat-obatan yang sering kita jumpai di apotek atau toko-toko terdekat. Akan tetapi, tidak semua produk-produk atau obat-obatan yang dijual cocok dan berdampak positif untuk kesehatan kita. Terlebih lagi, untuk kita yang mengalami penyakit yang cukup serius. Idealnya, untuk kita yang mengalami penyakit yang cukup serius dan memiliki masalah pada kulit, kita hanya perlu menggunakan obat alternatif seperti buah naga. 

Berdasarkan penjelasan diatas, sudah dijelaskan bahwa buah naga mengandung banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit kita. Bukan hanya dagingnya, namun batang hingga kulitnya juga mengandung banyak manfaat yang tentunya baik untuk kesehatan.